Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Kurangi CO2, BMW Group Akan Menggunakan Velg Ramah Lingkungan

Mengurangi CO2, BMW Group Akan Menggunakan Velg Ramah Lingkungan

Nantinya sebagian besar mobil-mobil BMW Group baik itu BMW dan Mini akan menggunakan velg berbahan ramah lingkungan ini setidaknya mulai tahun 2024 mendatang.

Autos.id  –  BMW Group nampaknya mulai sadar akan isu lingkungan yang semakin menjadi perhatian. Selain terus mengembangkan berbagai model mobil ramah lingkungan dan rendah emisi, BMW juga melakukan sebuah terobosan untuk bisa mengurangi CO2. Salah satu langkah yang di lakukan oleh BMW Group adalah menggunakan velg berbahan ramah lingkungan untuk beberapa produk mereka.

Artinya produk-produk BMW mendatang akan menggunakan bahan daur ulang yang jauh lebih ramah lingkungan serta mengurangi CO2.

Mengurangi CO2, BMW Group Akan Menggunakan Velg Ramah Lingkungan

BMW i4

Rencana Penggunaan Velg Ramah Lingkungan

Seperti yang di beritakan oleh Thedrive.com pada Rabu (13/4/2022), rencana BMW dalam menggunakan velg berbahan daur ulang yang ramah lingkungan ini akan mulai di lakukan pada tahun 2024 mendatang. Selama ini, BMW Group memproduksi hingga 10 juta velg setiap tahunnya. Dalam produksi velg ini, BMW Group menggunakan bahan alumunium hingga 95%.

BMW Group menyebut bahwa penggunaan bahan alumunium selama ini menyumbang 5% CO2. Meskipun tidak terlalu signifikan, tetapi menurut BMW masih memberikan dampak lingkungan kurang baik ditengah krisis energi yang terjadi saat ini. Selain itu BMW Group menyebut bahwa untuk ramah lingungannya akan bersifat daur ulang.

Meskipun akan menggunakan daur ulang, pada dasarnya, bahan alumunium masih akan menjadi bahan baku utama velg dari BMW Group. Meskipun begitu, BMW Group menyebut alumunium yang digunakan bisa lebih bersifat berkelanjutan. Dengan penggunaan material tersebut, BMW Group mengklaim bisa mengurangi emisi hingga 500.000 ton CO2 setiap tahunnya.

Mengurangi CO2, BMW Group Akan Menggunakan Velg Ramah Lingkungan

Mini Countryman 2023

BMW Group sendiri menyebut bahwa mobil pertama yang akan menggunakan velg alumunium ramah lingkungan tersebut bukanlah BMW i4. BMW Group akan memperkenalkan velg ramah lingkungan tersebut pada Mini Countryman generasi terbaru. Nantinya mobil ini akan menggunakan velg dari 70% alumunium pada awal pembuatannya.

Setelah diproduksi, velg tersebut juga akan dilapisi dengan bahan yang lebih ramah lingkungan dan mayoritas menggunakan bahan daur ulang. Nantinya setelah itu, beberapa produk BMW Group baik itu BMW dan Mini akan menggunakan velg berbahan ramah lingkunga tersebut. Selama ini BMW juga menggunakan opsi velg dengan bahan yang memanfaatkan energi cahaya matahari dalam proses produksi yang berasal dari Arab Saudi.

Meskipun begitu, BMW belum mau memberikan gambaran secara pasti bagaimana kualitas serta keuntungan velg berbahan ramah lingkungan dari segi performa mobil secara keseluruhan. Menarik untuk di tunggu bagaimana vleg ramah lingkungan dari BMW Group ini akan segera beredar di berbagai mobil BMW Group.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Platform Neu Klasse dari BMW ini nantinya hanya dikhususkan untuk mobil listrik dengan target awal untuk mobil segmen kelas menengah. Autos.id  –  Pabrikan premium...

Mobil

Trend mobil listrik yang akan terjadi beberapa tahun mendatang tidak membuat BMW yakin bahwa mobil dengan teknologi mesin konvensional langsung hilang. Autos.id – Trend...

Mobil

Meskipun ditengah banyaknya krisis yang terjadi, BMW tetap yakin serta memprioritaskan produksi mobil-mobil listrik sebagai persiapan menuju produksi mobil listrik secara sepenuhnya. Autos.id – ...

Berita Otomotif

BMW i3 Carbon Edition merupakan persembahan khusus BMW untuk konsumennya di Belanda, mobil ini menggunakan atribut tambahan yang dibuat spesial. Belanda, Autos.id – BMW...