Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Kelemahan Fitur Adaptive Cruise Control Yang Perlu Anda Ketahui

Kelemahan Fitur Adaptive Cruise Control Yang Perlu Anda Ketahui

Last updated on 14 Juni, 2023

Penggunaan fitur Adaptive Cruise Control tentu membutuhkan penggunaan yang pas dan di gunakan dengan bijak serta tidak membahayakan pengendara lainnya.

Autos.id – Di beberapa mobil kekinian sudah banyak di sematkan fitur Adaptive Cruise Control. Fitur ini biasanya termasuk ke dalam sistem radar mobil yang bisa deteksi jarak dengan kendaraan lain tanpa perlu menginjak gas dan rem. Sehingga fitur ini termasuk sangat memudahkan ketika berkendara. Meskipun begitu, ternyata fitur Adaptive Cruise Control memiliki beberapa kelemahan yang perlu Anda perhatikan dengan baik.

Kelemahan Fitur Adaptive Cruise Control Yang Perlu Anda Ketahui

Apa Saja Kelemahan Adaptive Cruise Control?

Karena ketika Anda menggunakan fitur ini tidak sesuai dengan peruntukan, justru akan berbahaya bagi keselamatan Anda maupun pengendara lain di jalan. Kali ini Autos.id akan menjelaskan kepada Anda beberapa kelemahan dari fitur Adaptive Cruise Control yang perlu Anda ketahui berikut ini.

1. Kelemahan Saat Melewati Terowongan

Salah satu kelemahan dari Adaptive Cruise Control adalah ketika melewati terowongan. Biasanya saat melewati terowongan akan menghadapi kondisi terang dan gelap secara berulang.

Alhasil ketika melewati kondisi tersebut, kamera atau radar akan sulit mendeteksi objek karena tidak konsistennya cahaya yang akan mendeteksi objek sekitar mobil tersebut. Sehingga sering kali Adaptive Cruise Control tiba-tiba sering salah mendeteksi suatu objek.

2. Kondisi Saat Cuaca Berkabut Dan Hujan

Kelemahan lain fitur Adaptive Cruise Control adalah tergolong sulit mendeteksi objek saat terjadi cuaca berkabut dan hujan. Terlebih bila Adaptive Cruise Control ini hanya mengandalkan kamera yang sering salah mendeteksi objek.

Serta di kondisi cuaca berkabut hingga hujan ini, radar atau kamera ini akan tertutup air atau kabut yang jelas akan mengurangi visibiltas dan sulit menangkap objek yang seharusnya mudah terlihat.

3. Kendali Sepenuhnya Tetap di Tangan Anda

Hal yang satu ini terkadang sering disepelekan, karena meskipun Adaptive Cruise Control bisa membantu banyak, nyatanya kendali atas mobil yang Anda kendarai tetap di tangan Anda.

Sehingga jangan coba-coba untuk melepaskan stir dan hilangkan fokus Anda ketika berkendara. Karena pada dasarnya Adaptive Cruise Control hanya bersifat membantu bukan menggantikan peran Anda untuk mengemudi.

Baca juga: Ternyata Inilah Arti Indikator Dashboard Pada Mobil

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Chery

Last updated on 6 Mei, 2023 Chery OMODA 5 menjadi medium SUV yang diminati di Indonesia. Jakarta, Autos.id  –  Salah satu buktinya, Chery OMODA...

Tips

Saat bulan puasa, pada momen tertentu jalanan lengang justru bisa jadi ‘tantangan’. Autos.id – Berkendara saat jalanan lengang seharusnya tidak dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk...

Berita Otomotif

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu terbaru menghasilkan dua mobil kembar yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Jakarta, Autos.id  –  Mobil Toyota Raize terbaru telah hadir...

Tips

Last updated on 12 Desember, 2018 Dalam aktivitas berkendara, pastinya kita cukup sering menemui jalan yang menikung alias tikungan. Karena jalanannya tidak lurus, maka...

error: Content is protected !!