Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Rekomendasi Mobil Diesel yang Irit

Ilustrasi mobil diesel.
Ilustrasi mobil diesel. (Sumber: Republika)

Last updated on 29 Mei, 2024

Mobil bermesin diesel menjadi salah satu pilihan karena memiliki banyak kelebihan.

Autos.id – Mobil diesel dikenal sebagai kendaraan yang lebih hemat bahan bakar dibandingkan mobil bensin.

Fakta ini membuat banyak pemilik mobil mempertimbangkan untuk beralih ke mobil diesel. Di Indonesia, ada beberapa mobil diesel yang sangat irit dan diminati banyak orang.

Banyak mobil diesel memiliki torsi yang besar sehingga mampu melakukan kerja yang lebih berat dengan menggunakan bahan bakar yang lebih sedikit. Inilah yang membuat mobil diesel menjadi lebih hemat bahan bakar, terutama jika dibandingkan dengan mobil bensin.

 

Daftar Mobil Diesel Irit yang Direkomendasikan

Di Indonesia, terdapat tujuh mobil diesel yang sangat irit dan diminati banyak orang. Berikut adalah daftar mobil-mobil tersebut beserta spesifikasi dan harga dari masing-masing mobil.

1. Isuzu Panther

Isuzu Panther.

Isuzu Panther. (Sumber: Republika)

Meskipun merupakan mobil lama, Isuzu Panther tetap dianggap sebagai salah satu mobil diesel paling irit yang bisa bersaing dengan mobil sekelasnya, seperti mobil Grand Touring.

baca artikel menarik lain tentang penyakit chevrolet spin diesel

Mobil ini menggunakan mesin diesel 4JA1-L yang bukan jenis mesin baru, tetapi mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 78,9 hp dan torsi tertinggi 192 Nm. Isuzu Panther mampu menempuh jarak hingga 12 km dengan setiap liter bahan bakarnya.

Sayangnya, Isuzu Panther sudah berhenti produksi pada tahun 2021. Namun, Anda masih dapat mencari varian bekasnya jika tertarik untuk membeli mobil ini.

Isuzu Panther tidak ada keluaran baru, sedangkan bekasnya mulai dari Rp59.000.000. Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, Isuzu Panther tetap menjadi pilihan kendaraan yang irit bahan bakar dan bisa menjadi opsi yang tepat untuk anggaran kendaraan yang terbatas.

Baca Juga: Santa Fe Terbaru Begini Bentuknya

2. Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe.

Hyundai Santa Fe. (Sumber: Moladin)

Hyundai Santa Fe merupakan salah satu rekomendasi mobil diesel paling irit selanjutnya. Mobil ini dianggap sebagai mobil off-road yang menjadi saingan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Namun, Santa Fe memiliki keunikan pada sistem penggerak roda depan.

Mobil ini menggunakan mesin diesel turbo dengan kapasitas hingga 2.200 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 199 hp dan torsi tertinggi 440 Nm. Mesin tersebut membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit, mencapai 11 km per liter untuk pemakaian dalam kota.

Selain itu, varian diesel Santa Fe memiliki desain eksterior yang lebih modern dibandingkan dengan varian bensinnya.

Harga Hyundai Santa Fe baru sekitar Rp605.500.000, sedangkan harga Hyundai Santa Fe bekas mulai dari Rp229.000.000.

Meskipun harga Hyundai Santa Fe cukup mahal, mobil ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan mobil off-road irit bahan bakar dengan desain modern dan fitur lengkap.

Baca Juga: Kijang Innova Reborn Kembali Bangkit 

3. Toyota Kijang Innova Diesel

Toyota Kijang Innova Diesel.

Toyota Kijang Innova Diesel. (Sumber: Otospector)

Mobil ini termasuk sebagai mobil diesel dengan tingkat penjualan terlaris di kalangan mobil MPV.

Mesin yang digunakan pada Innova Diesel adalah mesin 2GD FTV 4 Silinder VNT Intercooler berkapasitas 2.393 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 149 ps ketika berputar pada kecepatan 3.400 rpm. Setiap satu liter bahan bakarnya diperkirakan bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga 13 km.

Performa tersebut dianggap cukup baik, sehingga mobil ini banyak diminati di kalangan pemilik mobil di Indonesia. Namun, karena performa yang bagus, mobil ini juga dijual dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan mobil MPV lainnya.

  • Harga Toyota Kijang Innova Diesel baru: Rp397.100.000
  • Harga Toyota Kijang Innova Diesel bekas: mulai dari Rp180.000.000

4. Toyota Hilux Diesel

Toyota Hilux Diesel.

Toyota Hilux Diesel. (Sumber: Autofun)

Terdapat opsi mobil diesel dari Toyota yaitu Toyota Hilux Diesel. Selain opsi mesin diesel, Toyota juga menyediakan mesin bensin untuk beberapa tipe mobil Hilux dengan sistem penggerak 4×4 dan 4×2.

Mesin diesel pada Toyota Hilux memiliki spesifikasi 2KD-FTV 4 silinder dengan kapasitas 2,4 liter. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai dengan 149,6 PS dengan torsi 40,8 kgm.

Untuk pemakaian di dalam kota, mesin Hilux Diesel bisa menempuh jarak sampai dengan 11,3 km/liter. Sementara, untuk pemakaian di jalan tol, mesin ini bisa menempuh jarak hingga 14,3 km/liter.

Harga Toyota Hilux Diesel baru sekitar Rp277.200.000. Sedangkan, harga bekasnya dimulai dari Rp120.000.000. Toyota Hilux Diesel merupakan salah satu mobil diesel yang cukup populer di Indonesia karena performanya yang handal dan juga kecanggihan teknologinya.

5. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. (Sumber: Autofun)

Mobil ini dikenal sebagai salah satu mobil diesel paling irit di Indonesia. Pada generasi awal, varian Ertiga belum dilengkapi dengan pilihan mobil diesel hybrid. Meskipun mobil ini sudah diluncurkan sejak tahun 2012, namun opsi mesin diesel baru disediakan pada tahun 2016.

Varian Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin D13A berkapasitas 1,3 liter DOHC dan dilengkapi dengan tenaga Diesel Direct Injection System. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm.

Suzuki juga mengklaim bahwa mobil ini mampu menempuh jarak 24,52 km dengan satu liter bahan bakar.

Namun sayangnya, Ertiga diesel telah berhenti diproduksi pada tahun 2018. Sehingga, bagi pecinta mobil ini hanya dapat membeli varian bekasnya mulai dari Rp135.000.000.

6. Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport diesel.

Mitsubishi Pajero Sport diesel. (Sumber: Autofun)

Pajero Sport adalah salah satu mobil SUV diesel paling populer di Indonesia. Diklaim sebagai saingan Toyota Fortuner, mobil ini lebih unggul dalam pemakaian bahan bakar karena hanya tersedia dalam pilihan mesin diesel.

Pajero Sport memiliki empat varian, masing-masing menggunakan mesin diesel dengan spesifikasi yang berbeda. Tipe Dakar dan Dakar Ultimate menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.400 cc dengan tenaga maksimal 78 hp dan torsi maksimum 430 Nm.

Sementara, tipe GLX dan Exceed menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 134 hp dan torsi puncak 324 Nm.

Baik tipe Dakar dan Dakar Ultimate maupun tipe GLX dan Exceed, setiap liter bahan bakar dapat digunakan untuk menempuh jarak hingga 20 km. Sistem penggerak tersedia dalam dua opsi, yaitu 4×2 dan 4×4.

Harga Mitsubishi Pajero Sport baru mulai dari Rp547.100.000, sedangkan bekasnya mulai dari Rp375.000.000.

7. Chevrolet Spin Diesel

Chevrolet Spin Diesel.

Chevrolet Spin Diesel. (Sumber: Liputan6)

Ada beberapa varian dari mobil Chevrolet Spin yang menggunakan bahan bakar diesel. Namun, ada juga varian yang menggunakan bahan bakar bensin. Varian LT 1.3 dan LTZ 1.5 hanya tersedia dengan bahan bakar diesel.

Chevrolet Spin Diesel diperkenalkan pada tahun 2013 dengan menggunakan mesin diesel 1.248 cc 4-silinder yang dilengkapi dengan turbo intercooler dan common rail injection. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 73,9 hp dengan torsi maksimal 190 Nm. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 20 km per liter.

Sayangnya, produksi Chevrolet Spin secara resmi dihentikan di Indonesia sejak tahun 2015. Bagi yang ingin memiliki mobil ini, hanya tersedia varian bekasnya.

Harga Chevrolet Spin Diesel bekas dijual mulai dari Rp99.000.000.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Sekarang ada banyak mobil keluarga murah di bawah Rp100 juta, terutama mobil bekas. Autos.id – Mobil keluarga adalah...

Daftar Harga Motor

Last updated on 3 Juni, 2024 Motor listrik sedang gencar dipasarkan di Indonesia, namun merk atau model apa saja yang di bawah Rp20 juta?...

error: Content is protected !!