Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Toyota Indonesia Ekspor 2.5 Juta Unit Kendaraan T-Brand ke 100 Negara

Last updated on 24 Oktober, 2023

Perjalanan Ekspor Produk Otomotif Berteknologi Tinggi, Jadi Andalan Neraca Dagang

Jakarta, Autos.id  –  Sebanyak lebih dari 2.5 juta unit, tepatnya 2.520.754 unit kendaraan T-brand telah dikapalkan Toyota Indonesia sejak tahun 1987 hingga saat ini hampir ke 100 negara di berbagai wilayah belahan dunia. Bahwa perjalanan kegiatan ekspor Toyota Indonesia yang awalnya dirintis sebagai importir hingga saat ini berhasil menjadi bagian dari industri otomotif nasional dengan beberapa milestone pencapaian ekspor, bukanlah suatu proses perjalanan yang instan melainkan perjuangan panjang untuk berkontribusi lebih besar bagi neraca dagang.

Sejak beberapa dekade lalu tepatnya tahun 1987, aktivitas ekspor perdana Toyota Indonesia dimulai dengan produk Kijang generasi ketiga yang dikirimkan secara tradisional menggunakan tali pengait dan dikapalkan ke Brunei Darusalam serta beberapa negara di kawasan Asia Pasifik.

Kemudian selang beberapa tahun kemudian, kinerja espor kendaraan T-brand terus berkembang dengan menambah beberapa lini model hingga di tahun 2017, pencapaian ekspor kendaraan Toyota Indonesia sudah mencapai 200 ribu unit yang merupakan volume tertinggi sejak 5 tahun terakhir. Selain melakukan ekspor kendaraan secara utuh, Toyota Indonesia juga melakukan ekspor kendaraan dalam bentuk terurai (CKD), ekspor mesin, komponen dan alat pendukung produksi (dies & jigs). Selain itu, sejak tahun 2019 kendaraan konversi seperti cash carrier, well-cab, dan patrol car juga diekspor oleh Toyota Indonesia ke mancanegara.

Prestasi performa ekspor industri otomotif nasional berlanjut di tahun 2022, Toyota Indonesia menjadi negara pertama yang membuka keran ekspor ke Australia dan turut menandai pencapaian dua juta unit kinerja ekspor Toyota Indonesia dengan seremoni yang berlangsung di pabrik Karawang dan disaksikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Tahun 2022, juga menjadi tahun yang menandai keberhasilan dan perjuangan SDM Indonesia berdaya saing yang berhasil memproduksi Kijang Innova Generasi 7 Zenix dengan varian ICE dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan menggunakan baterai yang dirakit secara lokal.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Toyota Terbaru

Sebagai ekspor produk otomotif berteknologi tinggi, Kijang Innova Zenix memperoleh respon positif dari konsumen global dan berhasil diekspor hingga ke Kawasan Asia, Timur Tengah, hingga Amerika Latin. Melihat antusiasme tinggi dari konsumen domestik dan internasional akan keberadaan kendaraan berteknologi elektrifikasi, di tahun 2023 Toyota Indonesia kembali meluncurkan Yaris Cross sebagai kendaraan HEV kedua yang diproduksi oleh anak bangsa dari pabrik TMMIN di Karawang.

Mengikuti jejak Kijang Innova Zenix, kehadiran Yaris Cross juga memperoleh respon positif karena dapat menjawab kebutuhan warga global untuk berkontribusi terhadap bumi yang lebih hijau dengan utilisasi kendaraan ramah lingkungan.

Tentunya keberhasilan produk berteknologi tinggi industri otomotif nasional ini tidak dapat diraih tanpa kekuatan rantai pasok yang terdiri dari ribuan perusahaan supply chain dari hulu hingga hilir yang menjadi sumber penghidupan lebih dari 300.000 ribu karyawan di dalamnya. Peran industri otomotif nasional sebagai industri padat karya menjadi begitu penting.

Selain itu, pencapaian ekspor industri otomotif nasional merupakan potensi besar bagi bangsa Indonesia yang kedepannya dapat terus berkembang dan meningkat kontribusinya bagi neraca dagang Pemerintah. Hal ini menunjukkan kekuatan SDM nasional yang tidak hanya unggul dalam bentuk populasi saja, namun juga berdaya saing tinggi karena berhasil menghasilkan produk-produk otomotif berteknologi tinggi ke pasar global,” ujar Bob Azam Wakil Presiden Direktur PT TMMIN di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Profil Sakichi Toyoda, Pendiri Toyota yang Revolusioner

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Toyota Indonesia Luncurkan Kendaraan Elektrifikasi Kedua Produksi Anak Bangsa -Kandungan Lokal Yaris Cross HEV capai 80 Persen Karawang, Autos.id  –  Hari ini (Selasa, 13/06) –...

Mobil

Last updated on 9 Juni, 2023 Autos.id – Kijang Innova Zenix resmi melancong ke luar negeri! Begitulah pencapaian baru dari Toyota Motor Manufacturing Indonesia...

Mobil

Angka ekspor Toyota Indonesia selama tahun 2022 silam mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Autos.id – Ekspor mobil Toyota Indonesia mulai membaik. Industri...

Mobil

Last updated on 5 Juni, 2024 Angka penjualan Toyota di Indonesia selama tahun 2022 silam mengalami kenaikan yang sangat signifikan dibanding tahun sebelumnya. Autos.id...

error: Content is protected !!