Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Toyota Dan Suzuki Akan Berkerjasama Memproduksi SUV Compact di India

Toyota Dan Suzuki Akan Berkerjama Membuat Sebuah SUV Compact di India

Nantinya produk kerjasama Toyota dan Suzuki yang hadir di India ini akan masuk kelas compact SUV melawan beberapa nama seperti Hyundai Creta dan Kia Seltos.

Autos.id – Baru-baru ini, Toyota dan Suzuki akan berkolaborasi membuat sebuah produk SUV terbaru ini untuk pasar India. Nantinya kedua brand ini akan membuat produk SUV Compact melawan beberapa nama seperti Hyundai Creta dan Kia Seltos. Rencananya mobil SUV Compact kolaborasi Toyota dan Suzuki ini akan segera meluncur pada bulan Juni atau Juli mendatang.

Produk SUV kerjasama Toyota dan Suzuki ini direncanakan akan di produksi di pabrik Pidade Toyota dekat Bangalore.

Melakukan Pendekatan Yang Berbeda

Seperti yang diberitakan oleh AutoCarIndia pada Selasa (26/4/2022), meskipun nantinya akan menjadi produk kembar, kedua brand ini akan melakukan pendekatan yang berbeda. Ini terlihat dari kode bodi yang digunakan. Untuk Toyota sendiri akan menggunakan kode bodi “D22”, sedangkan untuk Maruti Suzuki sendiri akan menggunakan kode bodi “YFG”.

Begitu juga dengan desain mobil yang akan digunakan juga dikabarkan akan cukup berebda jauh. Untuk model Toyota D22 sendiri akan menggunakan ciri khas desain Toyota kekinian dengan tampang “Kin Look”. Dan juga Toyota akan melakukan pendekatan pada permainan garis chrome di grill, velg model kembang, serta penggunaan lampu LED ciri khas Toyota.

Toyota Dan Suzuki Akan Berkerjama Membuat Sebuah SUV Compact di India

Sedangkan untuk Suzuki YFG sendiri pendekatan yang akan dilakukan juga pastinya berebda. Kabarnya Suzuki YFG ini akan menggunakan basis desain dari SX-4 S-Cross terbaru sebagai acuannya. Mulai dari penggunaan lampu depan LED yang terpisah serta tarika grill dan garis chrome terbaru khas Suzuki modern dan beberapa perintilan lainnya.

Yang menarik meskipun kedua brand ini akan melakukan beberapa pendekatan yang bereda, platform dari mobil kerjasama ini akan sama persis. Kabarnya platform yang di gunakan adalah platform Toyota New Global Architecture atau TNGA-B. Selain itu untuk beberapa komponen dan part, akan dipasok langsung dari Maruti Suzuki.

Dan hal menarik lainnya adalah seputar mesin dan drivetrain yang digunakan. Calon duo SUV Compact dari Toyota dan Suzuki ini akan mengusung mesin Mild Hybrid terbaru dari Suzuki. Mesin Mild Hybrid ini nantinya akan tersedia baik dalam mesin bensin dan diesel yang selain membuat konsumsi BBM menjadi irit juga di klaim lebih ramah lingkungan.

Sangat di tunggu rasanya bagaimana wujud asli dari 2 mobil kolaborasi dari Toyotad dan Suzuki tersebut. Serta apakah nantinya mobil ini akan masuk ke Indonesia atau tidak mengingat segmen compact SUV atau crossover tergolong sedang naik daun di tanah air.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Kabarnya Suzuki Jimny 5 Pintu akan diproduksi di pabrik Maruti Suzuki India dan akan diluncurkan di tahun 2023 serta akan diekspor ke beberapa negara....

Mobil

Ada 4 varian dari Toyota Urban Cruiser Hyryder yag dijual di pasar India dengan range harga dikisaran Rp 300 jutaan meskipun harus melalui daftar...

Mobil

Sejatinya Suzuki Grand Vitara baru akan dijual secara resmi dan dikirimkan ke konsumen pada bulan September mendatang. Autos.id – Suzuki Grand Vitara generasi terbaru...

Mobil

Nantinya Suzuki Baleno Cross juga akan memiliki kembaran dari Toyota sama seperti produk Maruti Suzuki lainnya yang juga memiliki produk kembar dari Toyota di...