Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Uji Jalan, Gunakan Mesin Turbo dan Mild Hybrid?

Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Diuji Jalan, Akan Menggunakan Mesin Turbo dan Mild Hybrid?

Rencananya versi 5 pintu dari Suzuki Jimny JB74 ini akan diperkenalkan antara akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023 mendatang.

Autos.id – Seperti yang diketahui, Suzuki Jimny JB74 yang saat ini masih dijual hanya tersedia dalam konfigurasi 3 pintu. Renacananya Suzuki juga sudah menyiapkan versi 5 pintu dari SUV legendaris yang satu ini. Bahkan mobil ini sudah dilakukan uji jalan dengan menggunakan stiker kamuflase yang mengindikasikan bahwa dalam waktu dekat, Jimny JB74 5 pintu akan segera diperkenalkan.

Selain dimensi panjang mobil ini yang akan bertambah, rumor menyebutkan bahwa Jimny JB74 5 pintu hadir dengan mesin Turbo atau Mild Hybrid.

Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Diuji Jalan, Akan Menggunakan Mesin Turbo dan Mild Hybrid?

Rumor Mengenai Jimny 5 Pintu

Seperti yang diberitakan Carscoops pada Rabu (6/7/2022), Suzuki Jimny 5 pintu yang tertangkap kamera sedang di uji jalan tersebut dilakukan disuatu tempat di Eropa. Dari mobil yang masih menggunakan stiker kamuflase memperlihatkan bahwa dimensi mobil yang semakin memanjang serta adanya tambahan 1 pintu dimasing-masing bagian samping mobil.

Secara buritan dan garis besarnya, bisa dibilang Jimny JB74 versi 5 pintu seperti masih sama persis dengan versi 3 pintu yang masih dijual hingga saat ini. Berkaca dari spesifikasi dimensi, panjang mobil ini menjadi 3.850 mm, atau naik sekitar 300 mm dari versi 3 pintunya. Serta untum whellbase atau jarak sumbu roda sendiri naik 300 mm menjadi 2.550 mm dari sebelumnya 2.250. Sedangkan lebar, dan tinggi versi 5 pintu masih sama persis dengan versi 3 pintunya.

Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Diuji Jalan, Akan Menggunakan Mesin Turbo dan Mild Hybrid?

Selain menghadirkan dimensi yang lebih besar, Suzuki Jimny versi 5 pintu juga akan menggunakan mesin baru. Ada 2 opsi yang mungkin akan dimasukan Suzuki yaitu mesin Turbo atau yang disebut juga sebagai Booster Jet serta pilihan mesin Mild Hybrid. Suzuki Jimny JB74 menggunakan mesin yang sama persis dengan Suzuki Ertiga.

Mesin K15B berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder menjadi jeroan utamanya dengan beberapa penyesuaian tenaga dan penggerak yang berbeda. Karena menggunakan basis mesin dari Suzuki Ertiga, maka kemungkinan penggunaan mesin Mild Hybrid seperti yang ada di Suzuki Ertiga Facelift juga akan digunakan untuk Jimny 5 pintu atau bahkan di versi 3 pintunya.

Selain itu ada juga rumor penggunaan mesin Turbo yang akan terpasang pada Suzuki Jimny 5 pintu ini. Meskipun belum diketahui akan menggunakan berkapasitas berapa, tetapi dengan dimensi yang memanjang serta penambahan bobot ini, membuat penggunaan mesin Turbo ini juga menjadi opsi yang tidak kalah menariknya selain mesin Mild Hybrid.

Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Diuji Jalan, Akan Menggunakan Mesin Turbo dan Mild Hybrid?

Belum diketahui kapan Suzuki Jimny 5 pintu ini akan segera diluncurkan. Namun kemungkinan Suzuki akan memperkenalkan mobil ini diantara akhir tahun 2022 ini atau tahun 2023 mendatang. Mengingat Suzuki Jimny JB74 3 pintu banyak digemari di Indonesia, bukan tidak mungkin juga akan dibawa ke pasar tanah air bahkan dalam jumlah yang cukup banyak mengingat rencananya versi Jimny 5 pintu akan dirakit di pabrik Maruti Suzuki di India sehingga tidak perlu khawatir dengan inden yang lama.

Sumber Gambar: Carscoops

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Hadirnya Suzuki Jimny JB74 dengan konfigurasi 5 pintu ini sebagai solusi bagi konsumen yang senang dengan Jimny tapi menginginkan akomodasi yang lebih memadahi. Autos.id...

Mobil

Meskipun secara desain menyerupai Suzuki Jimny JB74, Great Wall Tank 100 ini justru menawarkan beberapa konfigurasi yang cukup berbeda dari segi teknis dibandingkan Jimny...

Mobil

Last updated on 10 Oktober, 2020 Banyaknya permintaan dan sedikitnya kuota yang diberikan principal, menjadikan SPK untuk Suzuki Jimny di Indonesia membeludak Jakarta, Autos.id ...

Berita Otomotif

Selain XL7, Suzuki juga menyabet dua penghargaan lainnya untuk model lainnya yaitu SX4 S-Cross dan Jimny. Jakarta, Autos.id  – Suzuki XL7 sebagai produk andalan...