Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

IIMS 2016 Raih Rekor Baru

IIMS 2016 raih rekor baru dengan jumlah penonton 454.178 orang dan nilai transaksi Rp 2,2 miliar dengan 8.704 kendaraan terjual.

Jakarta, Autos.id – Konsep dan jadwal baru penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) benar-benar berdampak positif. Dalam kurun waktu 11 hari penyelenggaraan IIMS 2016 di JIEexpo Kemayoran, Jakarta, IIMS 2016 raih rekor baru.

Selama 7-17 April 2016, bisnis otomotif nasional langsung terasa menggeliat lagi setelah cenderung lesu dalam tiga bulan pertama 2016. Indikatornya adalah jumlah pengunjung, total transaksi, dan jumlah kendaraan terjual di IIMS tahun ini.

Untuk kali pertama dalam sejarah pameran otomotif nasional, IIMS sebagai pameran terbesar di Indonesia membukukan jumlah penonton 454.178 orang. Melampaui catatan tertinggi pada 2014 di angka 380.000 orang yang juga menjadi target yang sesungguhnya ingin dicapai pada IIMS 2016.

Sementara nilai transaksi yang tadinya ditarget Rp 2 triliun ternyata mampu menyerap nominal Rp 2.271.438.960.000. Angka transaksi itu diperoleh dari penjualan kendaraan bermotor sebanyak  8.704 kendaraan, terdiri dari  8.156 unit kendaraan roda empat dan 548 sepeda motor.

“Untuk kali pertama dalam sejarah IIMS, tahun ini membukukan jumlah penonton 454.178 orang. Sementara nilai transaksi yang tadinya ditarget Rp 2 triliun ternyata mampu menyerap Rp 2.2 triliun”

Dari data penjualan tiket masuk yang direkap Dyandra Promosindo selaku pemilik event, puncak kepadatan IIMS terjadi pada Sabtu (16/4/2016) dengan catatan 60.348 tiket terjual. Angka tertinggi berikutnya disusul pengunjung pada Minggu (10/4/2016) dengan jumlah 56.788 pengunjung.

Di luar dugaan, hari terakhir (Minggu, 17/4/2016) yang biasanya menjadi puncak kepadatan justru mendatangkan pengunjung sebanyak 53.379 orang. “Faktor cuaca ditengarai penjadi penyebabnya, karena seantero Jabodetabek saat itu diguyur hujan lebat sejak siang hari. Termasuk di area pameran,” kata Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo.

Jumlah Pengunjung Jauh Lebih Banyak dari Tahun Lalu

Jumlah Pengunjung Jauh Lebih Banyak dari Tahun Lalu

Hendra menyebutkan secara keseluruhan, dengan predikan IIMS raih rekor baru membuat event ini terbilang sukses. “Hanya 7 bulan selepas IIMS 2015 lalu, banyak tanda tanya yang menyergap kami jelang edisi 2016. Tapi, seperti beberapa kali saya katakan, banyak hal tak terduga justru terjadi, betul-betul blessing in disguise. Terutama antusiasme peserta pameran yang lebih banyak serta lonjakan pengunjung,” katanya.

Untuk penyelenggaraan tahun depan yang sudah terjadwal pada 27 April – 7 Mei 2017, Hendra menegaskan kalau konsep tersebut akan dipertahankan. Tentunya dengan penguatan di beberapa titik tertentu berdasarkan evaluasi tahun ini. Ia yakin, konsep yang memadukan seluruh elemen dan budaya otomotif itu adalah salah satu kunci sukses penyelenggaraan IIMS 2016.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Chery

Autos.id – Chery Automobile adalah perusahaan otomotif yang berasal dari Republik Rakyat Tiongkok. Perusahaan ini di miliki oleh pemerintah lokal kota Wuhu, provinsi Anhui, Cina. Pada tahun 2009, Chery...

Motor

Autos.id – Dalam rangkaian kegiatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, produsen motor listrik Alva umumkan jalin kerjasamanya bareng ZuttoRide dan Hayaidesu sebagai aksesoris...

Mobil

Penampakan mobil Hyundai Staria hasil kolaborasi dengan Lombardi telah diumumkan di akun Instagram Lombardi Auto Indonesia Autos.id – Siapa yang tak kenal dengan perusahaan yang...

Berita Otomotif

Benelli siap menjadi pesaing langsung Harley-Davidson di pasar Indonesia dengan membawa model baru. Autos.id – Pada gelaran pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS)...

error: Content is protected !!