Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Prototipe Kawasaki EV Dipamerkan, Seperti Apa Spesifikasinya?

Kawasaki EV.
Kawasaki EV. (Sumber: Autofun)

Kawasaki akhirnya memamerkan motor listrik pertama dalam bentuk prototipe yang rencanya diproduksi secara massal pada 2023.

Autos.id – Kawasaki dengan bangga memamerkan motor listrik di acara Intermot Show 2022 yang digelar di Jerman beberapa waktu lalu. Jika melihat desainnya, motor listrik yang ditampilkan ini tampak gahar.

Sementara untuk warnanya, tampak dasar warna hitam dengan tambahan hijau khas Kawasai, dan diberi nama Kawasaki EV.

Dilansir dari Webbikeworld, pihak Kawasaki ingin memproduksi motor listrik mulai tahun 2023. Sementara pada Agustus lalu, Kawasaki EV sudah diuji secara mandiri selama delapan jam non-stop di Sirkuit Suzuki untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Kawasaki EV.

Kawasaki EV. (Sumber: Paultan.org)

Tampilan dan Spesifikasi

Melihat tampilannya, Kawasaki RV memilik bodi dan kaki-kaki serupa dengan motor sport 250 cc dua silinder ala Kawasaki. Dan hal itu juga terlihat pada desain headlamp, tangki, buritan, suspensi, pengereman hingga rodanya,

Akan tetapi, perbedaan signifikan antara motor konvensional Kawasaki dengan motor listrik yang satu ini adalah pada bagian penggerak yang memang full-electric dengan dukungan baterai.

Lalu tulisan Kawasaki EV pada bagian shroud tangka mempertegas identitas motor yang satu ini. Kemudian pada bagian penggerak, terlihat motor penggerak tipe mid drive pada posisi mesin yang konvensional, dimana tenaganya disalurkan ke roda belakang dengan rantai. Sementara di balik tangki bensin, diisi dengan baterai.

Untuk suspensinya sendiri, Kawasaki EV menggunakan garpu teleskopik pada bagian dengan dan monoshock pada bagian belakang. Dimana keduanya dikombinasikan dengan sistem rem cakram dua piston untuk roda masing-masing.

Namun sayangnya pihak Kawasaki belum memberikan detail spesifikasi dari motor listrik yang satu ini, Meskipun demikian, ada kabar bahwa tenaganya setara motor bermesin 125 cc dan sanggup menyemburkan 14 tenaga kuda.

Tampilan Kawasaki EV.

Tampilan Kawasaki EV. (Sumber: Today Chronic)

Rencana Kawasaki

Dilansir dari Rideapart, Masaya Tsuruno selaku CEO Kawasaki Europe menyebutkan bahwa Kawasaki EV yang dipamerkan hanya sekadar konsep, namun jadi dasar untuk model di masa depan. Sementara targetnya adalah menyediakan 10 model motor listrik pada tahun 2025. Untuk 2023, kabarnya Kawasaki ingin meluncurkan setidaknya tiga model motor listrik.

Sebagai informasi tambahan, Kawasaki saat ini memiliki Electrode yang merupakan balance bike dan bisa dianggap salah satu jenis motor listrik. Namun di masa depan, pihak Kawasaki rencananya tidak hanya memproduksi motor listrik, tapi juga memproduksi motor yang menggunakan baterai murni hingga hybrid. Bahkan mereka ingin mengembangkan mesin biofuel dan mesin tenaga hidrogen.

 

 

Sumber: Webbikeworld, Rideapart

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Menjadi sorotan dalam sepekan terakhir karena pernyataan kontroversial, Cristiano Ronaldo malah beli mobil baru. Autos.id – Masih jadi sorotan publik sepak bola dengan pernyataan...

Berita Otomotif

Pabrikan Ducati sukses menyabet gelar juara dunia WSBK tahun 2022 berkat aksi gemilang Alvaro Bautista. Autos.id – Dengan koleksi 553 poin, Alvaro Bautista memastikan...

Berita Otomotif

Kawasaki dengan bangga memamerkan motor listrik yang akan dipasarkan pada tahun 2023 saat acara EICMA. Autos.id – Dalam acara pameran otomotif internasional yaitu EICMA...

Berita Otomotif

Grand Filano jadi produk terbaru Yamaha, namun motor ini diluncurkan di Thailand. Autos.id – Yamaha meluncurkan Grand Filano secara resmi di Thailand. Motor matic...