Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

SIM Digital Sedang Dipersiapkan

Sebuah institusi penerbit surat izin mengemudi di Inggris tengah merancang SIM digital agar bisa disimpan dalam sebuah aplikasi di ponsel atau tablet.

London Autos.id – Beberapa tahun belakangan ini teknologi “pintar” makin merambah ke segala sisi termasuk juga di industri otomotif, baik yang diterapkan oleh produsen mobil maupun sepeda motor.

Kini sepotong berita dari Inggris menunjukkan jika era baru digital untuk industri kendaraan bermotor kembali dimulai. Driver and Vehicle Licensing Agency, sebuah institusi penerbit surat izin mengemudi di Inggris saat ini tengah bereksperimen dengan bentuk digital dari surat izin mengemudi (SIM).

Lisensi mengemudi secara digital ini diharapkan bisa digunakan bersama dengan berbagai aplikasi mobile pada dagdet seperti ponsel atau tablet. Namun institusi ini menekankan SIM digital tersebut tidak akan menggantikan ijin fisik dan SIM itu sendiri untuk masa mendatang.

“Kemungkinan lisensi mengemudi secara digital ini akan berbentuk seperti aplikasi Wallet pada perangkat iOS dimana ada juga foto yang ditampilkan”

SIM digital akan menjadi perangkat sah tambahan sebagai syarat mengemudikan kendaraan bermotor di Inggris daripada membawa kartu SIM fisik yang berbahan plastik.

“Kemungkinan lisensi mengemudi secara digital ini akan berbentuk seperti aplikasi Wallet pada perangkat iOS dimana ada juga foto yang ditampilkan,” kata Oliver Morley, Chief Executive Driver and Vehicle Licensing Agency, seperti dikutip dari Autoevolution, Senin (23/5/2016).

SIM Digital

SIM Fisik Tetap Dipertahankan

Smartphone dan aplikasi yang didedikasikan untuk menyimpan informasi kartu kredit dikatakan sebenarnya memiliki prinsip-prinsip enkripsi yang sama dengan dokumen pribadi seperti SIM, password atau sidik jari untuk mengakses informasi.

SIM digital dan dokumen fisik diharapkan untuk pergi bersamaan dimasa depan. Jelas, yang paling penting adalah bahwa tidak semua orang menggunakan atau bersedia untuk menggunakan smartphone sehingga masih dibutuhkan dokumen fisik.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Ganjil genap di Tol Tangerang akan diberlakukan mulai Mei 2018, ini setelah melihat kesuksesan peraturan yang sama di Tol Cikampek untuk menurunkan volume kendaraan...

Berita Otomotif

Kebijakan ganjil genap di Tol Jakarta-Cikampek hari ini mulai diberlakukan, efektifkah untuk menurunkan jumlah populasi kendaraan di tol tersebut? Jakarta, Autos.id – Hari ini...

Berita Otomotif

Larangan mendengarkan musik saat nyetir dinilai tidak masuk akal, karena hanya di mobil seseorang mendapatkan privasi seutuhnya untuk mendengarkan musik yang dia suka. Jogjakarta,...

Berita Otomotif

Larangan merokok dan mendengarkan musik saat berkendara oleh RSA Indonesia dianggap sebagai aturan yang perlu dipatuhi karena ini berkaitan pula dengan etika berkendara di...