Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mengenal Motis, Mudik Lebaran Bawa Motor Naik Kereta Cocok untuk Perantau

Program Motis.
Program Motis. (Sumber;:Dephub.go.id)

Bagi para perantau, Motis menjadi solusi hemat, aman dan nyaman dengan mudik Lebaran membawa motor kesayangan.

Autos.id – Setiap tahun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selalu mengadakan program mudik motor gratis (motis). Apa saja persyaratannya untuk bisa mengikuti program mudik motor gratis dari Kemenhub?

Terdapat banyak program mudik gratis yang diselenggarakan menjelang Hari Raya Idulfitri, salah satunya adalah program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub. Setiap tahun, DJKA Kemenhub mengadakan program mudik motor gratis, termasuk pada tahun 2023.

Ilustrasi program Motis untuk Lebaran 2023.

Ilustrasi program Motis untuk Lebaran 2023. (Sumber: Instagram @kai121_)

Apa Itu Motis?

Mudik motor gratis adalah program yang memungkinkan masyarakat untuk melakukan mudik sambil membawa motor, namun tidak mengendarai motornya, melainkan menggunakan kereta api. Dengan kata lain, program ini memungkinkan seseorang untuk melakukan mudik dengan membawa motornya dan naik kereta api.

Program ini bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan selama periode mudik. Karena masih banyak orang yang nekat melakukan mudik sambil naik motor. Motor umumnya hanya dapat membawa dua orang, tetapi pada musim mudik, motor tidak hanya mengangkut penumpang, tetapi juga barang bawaan dari pemudik.

Tidak jarang terjadi satu motor mengangkut tiga orang, termasuk anak yang masih balita, yang dapat membahayakan keselamatan seluruh penumpang. Duduk di motor dalam waktu yang lama juga dapat berdampak buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, DJKA Kemenhub setiap tahunnya mengadakan program mudik motis untuk menurunkan angka kecelakaan selama periode mudik.

 

Kapan Pendaftaran untuk Program Motis?

Kemenhub sebenarnya memiliki dua opsi mudik motor gratis, yaitu menggunakan kereta api dan kapal laut. Kemudian, pendaftaran mudik motor gratis dari Kemenhub telah dibuka sejak bulan Maret 2023. Untuk pendaftaran mudik motor menggunakan kereta api, para pemudik masih bisa mendaftar karena periode pendaftaran berlangsung mulai 1 Maret hingga 23 Mei 2023.

Sementara itu, untuk mudik motor gratis dengan naik kapal laut, pendaftaran sudah ditutup karena periode pendaftaran berlangsung mulai dari tanggal 23 Maret hingga 7 April 2023.

Keunggulan program Motis.

Keunggulan program Motis. (Sumber: Dephub.go.id)

Syarat Mengikuti Program Motis

Karena pendaftarannya telah ditutup, hanya syarat mudik motor gratis menggunakan kereta api yang dibahas. Berdasarkan informasi dari website resmi DJKA Kemenhub, berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para pemudik yang akan mengikuti program mudik motis 2023:

  • Para peserta mudik gratis harus mendaftar secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id. Atau mereka juga bisa mendaftar langsung di posko pendaftaran yang telah ditunjuk.
  • Para peserta motis harus menyiapkan dokumen pendaftaran seperti KTP, Kartu Keluarga, dan SIM C. Motor yang dibawa harus memiliki kapasitas mesin maksimum 200 cc. Hal ini berlaku untuk satu penumpang. Namun satu motor bisa mendapatkan dua tiket penumpang dengan syarat nama penumpang kedua juga tercantum di KK yang didaftarkan. Atau kasusnya, peserta bisa membeli tiket kedua untuk anak di bawah umur 3 tahun.
  • Para peserta yang berhasil mendaftar online harus melakukan verifikasi di posko sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih saat mendaftar.
  • Para peserta yang hanya mendaftarkan sepeda motor harus menunjukkan bukti moda transportasi lainnya untuk mudik.
  • Sepeda motor yang akan diangkut harus diserahkan H-1 sebelum tanggal keberangkatan sepeda motor.
  • Para peserta mudik gratis harus menunjukkan KTP dan bukti pendaftaran saat melakukan verifikasi di posko.
  • Para peserta motis akan dikenakan biaya parkir sepeda motor, baik itu di stasiun penyerahan maupun di stasiun tujuan.
  • Helm dan kaca spion tidak boleh dititipkan.
  • Para peserta harus mengosongkan bahan bakar sepeda motor saat menyerahkan kendaraan.
  • Ketika peserta menyerahkan kendaraan, petugas akan memberikan kode booking tiket kereta api.
  • Para peserta tidak diperbolehkan memberikan tip bagi petugas.
  • Para peserta wajib mematuhi peraturan yang berlaku.
  • Para peserta yang mendaftar mudik motis harus sudah menerima vaksin booster.

 

 

Sumber: DJKA Kemenhub

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Salah satu bagian penting pada sepeda motor adalah Fuel Pump, di mana masalah pada komponen itu dapat mempengaruhi performa. Autos.id – Fuel Pump atau...

Aksesoris

Last updated on 22 Mei, 2023 Quick Shifter menjadi semakin populer bagi kalangan pecinta sepeda motor, lalu apa fungsi sebenarnya? Autos.id – Quick Shifter...

Daftar Harga Motor

Last updated on 26 Mei, 2023 Masyarakat Indonesia tidak asing dengan merek sepeda motor Ducati, yang dikenal memiliki performa tinggi. Autos.id – Ducati adalah...

Royal Enfield

Royal Enfield menjadi pesaing serius merek-merek sepeda motor terkenal lainnya dengan segmentasi yang sama. Autos.id – Royal Enfield adalah merek sepeda motor asal Inggris...