Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Suzuki XL7, Suzuki SUV Terbaru Meluncur di India, Indonesia Menyusul?

Santer beredar di India, inilah crossover terbaru dari Suzuki.

Autos.id  Baru-baru ini beredar spesifikasi Suzuki XL7 yang terbongkar lewat media sosial. Crossover ini yang bisa memuat tujuh penumpang ini dijual dalam tiga varian: Zeta, Beta, dan Alpha.

Terlihat dari eksteriornya, crossover ini istimewa dengan kemunculan roof rails. Di samping memberi kesan gagah, roof rails juga berfungsi sebagai tempat meletakkan roof box (berguna sebagai bagasi tambahan saat pulang kampung atau melakukan perjalanan jauh).

Aura gagah juga hadir lewat whell arc extention, muscular lower bumber, dan tidak ketinggalan pelek alloy hitam.

Pelek ini berukuran 16 inci dengan ban 195/60. Tampilan khas SUV tersebut, menariknya ada sejak varian terendah. Di varian tertinggi, punya tambahan seperti warna atap yang beda dengan bodi. Kemudian spoiler belakang, dan beberapa aksen chrome.

Dikutip dari indianaautoblog.com, tampilan bonet depan XL7 lebih stylish dengan aksen chrome dua baris membelah grille. Di sisi lain mempertemukan dua headlamp kiri dan kanan,  memisahkan antara lampu sein, lampu senja dan lampu utama. Lampu depan terbagi atas lampu utama dan DRL.

Bagian bumper depan telah dibekali dua buah foglamp, dan sebuah diffuser depan metalik dan hitam, menjadikan karakter SUV  yang kuat. Suzuki Indomobil Sales rupanya akan menambahkan kelas MPV untuk bertarung dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, DFSK Glory 560 dan Xpander Cross.

Penggunaan pelek double spoke berbahan alloy berdesain unik 16 inci, penambahan visor pada pintu, dan spoiler atas di bagian belakang yang lebih besar, dengan desain mirip dengan All New Ertiga. Sepertinya bakal menggunakan warna eksterior dual tone, dengan warna roof hitam, dan roof rails yang semakin kekar.

Untuk lampu belakangnya, mengombinasikan LED, ditambah aksen chrome yang berkelas.  Juga tersedia kamera belakang, untuk memudahkan parkir. Dan sebuah diffuser belakang yang cukup besar, mempertegas kehadirannya di kelas adventure, atau crossover, berdasar varian XL7,  Zeta, Beta dan Alpha.

Sektor interiornya mengadopsi fully black dan tidak jauh dari interior dari Suzuki Ertiga. Pada second row menggunakan bangku bergaya captain seat, namun bisa difungsikan untuk tiga penumpang. Suzuki membawa kelas baru, dengan menghadirkan smart e-mirror, yang semakin canggih. Tersedia beberapa port USB Charging dibarisan pertama dan kedua.

Varian XL7 Beta menggunakan LED Light Guides pada LED belakang yang berkombinasi dengan lampu biasa. Handle door difinishing chrome,  dengan setir berbalut kulit ditambah audio control. Model AC telah mengadopsi automatic climate control, arm rest di barisan pertama, passive keyless dengan tombol start/stop, cup holder dan dua tweeter serta port USB di baris ketiga.

Sedangkan XL7 varian Alpha dilengkapi dengan two tone colors pada eksterior. Rear upper spoiler, number plat chrome, door visors, Alpha emblem, smart e-mirror dan door sill quards.

Suzuki XL7 menggunakan sistem keselamatan ABS dengan EBD, dua airbag, parking sensor, dan kamera belakang untuk varian transmisi otomatis. Fitur ISOFIX bakal menjadi fitur standar. Untuk varian Beta dan Alpha telah dibekali fitur ESP dan Hill Hold Control pada transmisi otomatis 4 percepatan.

Mesin familiar K15B masih dipercaya sebagai mesin terbaik Suzuki saat ini. Kubikasi 1.5 liter, naturally aspirated, menghasilkan tenaga 103 hp pada putaran 6000 rpm dan torsi 138 Nm di putaran mesin 4400 rpm. Suzuki XL7 akan tersedia dalam transmisi ganda manual 5 percepatan standar, dan transmisi otomatis 4 percepatan opsional.  Suzuki XL7 dibandrol dengan harga terendah XL7 Zeta MT Rp230 juta dan varian tertinggi XL7 Alpha AT Rp267 juta.

Setelah muncul di India, mungkinkah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku produsen resmi mobil Suzuki di Indonesia akan meluncurkan XL7 di tanah air? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga