Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Pemudik Motor Lebih dari Dua Orang Akan Dipisah Polisi

Pemudik Motor

Pemudik motor yang kedapatan membawa muatan lebih dari dua orang akan ditindak oleh Polisi. Caranya, ibu dan anaknya akan diturunkan dan diganti naik bus.

Jakarta, Autos – Mudik dengan roda dua menjadi tradisi yang kurang mementingkan keselamatan dalam perjalanan mudik dengan jarak tempuh yang panjang dan melelahkan, Untuk itu Kepolisian Republik Indonesia menghimbau agar masyarakat tidak menggunakan roda dua saat mudik.

AKBP Agustin Susilowati, Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya Jakarta mengatakan kebiasaan pemudik motor dengan menggunakan kendaraan roda dua perlu dibatasi karena sangat rentan dengan kecelakaan fatal dijalan. Untuk itu pembatasan jumlah kendaraan roda dua setiap tahun perlu ditingkatkan.

Untuk pemudik motor perlu kita batasi karena faktor kelelahan pemotor itu tinggi . Biasanya berkendara selama tiga jam kelelahan sudah ada. Nanti kita siapkan juga cek poin sebagai tempat mereka beristirahat dan melakukan rileksasi,” kata Agustin di Jakarta.

Nantinya ditempat cek poin Pospam, semua pengendara motor wajib masuk ke area tesebut untuk istirahat, tes kesehatan, tes psikologi atau menikmati hiburan untuk melepas lelah

Untuk membantu para pemudik motor Kepolisian telah menyiapkan 27 titik cek poin Polda Metro Jaya tepatnya di setiap Pos Pengamanan (Pospam). Nantinya ditempat cek poin Pospam, semua pengendara motor wajib masuk ke area tesebut untuk istirahat, tes kesehatan, tes psikologi atau menikmati hiburan untuk melepas lelah.

Pemudik Motor

Anak-Anak dan Ibunya Akan Diminta Turun Naik Bus

Selain itu, Kepolisian menghimbau agar masyarakat pemudik motor tidak membawa barang berlebihan, apalagi membawa penumpang lebih dari dua orang. “Nanti di pos cek, kita akan siapkan bus untuk mereka yang memiliki muatan penumpang berlebih. Misalnya satu motor ada bapak, ibu, dan anak. Kita akan setop dan kita naikan ibu dan anaknya ke bus sementara bapaknya lanjut naik motor,” terangnya.

Saat ini, sambung Agustin, kurang lebih sudah ada 12 perusahaan dan instansi pemerintah yang menyiapkan bus untuk memfasilitasi pemudik yang memaksakan diri mudik dengan roda dua. Selain itu ada juga pihak yang sudah menyiapkan bus di cek poin Polda Metro Jaya sebagai lokasi pemerangkatan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...