Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Next-Gen Toyota Fortuner Adopsi Mesin Mild-Hybrid

Generasi Terbaru Toyota Fortuner Akan Menggunakan Mesin Mild-Hybrid
Toyota Fortuner Legender

Last updated on 11 Juli, 2023

Selain hadir dengan teknologi mesin Mild-Hybrid, generasi terbaru Toyota Fortuner juga hadir dengan platform TNGA terbaru yang juga di pakai oleh Land Cruiser 300 terbaru.

Autos.id – Dalam beberapa waktu terakhir, salah satu pabrikan besar dari Jepang, Toyota semakin serius dengan pengembangan teknologi elektrifikasi seperti Hybrid. Bahkan salah satu mobil SUV Ladder Frame paling populer, Toyota Fortuner akan menggunakan konfigurasi teknologi yang dinamakan Mild-Hybrid pada generasi berikutnya atau generasi ketiga.

Rencananya Generasi Ketiga Toyota Fortuner yang akan hadir dengan format Mild-Hybrid ini akan meluncur pada tahun 2023 mendatang.

Generasi Terbaru Toyota Fortuner Akan Menggunakan Mesin Mild-Hybrid

Mesin Diesel Toyota Fortuner 1GD-FTV

Platform Terbaru Dan Mesin Diesel Mild-Hybrid

Seperti yang dilansir Headlightmag.com pada Kamis (26/5/2022), Toyota Fortuner dengan teknologi Mild-Hybrid sudah dikembangkan sejak tahun 2019 silam di Thailand. Nantinya Toyota Fortuner generasi terbaru dengan teknologi Mild-Hybrid ini akan digabungkan dengan mesin 1GD 2.800 cc. Nantinya mesin Diesel ini akan digabungkan dengan sebuah starter generator dari sistem Mild-Hybrid berukuran 48 volt.

Bila berkaca dari mesin Diesel 1GD Toyota Fortuner yang masih diproduksi saat ini, merupakan versi improvement dari pertama kali diperkenalkan di tahun 2016 silam. Saat ini mesin 1GD bisa menghasilkan tenaga 202 PS dan torsi mencapai 500 Nm. Dengan adanya teknologi Mild-Hybrid di generasi berikutnya, versi Mild-Hybrid nanti tentu akan memiliki tenaga dan torsi yang lebih buas lagi.

Selain hadir dengan penggunaan teknologi mesin terbaru, Toyota Fortuner generasi terbaru juga akan hadir dengan platform terbaru. Nantinya Toyota Fortuner generasi ketiga akan menggunakan platform TNGA-F yang pertama di perkenalkan oleh Toyota Land Cruiser 300. Nantinya platform terbaru ini juga akan digunakan oleh beberapa mobil SUV dan Double Cabin generasi terbaru seperti Toyota Tundra, kembaran LC 300 yaitu Lexus LX generasi terbaru, dan Toyota Sequoia.

Baca juga: Toyota Fortuner VRZ: Varian, Spesifikasi, dan Harganya

Generasi Terbaru Toyota Fortuner Akan Menggunakan Mesin Mild-Hybrid

Toyota Fortuner GR Sport

Teknologi Mild-Hybrid dari Toyota Fortuner ini berbeda dari kebanyakn mobil-mobil Hybrid Toyota. Karena teknologi Mild-Hybrid dari Toyota Fortuner ini hanya bersifat part time dengan komponen yang lebih simple. Sedangkan mayoritas mobil Hybrid dari Toyota beredar menggunakan komponen yang lebih banyak serta memungkinkan mobil bisa berjalan tanpa mesin konvensional sama sekali dalam jarak tempuh tertentu.

Meskipun sudah dalam tahap pengembangan, Toyota belum memberikan detail lebih mendalam seputar teknologi Mild-Hybrid ini. Meskipun begitu, salah satu klaim dari Toyota pada teknologi mesin Mild-Hybrid terbaru ini adalah konsumsi BBM yang lebih irit, tenaga dan torsi puncak yang bisa didapat di rpm yang lebih rendah dari versi mesin konvensional standar. Serta akselerasi yang bisa lebih instant berkat motor listrik Mild-Hybrid mobil ini.

Langkah berani dari Toyota dengan mesin Mild-Hybrid untuk generasi terbaru Toyota Fortuner ini merupakan salah satu langkah Toyota menatap elektrifikasi. Selain akan mengembangakan Toyota Fortuner Mild-Hybrid, Toyota juga sedang mempersiapkan Toyota Innova generasi terbaru yang juga akan hadir dengan teknologi Hybrid serta perubahan Pltaform dan perubahan penggerak dari roda belakang (RWD) ke penggerak roda depan (FWD).

Baca juga: Impresi Pertama Toyota Yaris Cross

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Toyota

Last updated on 12 Januari, 2024 Siapa sangka Toyota Fortuner VNT masih banyak diminati di Indonesia, apa penyebabnya? Autos.id – Para pecinta mobil SUV...

Komparasi

Last updated on 11 Juli, 2023 Autos.id – Membandingkan Toyota Fortuner VS Hyundai Santa Fe tentu sangat menarik. Memangnya, apa saja perbedaannya? Mana yang...

Reviews

Last updated on 4 Juli, 2023 Varian Fortuner Leader yang diluncurkan di Thailand ini sekaligus menggantikan posisi dari varian Fortuner Standard untuk mengisi slot...

Berita Otomotif

Suzuki Grand Vitara 2022 ini akan sharing platform dan menjadi kembaran dari Toyota Urban Cruiser Hyryder yang sebelumnya sudah diperkenalkan terlebih dulu di India....

error: Content is protected !!