Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Suzuki Katana 2019 – Bawa Era Klasik 80’an Dengan Gabungan Desain Futuristik

Suzuki menghidupkan kembali salah satu model yang paling ikonik untuk sepeda motor dengan styling Eighties dan mesin modern.

Jepang, autos.id Sempat memberi teka-teki di Intermot International Motorcycle Expo di Cologne, Jerman, Suzuki akhirnya meluncurkan sesuatu yang baru dan bergaya untuk bidang sepeda motor tahun depan.

Apa yang baru ?

Katana kembali untuk 2019, kembali setelah 13 tahun absen. Ini adalah tampilan baru yang benar-benar mengembalikan bentuk motor standar retro dengan mesin 999 cc inline-four yang berasal dari 2005-2008 GSX-R1000 yang membuat 147 horsepower mengesankan dan torsi 79 pound-feet. Powerplant diperkuat pada Katana untuk memberikan respon throttle yang lebih halus dan band torsi yang lebih luas, bersama dengan suara induksi dan knalpot yang ditingkatkan. Ini adalah bahan bakar yang disuntikkan, didinginkan dengan cairan dan memiliki apa yang Suzuki sebut “Low RPM Assist” yang membantu menyesuaikan RPM Anda pada putaran rendah.

Beberapa teknologi baru Katana termasuk sistem kontrol traksi third-mode. Mode 1 memiliki sensitivitas rendah dan paling cocok untuk berkendara gaya sporty di jalan yang baik dan bersih. Mode 2 meningkatkan sedikit sensitivitas dan Mode 3 memberikan perlindungan maksimal, yang bagus untuk jalan menanjak saat hujan. Ada layar LCD sentral yang bagus yang memberikan hampir semua informasi yang Anda inginkan, dan morot ini memiliki lampu LED yang klasik dengan bentuk persegi, dan tentunya sangat mengingatkan pada Katana pada 1980-an.

Motor baru ini memiliki bingkai aluminium alloy twin-spar dengan tabung utama yang selaras dari kepala kemudi ke poros swingarm untuk mengimbangi bobot motor, didukung juga dengan daya berasal dari rem cakram dengan kaliper Brembo dan ABS standar.

Kedengarannya seperti Katana dimaksudkan untuk menjadi seperti versi lebih ringan dari GSX-R1000. Sangat mudah bagi pengendara baru yang kesulitan memabwa motor sport 1000cc, tetapi Katana tampaknya memiliki penyesuaian daya yang lebih mudah dikelola dan posisi berkendara yang lebih tegak daripada yang lainnya.

Namun cukup disayangkan karena motor ini belum merilis perkiraan harga. Tetapi yang sudah diketahui adalah satu-satunya warna yaitu Metallic Mystic Silver dengan tulisan “SUZUKI” berwarna merah pada bagian tangki.

Baca Juga: Gresini Perkenalkan Proyek MotoE

Catatan

“Katana dikembangkan untuk menjadi motor jalanan standar yang tampak sporty yang memiliki kemewahan, kemewahan yang berarti retro dan berevolusi untuk memberikan gaya dan kinerja yang sangat modern. Dibangun untuk memberikan perjalanan menarik yang akan diinginkan dalam sepeda motor kelas 1000cm3 saat ini, Katana juga dirancang untuk memberikan kendali yang lebih mudah atas kekuatan mesin dan posisi berkendara yang nyaman,” Suzuki membuat pernyataan dalam siaran pers.

Apa yang perlu diketahui ?

Tambahkan Suzuki Katana ke daftar yang berkembang dari sepeda motor baru yang memiliki gaya retro sekaligus modern. Banyak yang membuat kemunduran, tetapi tidak dari era ini. Ada banyak sepeda motor baru yang terlihat seperti ini dari tahun 60-an atau 70-an, tetapi tidak ada yang benar-benar mengembalikan desain tahun 80-an yang berbeda sampai sekarang.

Mungkin tidak ada sesuatu yang sangat inovatif tentang Katana ini, tetapi motor ini benar-benar bisa menjadi rekomendasi dengan mesin yang sudah terbukti, dan ergonomi yang menarik perhatian pengendara motor sporty.

Baca Juga: Nvidia Bakal Jadi Pemasok Sistem Komputer Untuk Volvo Generasi Selanjutnya

Spesifikasi: Suzuki Katana 2019

Desain 
Dimensi (PxLxT) 2.125 mm x 1.110 mm x 830 mm
Wheelbase 1.460 mm
Ground clearance 140 mm
Tinggi Jok 825 mm
Tangki 12 Liter
Berat 215 kg
Mesin
Tipe Mesin DOHC, 4 Tak, 4 Silinder Berpendingin Cairan
Kapasitas 999 cc
Tenaga Maksimum 110 kW @ 10,000 rpm
Torsi Maksimum 108.0 Nm @ 9,500rpm
Kompresi 12.2 : 1
Sistem Pembakaran Fuel Injection
Starter Electric
Sistem Pengapian Electronic ignition
Transmisi Manual 6-speed
Kaki-Kaki
Rem Depan Double Disk Brake + Kaliper Brembo
Rem Belakang Disk Brake
Ban Depan 120/70ZR17M/C (58W)
Ban Belakang 190/50ZR17M/C (73W)
Suspensi Depan Upside Down 43 mm
Suspensi Belakang Link type, coil spring, oil damped
Sistem Pengereman ABS (Anti-Lock Breaking System)

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Komparasi

Last updated on 27 April, 2023 Nissan Livina VL dan Honda Mobilio RS bisa jadi pilihan bagi yang cari mobil bekas. Autos.id – Jika...

Berita Otomotif

Last updated on 1 Agustus, 2023 Rekomendasi Mobil klasik memiliki keunggulan tersendiri, terutama bagi para pecinta mobil klasik atau kolektor. Autos.id – Mobil-mobil klasik...

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

error: Content is protected !!