Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Sedang Mengembangkan Mobil Listrik, Xiaomi Punya Target Tinggi

Ilustrasi mobil listrik besutan Xiaomi.
Ilustrasi mobil listrik besutan Xiaomi. (Sumber: Xiaomiui)

Xiaomi yang sedang mencoba merambah dunia mobil listrik ingin menetapkan target penjualan tinggi.

Autos.id – Xiaomi yang merupakan perusahaan teknologi asal Tiongkok sedang mengembangkan mobil listrik dan diumumkan pada September 2021 lalu.

Perusahaan yang dikenal dengan produk smartphone berteknologi tinggi dan harga terjangkau ini bahkan menyiapkan dana sebesar 1,39 miliar Dollar AS atau setara Rp21,8 triliun untuk pengembangan mobil listrik.

Proses pengujian Mobil listrik besutan Xiaomi.

Proses pengujian Mobil listrik besutan Xiaomi. (Sumber: Xiaomiui)

Dilansir dari Carscoops, Xiaomi telah melakukan uji coba mobil listrik berjenis sedan pada bulan Juli 2022 lalu. Dan kabarnya, mobil dengan jenis tersebut akan diproduksi secara massal pada kuartal pertama tahun 2024.

Tak hanya sedan, perusahaan asal Tiongkok itu kabarnya juga sedang mempersiapkan truk listrik dengan teknologi canggih. Akan tetapi untuk yang satu ini belum ada informasi kapan penjualannya dimulai secara massal.

Dalam sebuah wawancara, Lei Jun selaku founder Xiaomi Autombile menjelaskan bahwa biaya produksi dan baterai mobil listrik lebih murah dibanding 10 tahun lalu. Kemudian juga berbagai harga komponen mobil listrik lebih terjangkau serta mudah didapat sehingga ia yakin pasar mobil listrik akan melesat.

Ia pun menambahkan bahwa kendaraan listrik identik dengan kecerdasan, perangkat lunak dan juga pengalaman pengendara sebagai fokus pengembangan. Jadi melihat kemungkinan perkembangan pasar, maka hal tersebut akan menjajikan di masa depan.

Founder Xiaomi Autombile itu pun mengungkap bahwa ada lima merek terkenal yang memegang hingga 80% pangsa pasar mobil listrik di berbagai penjuru dunia. Sedangkan Xiaomi sendiri menetapkan target penjualan 10 juta uni per tahun.

Mobil listrik uji milik Xiaomi.

Mobil listrik uji milik Xiaomi. (Sumber: Xiaomiui)

Yang disampaikan oleh pria asal Tiongkok itu sebenarnya mirip dengan pernyataan Elons Musk yang merupakan pemilik perusahaan Tesla. Ia sempat mengatakan bahwa sebuah perusahaan kednaraan listrik seharusnya bisa memproduksi 10-20 juta unit per tahun.

Diketahui juga bahwa Lei Jun dan Elon Musk sempat melakukan pertemuan lebih dari satu kali. Namun belum terungkap sampai saat ini apa saja yang dibahas oleh keduanya.

 

Sumber: Carscoops

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Beberapa waktu tersiar kabar bahwa pemerintah Indonesia akan memberikan subsidi untuk mobil listrik sebesar 11%. Autos.id – Berita terkait subsidi untuk mobil listrik oleh...

Berita Otomotif

Honda mengumumkan kerjasama dengan GS Yuasa untuk kembangkan baterai lithium-ion mobil listrik. Autos.id – Honda Motor Co., Ltd dan GS Yuasa International Ltd (GS...

Berita Otomotif

Chery Omoda 5 kabarnya akan masuk ke pasar Indonesia tentu saja berpotensi melawan Hyundai dan Wuling. Autos.id – Chery Omoda 5 bakalan masuk sebagai...

Mobil

Membeli mobil listrik tentu membutuhkan perhitungan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar saat membeli mobil listrik, bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda. Autos.id...