Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Ini Dia Mazda MX-5 Miata Khusus Penyandang Disabilitas

Mazda Menghadirkan MX-5 Miata Dengan Konfigurasi Khusus Untuk Penyandang Disabilitas

Hadirnya konfigurasi khusus pada Mazda MX-5 Miata diharapkan akan memudahkan para penyandang disabilitas untuk tetap bisa mengemudikan mobil ini secara nyaman.

Autos.id – Mazda MX-5 atau yang juga banyak disebut sebagai Mazda Miata merupakan salah satu mobil sport convertible yang sangat populer di dunia. Sudah ada 4 generasi yang hadir pada Roadster legendaris ini dan menjadi salah satu pilihan menarik konsumen mobil sport. Tapi taukah anda bahwa Mazda baru-baru ini menghadirkan edisi khusus MX-5 Miata yang lebih ramah dengan penyandang disabilitas.

Adanya Control Grip atau pegangan kontrol disebeal konsol tengah dekat rem tangan menjadi pembeda utama Mazda MX-5 edisi khusus untuk penyandang disabilitas tersebut.

Mazda Menghadirkan MX-5 Miata Dengan Konfigurasi Khusus Untuk Penyandang Disabilitas

Seperti Ini Cara Kerjanya

Seperti yang dilansir oleh Motor1 pada Kamis (29/9/2022), Mazda MX-5 yang dirancang khusus untuk para penyandang disabilitas ini dibekali dengan sebuah Control Grip. Alat yang satu ini diletakan tepat disebelah rem tangan dan berada persis disebelah pengemudi. Cara kerjanya adalah dengan sang pengemudi akan menarik Control Grip ini untuk mempercepat dan mendorongnya untuk memperlambat laju mobil.

Selain itu dibagian stir terdapat sebuah kenop putar optional yang berfungsi agar pengemudi bisa mengemudikan mobil ini hanya dengan satu tangan saja. Selain itu pada bagian kursi penumpang depan juga didesain sedikit berbeda yang memungkinkan bisa dimuati oleh sebuah kursi roda. Serta tidak ketinggalan ada penutup yang juga berfungsi sebagai penyangga samping yang akan memudahkan keluar masuk mobil.

Mazda Menghadirkan MX-5 Miata Dengan Konfigurasi Khusus Untuk Penyandang Disabilitas

Mazda Miata yang menggunakan konfigurasi khusus ini pada dasarnya masih menggunakan basis dari bentuk body RF Targa. Mobil ini masuk ke kategori Self-Empowered Driving Vehicle yang menggunakan ata kain alias bukan menggunakan atap dari besi seperti Mazda MX-5 Miata lainnya yang saat ini djual ke publik kebanyakan.

Di Jepang sendiri, varian khusus dari Mazda MX-5 Miata Self-Empowerment Driving Vehicle ini diberikan tambahan harga sekitar 339.400 dan 365.900 Yen. Atau kalau dikurskan ke Rupiah maka tambahan harga yang didapatkan adalah disekitar Rp 35,8 jutaan. Selain MX-5 Miata, Mazda juga akan menghadirkan varian serupa pada 2 produk lainnya yaitu MX-30 dan CX-5.

Belum diketahui apakah varian khusus ini juga akan dihadirkan oleh Mazda di Indonesia. Saat ini Mazda MX-5 yang dijual di Indonesia merupakan versi Facelift yang mendapatkan improvement tenaga dari mesin yang sama yaitu 2.000 cc, 4 silinder SkyActiv dengan tenaga 181 Hp dan torsi 205 Nm. Harga Mazda MX-5 saat ini yang dijual di Indonesia adalah diangak Rp 800 jutaan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Modifikasi oleh BBR Miata ini menaikan performa Mazda Mx-5 dengan signifikan. Autos.id – Salah satu mobil sports car dengan harga yang terjangkau serta populasi...

Mobil

Mazda MX-5 generasi terbaru ini bahkan belum akan diluncurkan dalam waktu dekat setidaknya sebelum tahun 2024 mendatang. Autos.id – Bisa dibilang tren otomotif dunia...

Mazda

Eurokars Motor Indonesia kini resmi mulai memasarkan produk-produk Mazda dan juga jaringan purna jualnya, termasuk lima produk terbaru Mazda ini. Jakarta, Autos.id – PT...

Mazda

Last updated on 15 April, 2016 New York, Autos.id – Mazda MX-5 berhasil meraih gelar prestisius, “World Car of the Year 2016” di New...