Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Honda Civic Type R Tetap Akan Dipertahankan Ditengah Era Elektrifikasi

Honda Civic Type R Tetap Akan Dipertahankan Ditengah Era Elektrifikasi

Dipertahankannya Honda Civic Type R ditengah era elektrifikasi menjadi bukti Honda yang tetap berusaha menghadirkan mobil performa tinggi unggulannya.

Autos.id – Di tengah era elektrifikasi yang semakin masif, banyak pabrikan yang menghadirkan produk performa tinggi mulai menghentikan penjualannya. Atau bahkan varian performa tinggi tersebut dialihkan ke versi mobil listrik. Honda sendiri yang memiliki produk Civic Type R masih akan bertahan dengan skema yang selama ini dipakai meskipun era elektrifikasi yang semakin masif.

Honda Civic Type-R juga dianggap sebagai ikon sporty Honda terutama untuk mobil performa tinggi.

Honda Civic Type R Tetap Akan Dipertahankan Ditengah Era Elektrifikasi

Kelanjutan Honda Civic Type R Di Masa Depan

Dalam wawancara yang dilakukan Autocar pada Kamis (15/12/2022), salah satu petinggi Honda, Hideki Kakinuma bahkan menyebut bahwa tanpa Type R, tidak akan ada lagi Honda di masa depan. Kakinuma juga menyebut bahwa Civic Type R sudah menjadi ciri khas Honda di Motorsport.

Meskipun begitu, Kakinuma juga realitis dengan industri otomotif yang menekankan netralitas karbon yang semasif mungkin. “Meskipun Civic Type R masih akan kami pertahankan, namun kami harus mencari alternatif serta solusi agar bisa selaras dengan aturan elektrifikasi serta netralitas karbon tanp mengurangi perfroms yang maksimal”, ujar Kakinuma.

Honda Civic Type R Tetap Akan Dipertahankan Ditengah Era Elektrifikasi

Honda melihat bahwa netralitas karbon dan trend elektrifikasi ini menjadi tantangan bagi Honda untuk model Type R. Kakinuma juga melihat masih ada potensi dan peluang untuk mesin pembakaran yang ramah lingkungan.

Dengan aturan emisi Euro 7 yang akan diterapkan di akhir dekade ini, tetapi Honda masih optimis dengan mesin pembakaran dalam ini. Kakinuma melihat bahwa Type R tidak hanya melulu soal mobil yang kencang dan irit.

Selama memiliki pasar yang bagus, penggunaan teknologi seperti Hybrid hingga Hidrogen masih relevan untuk mobil performa tinggi”, tambah Kakinuma.

Pilihan Honda untuk tetap mempertahankan mobil performa tinggi Civic Type R seperti berbanding terbalik dengan beberapa brand lainnya. Misalnya seperti Ford RS, Renault Sport, serta Peugeot GTI akan dihentikan produksinya untuk berfokus dengan mobil elektrifikasi.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Honda Civic Type R Super GT yang digunakan pada ajang balap Super GT ini baru akan digunakan di tahun 2024 mendatang. Autos.id – Dalam...

Mobil

Autos.id – Civic Type R ini bukan sembarangan. Kebetulan pemiliknya adalah Max Verstappen, sang juara dunia Formula 1. Dengan kilometer mencapai 36 ribu miles...

Mobil

Dengan munculnya Honda Civic Type-R di Vietnam, tidak menutup kemungkinan beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand dan Indonesia bisa mendapatkan Hot Hatchback ini....

Berita Otomotif

Nantinya opsi Honda Civic Type-R dengan mesin Hybrid dan penggerak All-Wheel Drive ini akan menjadi alternatif dari hot hatchback legendaris dari Honda tersebut. Autos.id...