Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Peluang Blockchain Pada Industri Otomotif Indonesia

Dalam blockchain ini banyak data yang diproses, seperti SIM, STNK, BPKB, KTP dan lainnya.

Jakarta, Autos.id  –  Perkembangan teknologi bertujuan untuk mempermudah aktivitas manusia. Begitu juga dengan teknologi⁹ blockchain yang umumnya digunakan dalam cryptocurrency. Tetapi kini teknologi tersebut mulai merambah bidang lain.

Jika teknologi blockchain sudah populer digunakan oleh aset kripto, maka perkembangan sekarang ini blockchain mulai digunakan oleh industri otomotif dunia.

Bahkan perusahaan otomotif dari General Motor, Mercedes-Benz, hingga Toyota telah menggunakan teknologi blockchain.

Meski demikian, setiap perusahaan otomotif dunia tersebut menggunakan teknologi blockchain dengan kepentingan yang berbeda-beda. Misalnya General Motor menggunakan teknologi tersebut agar terhindar dari penipuan identitas.

Lantas bagaimana teknologi Blockchain akan diterapkan oleh industri otomotif di Indonesia. Meski teknologi blockchain masih terdengar asing bagi pelaku bisnis industry, tetapi banyaknya penggiat blockchain maka akan menjadi peluang besar penerapannya di sektor otomotif.

Beberapa berita crypto yang tersebar di perkirakan industri otomotif akan menerapkan teknologi blockchain dalam perusahaannya seperti yang dilakukan oleh General Motor, Mercedes-Benz atau Toyota yang telah memanfaatkannya.

Pasar Pertumbuhan Mobil

Pasar pertumbuhan mobil Indonesia terus meningkat. Dilansir dari beberapa sumber, data terakhir Mabes Polri per 1 Januari 2018, jumlah mobil di Indonesia mencapai 111,5 unit. Sepeda motor dan mobil pribadi masing-masing menempati posisi pertama dan kedua.

Sedangkan dari data yang sama, maka jumlah mobil yang ada di Indonesia tersebar hingga 71,6% mobil terkonsentrasi di Pulau Jawa, termasuk sepeda motor yang mencapai 62%. Artinya industri mobil merupakan industri raksasa yang bisa mengaplikasi teknologi blockchain.

Di sisi lain, jumlah mobil bekas yang berpindah pemilik semakin meningkat, bahkan dari satu negara ke negara lain. Catatan kendaraan yang tidak akurat adalah batu loncatan untuk aktivitas penipuan, yang pada gilirannya dapat membuat data kendaraan tidak akurat.

Data yang tidak akurat akan memaksa perusahaan asuransi dan lembaga keuangan membayar lebih kepada konsumen. Hal inilah yang harus dilakukan oleh perusahaan mobil persis seperti yang dilakukan oleh General Motor.

Teknologi blockchain dapat menyimpan data digital secara permanen dan lebih tahan terhadap peretasan dibandingkan dengan teknologi terpusat, sehingga agar tidak terjadi pemalsuan identitas maka dimungkinkan untuk menyimpan data mobil di blockchain.

Tingkat keamanan yang lebih baik, tersimpan rapih, dan dapat diakses oleh banyak pemangku kepentingan, menjadikan teknologi blockchain menjadi solusi industri mobil dalam menekan kerugian dari pemalsuan identitas.

Isybel Harto, pengembang blockchain dan CTO Freshmart.id, mengatakan sakeholder yang dimaksud Harto adalah pemerintah (government), produsen, penyedia jasa keuangan (finance) dan masyarakat (public).

Untuk pemerintah banyak instansi yang terlibat, misalnya kepolisian. Data divalidasi dan diverifikasi sebelum disimpan di blockchain. Polisi memberikan banyak data seperti model mobil, nomor seri dan nomor rangka, termasuk tentunya data SIM, STNK, BPKB, KTP dan lain-lain.

Data terkait dengan produsen, jasa keuangan, apakah data ini benar atau tidak. Kemudian dari sisi publik, secara teori cara membayar jasa parkir bisa menggunakan token digital yang berjalan di blockchain.

Menurutnya, dalam blockchain ini banyak data yang diproses, seperti SIM, STNK, BPKB, KTP dan lainnya. Keempat jenis data ini digabungkan dengan data lain pada platform khusus. Data diproses menggunakan kecerdasan buatan, diverifikasi dan disimpan di blockchain.

Sehingga jika ada ada kasus dan ada orang meninggal di dalam mobil. Orang lain kemudian mengambil foto pelat nomor kendaraan dan mengirimkannya ke platform sebagai data. Platform memeriksa secara langsung apakah data ada di blockchain.

Jika ini benar, polisi dapat menggunakan informasi ini sebagai referensi untuk apa yang harus dilakukan selanjutnya. Bahkan Frost dan Sullivan memperkirakan bahwa pada tahun 2025, 10-15% mobil akan terhubung ke blockchain.

Toyota sedang menelitinya secara ekstensif, bekerja sama dengan MIT Media Lab. Kedua pemimpin perusahaan ini berfokus pada mobil self-driving, terutama berbagi data yang aman, transaksi bisnis perjalanan online, dan asuransi mobil berbasis blockchain.

Tahun lalu, ZF dan IBM berkolaborasi mengembangkan Car eWallet, sebuah teknologi pembayaran yang dapat diterapkan untuk tol, parkir, layanan pengisian aki mobil, dan layanan perjalanan online. Salah satu inisiatif yang ditujukan untuk mempromosikan industri otomotif di era blockchain adalah Mobility Open Blockchain Initiative atau MOBI.

Empat produsen mobil terbesar yaitu BMW, Ford, Renault, dan General Motors berinisiatif menghadirkan teknologi blockchain kepada para pemilik mobil.

Pasar Blockchain di Industri Otomotif Capai $20 miliar 

Pasar blockchain di industri otomotif dan kedirgantaraan akan mencapai lebih dari $20 miliar pada tahun 2029, menurut laporan baru dari layanan riset pasar Reportlinker yang dirilis pada 13 Juni. Proyek penelitian Blockchain yang memengaruhi sektor otomotif, kedirgantaraan, dan penerbangan akan tumbuh sebesar 60,35% setiap tahun antara 2019 dan 2029.

Penelitian tersebut mengkaji fitur-fitur blockchain seperti transparansi, menyelesaikan transaksi lebih cepat, dan menghilangkan risiko penipuan karena skalanya yang besar.

Layanan keuangan, pembayaran dan asuransi untuk industri otomotif, manufaktur dan pasokan untuk pesawat terbang dan industri penerbangan memimpin blockchain di pasar penerbangan dan penerbangan dan berharap untuk terus mendominasi mereka dalam kebijakan masa depan.

Hal ini disebabkan kompleksitas rantai industri otomotif, karena lingkungan otomotif sangat erat kaitannya, sehingga masalah ancaman siber semakin meningkat.

Blockchain Mendominasi

Sektor blockchain swasta yang saat ini mendominasi akan mempertahankan posisinya di masa mendatang, terutama karena keuntungan dari blockchain privat dibandingkan blockchain publik dan hybrid, seperti jaringan, kapasitas, dan kecepatan yang sangat aman.

Dalam hal adopsi regional, Amerika Utara diharapkan memimpin dunia untuk aplikasi blockchain di pasar otomotif, kedirgantaraan, dan penerbangan. Di antara masalah yang dapat mencegah adopsi blockchain di perusahaan yang disebutkan, studi tersebut mengatakan bahwa ada kurangnya perencanaan, koordinasi, dan kurangnya teknologi dan kesadaran di antara para pemain industri.

Menurut laporan Mei, pengeluaran blockchain global akan mencapai hampir $2,9 miliar pada 2019, meningkat 88,7% dari 2018. Firma riset pasar International Data Corporation, layanan manufaktur dan distribusi memperkirakan pengeluaran blockchain masing-masing berjumlah $653 juta dan $642 juta pada tahun 2019.

Pada bulan April, Cointelegraph mengumumkan bahwa pemerintah federal AS diperkirakan akan meningkatkan pengeluaran blockchain menjadi $123,5 juta pada tahun 2022, meningkat 1000% dari $10,7 juta yang dihabiskan pada tahun 2017. Pada saat itu, IDC Government Insight menjelaskan mereka percaya manajemen aset, manajemen identitas, dan kontrak pintar akan mengarah pada solusi blockchain untuk pemerintah. Pengeluaran awal akan fokus pada rantai pasokan dan solusi manajemen aset.

Sementara pengeluaran akan meningkat selama beberapa tahun ke depan untuk menambahkan lebih banyak kontrol. Itulah beberapa keterkaitan teknologi blockchain dengan dunia otomotif. Penerapan teknologi blockchain dalam industri otomotif tentu sangat membantu dalam keamanan data identitas hingga rantai pasokan.

Nah jika kamu yang ingin mulai berinvestasi crypto dengan mudah download Pintu: jual beli aset digital oleh PT. Pintu Kemana Saja di App Store atau Play Store kamu sekarang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga