Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Mazda MX-30 Bermesin Rotary Akan Hadir Tahun Depan

Mazda MX-30 Bermesin Rotary Akan Hadir Pada Tahun 2023 Mendatang

Kemungkinan besar varian mesin rotary di Mazda CX-30 akan segera hadir setidaknya di pasar Amerika Serikat pada tahun 2023.

Autos.id  –  Mazda akhirnya melakukan sebuah langka revolusioner pada salah satu produknya, MX-30. Crossover yang satu akan menghadirkan varian dengan mesin rotary dengan model range-extending pada tahun 2023 mendatang. Yang menarik mesin rotary untuk MX-30 ini tidak akan berfungsi sebagai pemberi daya dan tenaga untuk roda mobil tersebut.

Nantinya Mazda MX-30 dengan mesin Rotary ini akan dihadirkan pada varian Plug-In Hybrid dan berfungsi sebagai pembantu motor listrik dari mobil tersebut.

Mazda MX-30 Bermesin Rotary Akan Hadir Pada Tahun 2023 Mendatang

Sudah Melalui Serangkaian Uji Coba

Langkah yang di lakukan oleh Mazda ini juga sudah melalui serangkaian uji coba yang sangat ketat sehingga terciptalah MX-30 dengan mesin rotary. Salah satu pengujian terpentingnya adalah seperti kesalahan dalam start mesin untuk mengetahui kemampuan serta kecocokan mesin rotary ini dengan motor listrik yang terpasang di dalam mobil.

Rencananya varian MX-30 dengan mesin rotary ini akan debut pada tahun fiscal Mazda saat ini. Bila melihat dari tahun fiscal dari Mazda, maka akan berakhir pada 31 Maret 2023. Artinya sekitar Maret atau April ini, Mazda akan segera meluncurkan varian dengan mesin rotary ini setidaknya untuk pasar Amerika Serikat.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan Motor1 kepada pihak Mazda, mereka menyebutkan bahwa nantinya MX-30 lebih masuk akal untuk dijual di Amerika Serikat. “Kami sejauh ini belum mau berbicara banyak mengenai kemungkinan MX-30 di pasar lain, namun untuk pasar Amerika Serikat, varian rotary ini memang sudah kami siapkan dengan standar regulasi yang lebih memungkinkan”, ujar pihak Mazda.

Mazda MX-30 Bermesin Rotary Akan Hadir Pada Tahun 2023 Mendatang

Mazda sendiri memang sudah mencanangkan untuk segera menghadirkan varian MX-30 dengan mesin rotary range extender ini. Seperti yang di beritakan Automotive News, fungsi range extender pada varian PHEV ini tidak akan langsung menggerakan rodanya. Nantinya mesin rotary ini akan mengisi ulang baterai mobil ini yang nantinya akan meberi daya pada motor listrik.

Namun mesin rotary sebagai range extender ini hanya bisa digunakan sejauh 161 km saat mesin rotary full mati. Mazda sendiri merupakan salah satu pabrikan yang mempelopori pembuatan mesin rotary. Namun seiring regulasi dan penjualan yang terus menurun membuat Mazda mulai menghentikan produksi mesin rotary pada era 2000an.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Sebelum meraih hasil bintang 5 dalam crash test NHTSA Amerika Serikat, Mazda MX-30 juga meraih rating bintang 5 dalam crash test Euro NCAP. Autos.id...

Berita Otomotif

Mesin rotary yang akan dilahirkan kembali oleh Mazda yang diklaim lebih canggih dan ramah lingkungan. Autos.id – Berbicara mengenai mesin rotary atau rotary engine,...

Berita Otomotif

Mazda Motor Corporation memperkenalkan mobil listrik pertamanya yang diproduksi secara massal, yaitu Mazda MX-30 di Tokyo Motor Show 2019.  Hiroshima, Autos.id  – Sebagai tambahan...

Berita Otomotif

Mesin rotary Mazda pada 30 Mei 2017 tepat digunakan untuk ke-50 tahun, sejak pertama kali diciptakan ahli mesin Jerman, Felix Wankel pada tahun 1924....