Berita Otomotif

Mercedes-AMG Project One Hypercar Hybrid Sekencang Mobil F1

Mercedes-AMG Project One

Saat ini Mercedes-AMG Project One baru sebatas mobil konsep, namun Mercedes-AMG berkomitmen untuk memproduksi mobil ini. Unitnya hanya 275 saja.

Frankfurt, Autos.id – Kawan Autos, ada kabar menggemparkan dari perhelatan pameran Frankfurt Motor Show 2017 yang saat ini sedang berlangsung. Bagaimana tidak heboh, Mercedes-Benz baru saja merilis Mercedes-AMG Project One. Lho… Apa yang spesial dari mobil ini?

Kalau Kawan Autos lihat dari foto-foto yang ada di web ini, tentu sudah langsung terkesima dengan desainnya yang begitu futuristik. Namun bukan cuma desain yang membuat kagum. Hal itu lantaran ini adalah hypercar hybrid yang mampu berlari secepat mobil Formula Satu (F1).

“Mercedes-AMG Project One pada dasarnya menggunakan mesin 1.6-liter turbocharged direct injection V6 yang dicangkokkan langsung dari mobil Mercedes F1”

Mercedes-AMG Project One pada dasarnya menggunakan mesin 1.6-liter turbocharged direct injection V6 yang dicangkokkan langsung dari mobil Mercedes F1. Mesin yang diletakkan di belakang itu disebut-sebut hanya mampu meminum bahan bakar beroktan minimal RON 98.

Mercedes-AMG Project One

Kemudian selain mesin F1, mobil ini juga menggunakan dua motor listrik. Satu motor listrik berkode MGU-H ditugaskan untuk mengurnagi turbo lag dan mempercepat respon mesin secara alami. Motor listrik pertama ini bertenaga 120 hp. Lalu motor listrik kedua berkode MGU-K dihubungkan ke poros crankshaft untuk membantu gaya dorong roda belakang dengan kekuatan ekstra 161 hp. Motor listrik ini juga untuk membantu pergerakan gearbox delapan percepatan agar lebih responsif.

Nah selain dua motor listrik itu, ada juga dua motor listrik lain berdaya 161 hp untuk menggerakkan kedua roda depan sehingga kini memungkinkan keempat roda Mercedes-AMG Project One mampu bergerak secara All-Wheel Drive. Secara keseluruhan, semua mesin ini ketika bekerja simultan mampu menghasilkan power hingga 1000 hp dengan kekuatan melesat dari 0-200 km/jam hanya dalam waktu kurang dari enam detik.

Mercedes-AMG Project One

Sensasi mobil F1 jalan raya benar-benar dihadirkan pada Mercedes-AMG Project One yakni pelek alloy aluminium 19 inci di depan dan 20 inci di belakang. Roda ini dibalut ban ukuran 285/35 di depan dan 335/20 di belakang. Rod aini kemudian diapit rem cakram berbahan serat karbon berventilasi.

Lalu dari bagian kokpit, mobil ini juga menghadirkan nuansa sport sejati. Setirnya sangat mirip dnegan setir mobil F1 namun dibalut bahan kulit. Joknya juga sangat sporty tapi pakai bahan yang lebut. Di depan setir tidak ada panel instrumen, gantinya monitor 10 inci sebagai digital instrument cluster pengganti.

Mercedes-AMG Project One

Saat ini Mercedes-AMG Project One baru sebatas mobil konsep, namun Mercedes-AMG berkomitmen untuk memproduksi mobil ini. Unitnya hanya 275 saja dan rumornya setiap unit bakal dibanderol smapai 2.17 juta Euro atau kira-kira Rp 33 miliar. Dan itu harga di Eropa tanpa pajak, belum termasuk biaya pajak dan pengiriman ke lokasi pelanggannya.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top