Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Toyota Avanza & Veloz Generasi Terbaru Meluncur di Thailand Bulan Depan

Toyota Avanza Dan Veloz Generasi Terbaru Siap Meluncur Di Thailand Bulan Depan

Setelah muncul pertama kalinya di Indonesia pada November tahun lalu, generasi terbaru Toyota Avanza dan Toyota Veloz akan segera hadir di pasar Thailand pada Februari mendatang.

Autos.id – Toyota Avanza, Toyota Veloz, beserta Daihatsu Xenia merupakan mobil kembar terbaru dari Duo Toyota dan Daihatsu yang sudah diperkenalkan di ajang GIIAS 2021. Belum 3 bulan semenjak kemunculan pertamanya tersebut, Avanza dan Veloz generasi terbaru ini akan segera diluncurkan di luar Indonesia.

Thailand akan menjadi negara kedua yang kedatangan generasi terbaru Avanza dan Veloz ini. 

Diperkenalkan Bulan Depan

Seperti yang diberitakan oleh Headlightmagz, generasi terbaru Toyota Avanza dan Toyota Veloz ini akan diluncurkan ke pasar negeri Gajah Putih tersebut pada bulan Februari mendatang. Avanza dan Veloz yang dijual di negara tersebut merupakan rakitan di Indonesia.

Dengan begitu bisa dibilang nantinya harga jual Avanza dan Veloz terbaru di sana tidak akan begitu jauh dengan yang ada Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena adanya fasilitas Asean Free Trade Area atau AFTA yang membuat mobil yang diimpor dari sesama negara Asean bisa bebas pajak. Hal ini pun berimbas pada harga jual yang tidak terlampau jauh dari negara asalnya.

Toyota Avanza Dan Veloz Generasi Terbaru Siap Meluncur Di Thailand Bulan Depan

Kabarnya Avanza dan Veloz terbaru yang akan dijual di Thailand juga akan hadir dengan fitur Toyota Safety Sense atau TSS. Toyota Safety Sense sendiri merupakan fitur safety active dari Toyota yang meliputi Lane Departure Warning, Lane Keep Assist, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, serta Lead Car Departure Notification. Di Indonesia sayangnya tidak ada fitur Adaptive Cruise Control seperti di Toyota Raize.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Toyota Avanza dan Veloz merupakan 2 produk yang terpisah. Di generasi sebelumnya Veloz merupakan varian tertinggi dari Avanza. Di generasi terbaru ini, Avanza dan Veloz merupakan 2 produk yang berbeda meskipun secara basis masih sama persis. Bahkan pabrik perakitannya juga berbeda.

Bila Toyota Avanza dirakit di pabrik Daihatsu bersama dengan Daihatsu Xenia, maka Toyota Veloz dirakit  Toyota atau TMMIN. Serta perbedaan yang cukup signifikan adalah dari segi penggeraknya. Apabila pada 2 generasi sebelumnya Avanza berpenggerak roda belakang, maka di generasi terbaru ini menggunakan penggerak roda depan.

Dengan penggerak roda depan inilah, platform yang digunakan juga berubah. Untuk pertama kalinya baik Avanza, Veloz, maupun Xenia menggunakan platform terbaru yaitu DNGA, Daihatsu New Global Architecture. Platform ini memiliki rigiditas yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya serta memberikan kenyamanan yang jauh meningkat.

Toyota Avanza Dan Veloz Generasi Terbaru Siap Meluncur Di Thailand Bulan Depan

Pilihan Varian, Mesin, dan Transmisi yang Akan Digunakan

Belum diketahui varian mana yang akan masuk serta mesin apa yang akan dimasukan ke dalam Toyota Avanza dan Veloz untuk pasar Thailand. Bila berkaca dengan yang apa yang dijual di Indonesia, Toyota Avanza dan Toyota Veloz hadir dengan 2 pilihan mesin serta 2 pilihan transmisi. Untuk transmisi otomatis sendiri mendapat perubahan cukup signifikan.

Yang pertama adalah mesin 1.300 cc berkode 1NR-VE yang memiliki tenaga sekitar 97 PS dengan torsi 130 Nm. Kedua adalah mesin 1.500 cc berkode 2NR-VE. Yang menarik untuk varian 1.500 cc mendapat upgrade tenaga dan torsi dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk tenaga varian mesin 1.500 cc menghasilkan tenaga 106 PS serta torsi 138 Nm. Artinya ada kenaikan tenaga 2 PS dan 2 HP pada tenaga dan torsinya.

Sama seperti generasi sebelumnya, baik mesin 1.300 cc maupun 1.500 cc memiliki 2 pilihan transmisi. Pertama adalah transmisi manual 5-percepatan dan yang kedua adalah transmisi otomatis yang baru. Bila sebelumnya menggunakan transmisi otomatis 4- percepatan konvensional, di generasi kali ini menggunakan transmisi CVT atau juga disebut Dual Mode CVT yang memiliki mode manual 7-percepatan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Toyota Veloz versi Malaysia akan mengganti peran Toyota Avanza di segmen MPV harga terjangkau di negeri Jiran tersebut dan menjadi kembaran dari Perodua Alza....

Mobil

Generasi terbaru terbaru Toyota Vios yang sudah tertangkap kamera di uji jalan ini nantinya juga akan memiliki versi Daihatsu dengan kemungkinan menggunakan platform DNGA....

Berita Otomotif

Uji Tabrak atau Crash Test untuk Toyota Veloz terbaru ini menggunakan standar penilaian terbaru dari ASEAN NCAP periode 2021 hingga 2025. Autos.id – Toyota...

Berita Otomotif

Toyota Avanza versi Filipina tersebut merupakan mobil yang dirakit di Indonesia dan merupakan negara pertama yang hadir dengan konfigrurasi stir kiri. Autos.id – Toyota...