Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Ketika Nissan Bluebird Era 80an Disulap Menjadi Mobil Listrik, Inilah Hasilnya!

Mobil Nissan Bluebird Era 80an Disulap Menjadi Mobil Listrik, Inilah Hasilnya

Proyek dari Nissan Britania Raya sekaligus merupakan langkah Nissan dalam memperkenalkan mobil dengan teknologi listrik menjadi semakin luas.

Autos.id – Bagi anda para Petrol Head generasi lama pasti tidak asing dengan Nissan Bluebird. Mobil ini merupakan sebuah sedan yang cukup populer pada era 1980an. Baru-baru ini, Nissan Britania Raya membuat sebuah proyek yang cukup unik. Mereka membuat Nissan Bluebird yang sejatinya merupakan mobil klasik disulap dan menggunakan mesin listrik.

Mesin listrik yang dimasukan kedalam Nissan Bluebird ini menggunakan mesin Nissan Leaf terabru. Dimana proyek ini menyambut 35 tahun Nissan memproduksi kendaraan dipabrik Sunderland Plant.

Proyek Nissan Newbird

Nissan sendiri menyebut proyek menyulap Nissan Bluebird ini menjadi mobil listrik tersebut dengan nama “Newbird”. Seperti yang dilansir dari Top Gear, proyek mobil klasik yang disulap menjadi mobil listrik ini dilakukan Nissan bersama dengan Kinghrorn Electric Vehicles. Dimana perusahaan tersebut sudah berpengalaman dalam melakukan modifikasi serta konversi mobil tua yang diberi baterai listrik.

Mobil Nissan Bluebird Era 80an Disulap Menjadi Mobil Listrik, Inilah Hasilnya

 

Nantinya didalam mobil Nissan Bluebird ini, akan ditempatkan baterai berkapasitas 40kwh pada bagian dasar Nissan Bluebird tahun 80an tersebut. Dimana nantinya juga tempat untuk mengisi daya mobil ini diletakan ditempat yang sebelumnya merupakan tangka untuk mengisi bahan bakar. Hal ini dipilih agar masih terasa seperti membawa mobil bermesin konevnsional pada umumnya.

Hal menariknya berikut dalam perombakan mobil ini menjadi mobil listrik adalah pada bagian instrumen klusternya. Karena yang sebelumnya ada indicator bensin sekarang berubah menjadi indicator baterai. Dan juga semua perangkat dimobil ini serba elektronik, mulai dari pengereman, power stearing, fitur penghangat hingga suspensi.

 

Klaim Dari Nissan

Menurut pihak Nissan Britania Raya, Nissan Bluebird konversi menjadi mobil listrik ini melaju 0 hingga 100 km/jam kurang dari 15 detik saja. Serta dengan penggunaan baterai 40 kwh pada mobil ini, Nissan Bluebird dengan teknologi listrik ini bisa berjalan sejauh 209 km ketika baterai sedang terisi penuh.

Mobil Nissan Bluebird Era 80an Disulap Menjadi Mobil Listrik, Inilah Hasilnya

Menurut salah satu anggota Kinghorn Electric Vehicles, George Kinghorn menyebutkan bahwa dalam mengubah mobil klasik dan tua seperti Nissan Bluebird ini menjadi moil listrik tidak hanya membuat menjadi lebih ikonik saja. Tetapi George menambahkan bahwa mobil ini akan semakin menyenangkan untuk dikendarai serta akan bebas dari emisi gas buang yang pastinya ramah lingkungan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Rencananya Nissan LEAF akan digantikan dengan sebuah produk mobil listrik baru yang menggunakan body crossover serta penggunaan platform terbaru khusus untuk mobil listrik. Autos.id...

Mobil

Sebagian besar wilayah Asia dan Oseania masih berada dalam tingkat kualitas udara yang ‘tidak sehat’. Bangkok, Autos.id  –  Di Asia dan Oseania, sekitar empat...

Berita Otomotif

Nissan menghadirkan pengalaman berbeda di pameran kendaraan listrik pertama di Indonesia dengan memperkenalkan Nissan LEAF, kendaraan listrik terlaris di dunia, dan teknologi e-POWER yang...

Mobil

Tidak mau kalah dengan mobil yang masih menggunakan mesin konvensional, sekarang mobil full elektrik juga telah terbagi ke dalam beberapa varian. Salah satu mobil...