Mitsubishi

Inilah Asal Muasal Mitsubishi Delica Terlahir

Mitsubishi Delica sempat beredar dan dipasarkan di Indonesia. Namun penjualannya cukup suram dan menyebabkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghentikan penjualannya sejak Juli 2018 lalu

Jakarta, Autos.id  –   Mitsubishi Delica awalnya di jual di Indonesia sejak tahun 2014 lalu. Tetapi karena penjualannya tidak sebagus kendaraan Mitsubishi lainnya, akhirnya mobil ini hanya dipasarkan di Jepang bukan Indonesia.

Delica sendiri sebenarnya sudah hadir sejak puluhan tahun silam, sebagai salah satu minibus andalan keluarga di Indonesia ketika itu. Hanya saja namanya Mitsubishi Colt T120 dengan tipe Delica

Selain Delica, Mitsubishi juga tidak lagi memproduksi Colt T120SS sejak Januari tahun ini. Padahal mobil ini sudah ada sejak 22 tahun lalu, tepatnya mulai dipasarkan tahun 1997 silam.

New BMW X3 sDrive20i, Keseimbangan Antara Fitur dan Fungsionalitas

Untuk mengenang kembali tipe Delica, tidak ada salahnya menyambangi pameran Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pada area Indonesia Classic & Unique Bus terpajang beberapa model klasik puluhan tahun lalu. Minibus-minibus jaman dulu tersebut merupakan milik para kolektor dari komunitas pecinta bus klasik yang ingin mengajak pengunjung sekadar bernostalgia.

Di area alat transportasi klasik, terpajang beberapa varian nenek moyang dari Mitsubishi Delica. Mobil ini dibuat dalam beberapa varian. Untuk Delica T100 yang diproduksi tahun 1969 mengalami perubahan pada tenaga dan mesin menjadi 62 PS (46kW). Disebut Delica Coach karena dapat mengangkut 9 orang penumpang.

Yang cukup menyita perhatian adalah Mitsubishi Delica 75/T 120 lansiran tahun 1974 milik Bambang Legowo. Dengan bodi Tanaking, Mitsubishi Delica ini dibuat dalam beberapa varian.

Ferrari Menangkan 3 Penghargaan iF Design Award

Mitsubishi Delica 75/T 120

Delica klasik lainnya adalah T120 produksi tahun 1974. Nama saat diproduksi adalah Delica dengan model sasis T100. Van dengan genre kendaraan niaga ini dibekali mesin KE44 berkapasitas 1.088cc yang menyemburkan tenaga 58 PS (43kW), dengan kecepatan maksimal 115 km/jam dan daya angkut 600 kg.

Dari beberapa varian Delica jadul yang dipamerkan, barangkali restorasi inilah yang paling menarik. Dimiliki oleh Tri Broto, Varian Delica T120 ala Double Cabin dibuat tahun 1973. Mitsubishi T120 satu ini cukup unik.

Memang bukan dalam bentuk aslinya, melainkan hasil modifikasi dari T120 model generasi awal yang berbentuk coach. Lalu oleh si empunya disulap menjadi kabin ganda.

Selain memamerkan Mitsubishi Delica, ajang Busworld South East Asia 2019 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran tanggal 20-22 Maret 2019 juga memamerkan segala jenis kendaraan truk dan bus. Mulai dari bus jaman dulu hingga yang terbaru dan modern, seperti bemo, oplet, dan juga presiden taxi yang masih berbentuk orisinal.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top