Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tesla

Seberapa Amankah Mobil Tesla? Berikut Penjelasannya!

elon musk

Last updated on 19 Januari, 2022

Mobil Tesla sering dianggap tidak aman dikarenakan beberapa hal seperti model futurisnya dan juga fitur autopilot yang berbeda dari mobil-mobil pada umumnya.

Autos.id  –  Namun, opini tersebut belum tentu benar. Data-data berikut menunjukkan bahwa Tesla adalah salah satu mobil paling aman. Kalau tidak percaya, mari kita lihat informasi berikut ini. Menurut pengakuan Tesla, jika pada kuartal pertama, hanya terdapat satu kecelakaan untuk setiap 4,19 juta mil yang dikendarai jika menggunakan Autopilot. Bagi mereka yang mengemudi tanpa Autopilot tetapi dengan fitur keselamatan aktif kami, Tesla mencatat satu kecelakaan untuk setiap 2,05 juta mil yang dikendarai.

Bagi mereka yang mengemudi tanpa autopilot dan fitur keselamatan aktif, terdapat satu kecelakaan untuk setiap 978 ribu mil yang dikendarai.

Dari data tersebut, jika dibandingkan dengan data dari NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) yang menunjukkan bahwa di Amerika Serikat ada satu kecelakaan mobil setiap 484 ribu mil, maka bisa dibilang bahwa mobil Tesla jauh lebih aman dari yang lain.

Namun, kalau hanya melihat dari website Tesla, tentu kita tidak akan mendapat data yang terpecaya. Maka selanjutnya, kami akan memberikanmu alasan-alasan lain yang dapat menunjukkan seberapa aman sih mobil Tesla tersebut.

Tahan Tabrakan

Tesla Model S dan Tesla Model X memperoleh Rating 5 di peringkat keselamatan setiap subkategori uji tabrak  dari NHTSA. Ini adalah nilai maksimum yang dapat dicapai mobil dalam tes NHTSA dimana dalam pole Test kedua jenis mobil tersebut sembilan kali lebih baik daripada mobil Volvo S60  dengan risiko terguling 50% lebih baik daripada mobil lain.

Sementara dalam tes Euro NCAP. Tesla Model 3 juga menerima rating tinggi untuk pencegahan tabrakan depan’dari IIHS dan mendapatkan poin maksimal.

Baca juga: Tahun 2021, Tesla Catat Angka Penjualan 1 Juta Unit!

tesla lebih aman dari data uji tabrak model x

Lebih Tahan Api

Saat tabrakan, yang paling ditakutkan dalam berkendara adalah munculnya api yang berakhir dengan hangusnya kendaraan. Hal ini juga yang menjadi salah satu keungulan Tesla yang punya kasus kebakaran sangat sedikit. Ada lebih dari 300.000 Tesla di jalan, dan hanya 40 kebakaran telah terjadi setelah 7,5 miliar mil perjalanan, yang berarti 5 kebakaran untuk setiap miliar mil. Lalu, jika dibandingkan dengan yang lain bisa 11 kali lebih sedikit daripada dalam kasus mobil pada umumnya.

Autopilot juga sama amannya

Apa yang dijadi kritikan banyak orang adalah fitur autopilot pada Tesla. Fitur autopilot sering dianggap sebagai salah satu hal paling berbahaya, namun data di bawah berkata lain. Menurut sebuah studi NHTSA dari 2016, mobil Tesla dengan fungsi Autopilot terpasang terlibat dalam 0,8 kecelakaan per juta mil dibandingkan dengan 1,3 kecelakaan per juta di mobil yang tidak memiliki Autopilot. Itu berarti pengurangan 40% dari risiko kecelakaan.

Namun, data tersebut masih menjadi perdebatan karena jumlah pengguna autopilot sendiri juga masih sangat sedikit. Jadi, lebih baik untuk mengikuti saja himbauan dari Tesla dimana saat autopilot, tangan harus tetap berada di setir kendaraan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tesla

Ini merupakan kali kedua dalam 3 minggu terakhir saat Tesla sebelumnya pernah menutup sementara pabrik di Shanghai karena hal yang sama. Autos.id – Baru-baru...

Tesla

Masalah layar sentuh yang mudah overheating membuat Tesla harus melakukan recall pada sekitar 130 ribuan unit mobilnya. Autos.id – Baru-baru ini, pabrikan mobil listrik...

Tesla

Pertarungan antara manusia dan mesin atau pertarungan antar binatang dan hewan merupakan salah satu hiburan mengasyikan yang sangat menarik untuk ditonton. Di masa lalu...

Tesla

Recall yang terjadi pada 947 unit mobil Tesla ini berkaitan dengan firmware kamera mundur yang mengalami masalah serta berpotensi membahayakan pengendara di jalan apabila...