Berita Otomotif

“Seltos”, Nama SUV Segmen–B Terbaru KIA

Crossover atau compat SUV KIA akhirnya punya nama yang menjadi kembaran dari Hyundai Kona

Autos.id  – Selama beberapa bulan belakangan terus beredar kabar bahwa KIA tengah mempersiapkan SUV B-segment atau crossover baru yang dinamai SP2i. Kini mobil itu akhirnya punya nama, yakni KIA Seltos.

Belum lama ini, wujud asli crossover itu tertangkap kamera saat melakukan syuting iklan, Berdasarkan ukuran, mobil itu sepertinya bakal mengisi segmen di bawah Sportage dan di atas Soul.

PROYEK KERJA SAMA

Desainnya sendiri hampir sama dengan SP Signature concept, yang dipamerkan saat Seoul Motor Show 2019. Walau memang ada sedikit penyesuaian sebagai produk massal. Kabarnya, mobil ini masih merupakan proyek kerja sama dengan Hyundai, dan basisnya adalah Kona yang sudah diluncurkan di IIMS 2019 lalu.

Kia Siapkan SUV Penantang Hyundai Creta

Kata Seltos berasal dari Celtus, salah satu dewa Yunani. KIA menyatakan bahwa Celtus yang merupakan putra dari Hercules merepresentasikan keberanian dan ketegasan.

Pabrikan asal Korea Selatan itu juga menyatakan bahwa nama ini mampu mewakili desain yang mereka terapkan pada mobil tersebut, yaitu sporty, praktis, dan canggih.

Berdasarkan spyshot yang beredar, desain KIA Seltos nampak mirip dengan sketsanya. Mobil ini memiliki LED headlight pipih yang dipadu grille tiger-nose khas KIA, serta bumper beraura agresif.

Tampilannya juga gagah berkat bumper belakang yang lebih tinggi. Di bawahnya terpasang sepasang knalpot yang terpisah di kanan dan kiri. Diprediksi kabinnya memiliki konfigurasi 5-kursi dengan dashboard canggih khas KIA.

MESIN BELUM JELAS

Sayang, tidak ada foto jelas terkait interior. Tapi berdasarkan sketsa yang pernah dirilis, KIA mengaplikasikan desain elegan dengan perpaduan hitam dan coklat pada kabin.

Diperkirakan berbagai fitur dibenamkan untuk menunjang pengalaman berkendara seperti layar sentuh besar dengan koneksi Apple Carplay dan Android Auto, kamera 360 derajat, pengisi daya nirkabel dan in-car WiFi, head-up display dan sensor parkir.

Mesin KIA Seltos juga belum jelas. Ada kemungkinan disediakan dua pilihan mesin, 2,0-liter natural aspirated dan 1,6-liter turbocharged yang juga dipakai Soul dan Forte. Untuk model konvensional mampu menghasilkan tenaga 149 PS dan torsi 178 Nm yang berpadu CVT (Continuously Variable Transmission).

Sedangkan mesin turbo menyemburkan 203 PS dan momen puntir 264 Nm, yang disalurkan ke roda melalui Dual Clutch Transmission (DCT).

B-Class, Compact Car Ideal dari Mercedes-Benz yang Kian Canggih

KIA berencana akan memperkenalkan Seltos pertama kali di India pertengahan bulan ini yang diprediksiikan dengan harga Rp 200–350 juta.

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top