Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Debut Perdana Porsche 718 Cayman GT4 RS di Amerika

Porsche 718 Cayman GT4 RS

Porsche meluncurkan versi RS dari Porsche 718 Cayman berjantung pacu 4.0L flat-six yang diadaptasi dari 911 GT3.

Autos.id  –  Penantian panjang pecinta Porsche Cayman akhirnya resmi berakhir. Kurang dari sebulan sejak perusahaan itu hanya merilis gambar prototipenya, mereka resmi meluncurkan Porsche 718 Cayman GT4 RS di Los Angeles Auto Show pada 17 November 2021 kemarin. Kerennya lagi, Porsche membekalinya dengan jantung pacu 4.0L flat-six yang sama seperti Porsche 911 GT3 alih-alih menggunakan mesin 4.0L andalan Cayman GT4 seri sebelumnya.

Meskipun begitu, tetap saja Cayman itu mampu mengeluarkan tenaga superpower khas Porsche.

Menurut press release Porsche, GT4 RS mampu menghasil tenaga hingga 500 hp dan torsi 450 Nm, meningkat 79 hp dan 19 Nm di atas GT4 standar dan sedikit di bawah GT3. Bagian terbaiknya adalah mesin GT4 RS berputar ke redline 9.000 rpm, menyamai performa GT3. Sedangkan readline varian GT4 sebelumnya ‘hanya’ 8.000 rpm, sehingga GT4 RS memiliki suara dan karakter yang kencang, terutama dengan penggunaan knalpot titanium opsional.

 

Berbeda dengan GT4 biasa, Porsche 718 Cayman GT4 RS tidak akan ada pilihan transmisi manual. Namun, rasio transmisi seven-speed PDK twin-clutch telah dipersingkat untuk meningkatkan akselerasi. Porsche mengklaim bahwa GT4 RS ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,2 detik dan kecepatan tertinggi 315 km/jam yang dicapai di gigi ketujuh.

Porsche 718 Cayman GT4 RS memiliki sejumlah perubahan aerodinamis dan sasis yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerja trek. Perbedaan yang paling terlihat adalah:

  • Rear wing model leher angsa (swan-neck)yang terinspirasi dari mobil balap 911 RSR
  • Splitter depan yang dapat disesuaikan
  • Side blade baru di depan roda depan
  • Fender depan berventilasi
  • Saluran NACA di kap mesin
  • Diffuser dan bagian bawah bodi belakang baru
  • Intake udara rad yang menggantikan jendela samping belakang Cayman

Sehingga Porsche juga mengklaim bahwa GT4 RS dapat menghasilkan downforce hingga 25% lebih banyak daripada GT4 biasa.

GT4 RS menggunakan roda aluminium tempa 20 inci dengan kunci tengah yang mana baru pertama kali diaplikasikan untuk seri Cayman. Hal ini membuat tinggi pengendaraan turun 1,2 inci. Porsche memasang ban standar Michelin Pilot Sport Cup 2 atau Dunlop Sport Max.

 

Selain itu, suspensi mobil ini memiliki peredam baru, pegas yang direvisi dan batang anti-roll. Porsche mengatakan GT4 RS lebih ringan 22 kg daripada GT4 yang dilengkapi PDK. Pengurangan berat tersebut dipengaruhi oleh penggunaan jendela belakang yang ringan, panel pintu baru dengan tarikan pintu kain, dan konstruksi plastik yang diperkuat serat karbon untuk kap mesin dan spatbor depan.

Kabarnya, Porsche 718 Cayman GT4 RS akan dibanderol dengan harga $141.700 atau sekitar Rp 2 miliar. Dua kali lipat dari harga model dasar Cayman lainnya. Tentu saja, mobil ini akan pertama kali dipasarkan ke pembeli AS pada musim panas 2022 mendatang. Belum ada kabar lain dari Porsche akan memasarkannya secara global atau tidak.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Rencananya selain Red Bull, tim saudarnya yaitu Alpha Tauri juga akan menggunakan pasokan mesin dari Porsche sebagai bagian dari Sister Team dari tim Red...

Berita Otomotif

Porsche telah menguji 911 GT3 RS 2023 dalam beberapa bulan terakhir, yang kabarnya akan ditampilkan secara perdana di Goodwood Festival of Speed ​​2022. Autos.id...

Berita Otomotif

Volkswagen Group  mengumumkan pada hari Jumat (22/7/2022) bahwa Herbert Diess akan mengundurkan diri sebagai Ketua Dewan Manajemen dari perusahaan Jerman tersebut.  Ketua Porsche saat...

Berita Otomotif

Angka penjualan yang cukup tinggi ini membukti Porsche konsisten dalam menjual berbagai produk mobilnya ditengah tantangan yang sedang dihadapi industri otomotif dunia. Autos.id –...