Kemungkinan besar varian mesin rotary di Mazda CX-30 akan segera hadir setidaknya di pasar Amerika Serikat pada tahun 2023.
Autos.id – Mazda akhirnya melakukan sebuah langka revolusioner pada salah satu produknya, MX-30. Crossover yang satu akan menghadirkan varian dengan mesin rotary dengan model range-extending pada tahun 2023 mendatang. Yang menarik mesin rotary untuk MX-30 ini tidak akan berfungsi sebagai pemberi daya dan tenaga untuk roda mobil tersebut.
Nantinya Mazda MX-30 dengan mesin Rotary ini akan dihadirkan pada varian Plug-In Hybrid dan berfungsi sebagai pembantu motor listrik dari mobil tersebut.
Sudah Melalui Serangkaian Uji Coba
Langkah yang di lakukan oleh Mazda ini juga sudah melalui serangkaian uji coba yang sangat ketat sehingga terciptalah MX-30 dengan mesin rotary. Salah satu pengujian terpentingnya adalah seperti kesalahan dalam start mesin untuk mengetahui kemampuan serta kecocokan mesin rotary ini dengan motor listrik yang terpasang di dalam mobil.
Rencananya varian MX-30 dengan mesin rotary ini akan debut pada tahun fiscal Mazda saat ini. Bila melihat dari tahun fiscal dari Mazda, maka akan berakhir pada 31 Maret 2023. Artinya sekitar Maret atau April ini, Mazda akan segera meluncurkan varian dengan mesin rotary ini setidaknya untuk pasar Amerika Serikat.
Dalam sebuah wawancara yang dilakukan Motor1 kepada pihak Mazda, mereka menyebutkan bahwa nantinya MX-30 lebih masuk akal untuk dijual di Amerika Serikat. “Kami sejauh ini belum mau berbicara banyak mengenai kemungkinan MX-30 di pasar lain, namun untuk pasar Amerika Serikat, varian rotary ini memang sudah kami siapkan dengan standar regulasi yang lebih memungkinkan”, ujar pihak Mazda.
Mazda sendiri memang sudah mencanangkan untuk segera menghadirkan varian MX-30 dengan mesin rotary range extender ini. Seperti yang di beritakan Automotive News, fungsi range extender pada varian PHEV ini tidak akan langsung menggerakan rodanya. Nantinya mesin rotary ini akan mengisi ulang baterai mobil ini yang nantinya akan meberi daya pada motor listrik.
Namun mesin rotary sebagai range extender ini hanya bisa digunakan sejauh 161 km saat mesin rotary full mati. Mazda sendiri merupakan salah satu pabrikan yang mempelopori pembuatan mesin rotary. Namun seiring regulasi dan penjualan yang terus menurun membuat Mazda mulai menghentikan produksi mesin rotary pada era 2000an.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.