Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Inilah Hasil Crash Test Euro NCAP Pada Honda HR-V Generasi Terbaru

Inilah Hasil Crash Test Euro NCAP Pada Honda HR-V Generasi Terbaru

Secara keseluruhan , Honda HR-V meraih rating yang tergolong baik yaitu bintang 4 dengan beberapa catatan penting mengenai safety mobil ini.

Autos.id – Baru-baru ini, Euro NCAP baru saja melakukan uji tabrak pada salah satu mobil compact crossover ternama dari Jepang, Honda HR-V atau yang dikenal juga dengan Honda Vezel. Dalam uji tabrak atau crash test yang sudah dilakukan oleh Euro NCAP ini, Honda HR-V meraih rating 4 bintang dari maksimal 5 bintang yang bisa didapatkan.

Dalam crash test tersebut, pihak Euro NCAP memberikan beberapa catatan penting dalam safety Honda HR-V generasi terbaru ini.

Parameter Penilaian Yang Dihimpun

Dalam crash test atau uji tabrak ini, ada beberapa parameter penilaian yang di lakukan oleh Euro NCAP pada Honda HR-V generasi terbaru ini. Penilaian pertama adalah uji keselamatan penumpang dewasa. Dalam tes tersebut, Honda HR-V meraih poin 31,3% alias mendapat presentase 82% yang artinya masih dalam batas toleransi.

Inilah Hasil Crash Test Euro NCAP Pada Honda HR-V Generasi Terbaru

Pihak Euro NCAP sendiri menyebut bahwa pada dasarnya Honda HR-V generasi terbaru ini memberikan proteksi yang tergolong baik untuk penumpang dewasa. Namun pihak Euro NCAP memberi sedikit catatan yaitu masih adanya resiko cedera yang cukup serius apabila terjadi kecelakaan. Selain itu catatan berikutnya adalah Honda HR-V terbaru ini belum di lengkapi dengan airbag tengah untuk menahan perpindahan tubuh saat terjadi tabrakan dari samping.

Meskipun begitu beberapa catatan positif diberikan Euro NCAP dari tes keselamatan penumpang dewasa ini. Pihak Euro NCAP menyebut bahwa Honda HR-V generasi terbaru ini sudah di lengkapi dengan Rescue Sheet standar ISO serta Advanced eCall yang menjadi salah satu komponen penting untuk melindungi keselamatan penumpang di dalam mobil.

Penilaian berikutnya yaitu berkaitan dengan keselamatan penumpang anak-anak. Euro NCAP memberikan nilai sebanyak 36,8 poin atau dengan presentase mencapai 75%. Meskipun penilaianya tergolong baik, Euro NCAP memberi sebuah catatan penting yaitu seatbelt belakang mobil ini yang selip dari dummy anak-anak yang mempengaruhi penilaian secara keseluruhan. Pengetesan berikutnya yaitu tes tabrak dari samping. Hasilnya menurut Euro NCAP juga mencatat adanya resiko cedera kepala yang serius untuk penumpang anak-anak.

Inilah Hasil Crash Test Euro NCAP Pada Honda HR-V Generasi Terbaru

Pengetesan berikutnya berakitan dengan tes tabrak untuk orang-orang diskeitar mobil ini, Honda HR-V di berikan nilai 39,1 poin atau resentase 72%. Dalam pengetesan ini, Euro NCAP memberikan catatan yaitu ujung depan mobil ini yang memberikan proteski yang baik untuk para pejalan kaki saat terjadi kecelekaan.

Dan test terakhir yang dilakukan oleh Euro NCAP adalah mencoba Safety Assist pada mobil ini. Honda HR-V sendiri sudah dibekali dengan fitur rader atau fitur safety active yang mereka namakan “Honda Sensing”. Dalam pengetesan fitur Honda Sensing ini, Euro NCAP juga memberikan nilai yang tergolong baik diangak 12,6 poin atau presentase 78%.

Secara keseluruhan, Euro NCAP memberikan rating bintang 4 pada hasil crash test Honda HR-V ini. Meskipun mendapatkan rating yang cukup baik, tetapi beberapa mobil di kelas compact crossover seperti Renault Captur, Volkswagen T-Cross, ataupun Ford Puma masih mendapatkan rating penilaian yang lebih baik dari Honda HR-V terbaru ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Masalah chip semikonduktor diduga menjadi faktor terkuat mengapa inden Honda HR-V di Malaysia bisa mencapai 1 tahun lamanya. Autos.id  –  Selain di Indonesia, generasi...

Reviews

Honda HR-V versi Malaysia hadir dengan versi mesin Hybrid, pilihan mesin yang tidak dihadirkan Honda Prospect Motor untuk HR-V versi Indonesia. Autos.id – Generasi...

Berita Otomotif

Sebelum meraih hasil bintang 5 dalam crash test NHTSA Amerika Serikat, Mazda MX-30 juga meraih rating bintang 5 dalam crash test Euro NCAP. Autos.id...

Berita Otomotif

Di ajang Red Dot Design Awards, Honda sudah memenangkan 9 penghargaan semenjak kemenangan pertamanya di tahun 2001 silam. Autos.id – Salah satu mobil compact...