Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mengenal Lebih Dekat Generasi Terbaru Suzuki SX4 S-Cross

Mengenal Lebih Dekat Generasi Terbaru Suzuki SX4 S-Cross

Last updated on 2 Desember, 2021

Generasi terbaru Suzuki SX4 S-Cross ini merupakan generasi ketiga dari mobil yang menjadi trendsetter mobil compact crossover, yang generasi pertamanya hadir pada tahun 2008.

Autos.id –  Beberapa hari lalu, Suzuki global baru saja meluncurkan generasi terbaru mobil pionir kelas crossover, yaitu SX4 S-Cross. Mobil ini sudah memasuki generasi ketiga dengan beberapa ubahan secara menyeluruh baik dari desain, teknologi, mesin, dan fitur-fiturnya. Mobil ini nantinya akan bersaing dengan beberapa nama tenar lainnya seperti Honda HR-V terbaru, Mazda CX-3, maupun beberapa rival dari Korea seperti Kia Seltos dan Hyundai Kona.

Suzuki SX-4 Scross generasi terbaru ini melakukan debutnya untuk pasar Eropa, dimana mobil ini termasuk salah satu yang cukup populer di benua biru tersebut. Di Eropa, mobil ini dirakit di Hungaria.

New SX4 S-Cross

Desain Berubah Total

Karena ini merupakan generasi terbaru jelas dari segi desain mengalami ubahan yang cukup signifikan. Bagian depan menggunakan grill yang kurang lebih mirip dengan Suzuki XL7 dengan lis chrome menyambung dari lampu kiri ke kanan. Untuk lampu sendiri sudah menggunakan lampu full LED, baik lampu utama, fog lamp, serta DRL-nya.

Beralih kebagian samping tidak terlihat perbedaan yang cukup signifikan. Tapi bila melihat lebih jeli, jendela di pilar C mengalami perubahan meskipun sama-sama menggunakan kaca segitiga. Bila di generasi sebelumnya, bagian lancipnya berada di bagian atas, maka di generasi terbaru ini bagian lancip pada kaca pilar C berada di bawah.

Baca juga: Suzuki XL7 Dan Karimun Wagon R Digandrungi Di Luar Negeri

Suzuki S-Cross

Berbicara mengenai dimensi, mobil ini masuk kekelas Compact Crossover yang artinya akan melawan beberapa nama yang juga sudah meluncurkan generasi terbarunya. Misalnya Honda HR-V atau Vezzel terbaru, Nissan Kicks, Mazda CX-3, Chevrolet Trax, Kia Seltos, Hyundai Kona, dan lain-lain. Mobil ini memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.785 mm, tinggi 1.585 mm, dan wheelbase 2.600 mm.

Beralih kebagian belakang, mobil ini juga memiliki beberapa ubahan yang membuatnya jadi jauh lebih fresh. Dengan beberapa lekukan yang kini terlihat kekar dan mengotak dibandingkan yang agak membulat di generasi sebelumnya. Mobil ini seakan ingin menunjukan kesan crossover atau SUV dengan pantat belakang yang terlihat lebih macho.

Nah berlanjut kebagian dalam, interior mobil ini juga mengalami perubahan yang sangat signifikan. Tapi meskipun begitu, ada 1 item yang tidak berubah dari generasi sebelumnya yaitu desain stir. Karena stir yang digunakan masih berasal dari SX-4 yang lama atau juga Swift dan Baleno lama. Tetapi sisanya sudah menggunakan layout desain dashboard baru.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Suzuki November 2021

Interior mobil Suzuki

Fitur Lebih Lengkap

Mobil ini sudah menggunakan layout Head Unit Floating yang sudah terhubung dengan Apple Carplay dan Android Auto. Serta untuk Speedometer memang tidak full digital tetapi sudah memiliki MID full colour yang menampilkan banyak setting seputar mobil. Sayangnya, ssaat beberapa rival sudah menggunakan rem parkir elektrik, mobil ini masih menggunakan rem tangan mekanikal.

Meskipun begitu untuk urusan fitur safety, mobil ini juga sudah tergolong sangat komplit. Bahkan fitur safety active juga sudah menjadi standar untuk spek Eropa. Mulai dari forward collision warning, auto braking, lane departure warning, blind spot monitoring, serta adaptive cruise control juga sudah menjadi standar.

Dan untuk versi Eropa, mobil ini hadir dalam versi AllGrip atau penggerak 4 roda dengan dial pengaturan 4WD di sebelah rem tangan dengan sistem seperti shift on the fly. Dan tak ketinggalan mobil ini memiliki mode berkendara serta mode traksi untuk melewati berbagai medan dan kontur jalan. Mobil ini siap untuk diajak berpetualang ke daerah dengan berbagai kondisi jalan.

Baca juga: Kiat Menghindari Mobil Terbakar Ala Suzuki

Mobil SX4 S-Cross

Mesin Mild Hybrid

Mengenai dapur pacu, SX4 S-Cross terbaru menggunakan mesin 1.400 cc, 4 silinder turbo dengan mild hybrid yang bernama Suzuki sebagai SHVS 48V atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Dari mesin konvensional menghasilkan tenaga 127 Hp di 5.500 rpm dan torsi 235 Nm di 2.000 hingga 3.000 rpm. Serta tidak ketinggalan dari motor listrik kecil dengan tambahan tenaga 13,3 Hp dan torsi 50 Nm. Pilihan transmisinya sendiri yaitu 6-speed manual dan 6-speed automatic torque converter.

Belum tahu kapan SX4 S-Cross akan masuk ke Indonesia, karena SX4 yang saat ini dijual merupakan CBU India. Tetapi apabila Maruti Suzuki sudah melaunching generasi terbarunya nanti, tidak menutup kemungkinan SX4 terbaru ini akan segera masuk Indonesia dengan skema CBU dari India tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Dengan begitu, Suzuki SX4 S-Cross yang sudah diproduksi sejak tahun 2015 di India resmi dihentikan dan digantikan posisinya oleh Grand Vitara. Autos.id – Semenjak...

Berita Otomotif

New Suzuki SX4 S-Cross diluncurkan di Jakarta, harganya Rp 256.000.000 untuk varian transmisi manual dan Rp 268.850.00 untuk varian transmisi otomatis. Jakarta, Autos.id –...

Berita Otomotif

Suzuki SX4 S-Cross facelift diprediksi sudah siap untuk diluncurkan, karena keberadaannya sudah ada di Indonesia. Lantas berapa harga facelift dari SX4 S-Cross ini? Jakarta,...

Suzuki

Servis Gratis Suzuki SX4 merupakan program purna jual dari Suzuki Indonesia yang menggandeng dealer Suzuki di Makassar, Sulawesi Selatan. Makassar, Autos.id – PT. Suzuki...