Ferrari

Ferrari P80/C Spesial Yang Hanya Di Produksi Satu Unit

Menciptakan sebuah prototipe konsep baru dan modern pada sebuah mobil sport Ferrari adalah usaha yang ambisius dan kompleks. Akan tetapi, bukan hanya semangat, tetapi juga masukan yang spesifik dari klien.

Maranello, Autos.id  –  Karena itu, Ferrari hanya memproduksi satu unit P80/C yang dibangun di Ferrari Styling Centre, di bawah arahan Flavio Manzoni serta tim teknik dan aerodinamik bekerja sama dengan klien.

Berbagi prinsip-prinsip dan visi, untuk menciptakan sebuah “Hero Car” terbaru dengan jiwa yang benar-benar unik dan otentik.

Klien ini adalah seseorang yang ahli di dalam dunia Ferrari, berasal dari keluarga penggemar dan pengagum Kuda Jingkrak sejak dulu, dan dia sendiri adalah seorang kolektor Ferrari yang cerdas dan berwawasan luas. Dengan demikian dia merupakan mitra yang sempurna dalam proyek menantang seperti ini yang membutuhkan tingkat interaksi yang intensif serta keterlibatan emosional.

Ide dasar dari klien adalah untuk menciptakan sebuah prototipe mobil sport modern yang terinspirasi dari model ikonik dalam sejarah Ferrari, seperti: 330 P3/P4 pada satu bagian dan Dino 206 S tahun 1966 di bagian lainnya.

Baru Tampil Perdana, DFSK Targetkan Glory 560 12 Ribu per Tahun

Dengan demikian, proyek P80/C memberikan Ferrari Styling Centre sebuah target yang ambisius: mengembangkan jenis unit baru yang tidak pernah ada sebelumnya dalam kisaran produk Ferrari saat ini. Sebuah prototipe mobil sport yang terinspirasi dari mobil-mobil yang secara mendasar menghadirkan aturan gayanya sendiri dalam proses menjadi sebuah ikon terkenal.

Neskipun dikenal sebagai mobil-mobil trek namun tetap mempengaruhi keseluruhan seri mobil-mobil jalan raya yang elegan. Contohnya adalah hubungan yang erat antara mobil balap Dino 206 S dengan Dino 206/246 GT. Kedua versi ini memiliki kesamaan DNA meskipun memiliki gaya yang berbeda.

Dimulai pada tahun 2015, proyek P80/C ini memiliki waktu pengerjaan terlama dari seluruh jenis produksi seri spesial edisi terbatas satu unit Ferrari lainnya, namun P80/C sangat berbeda. Keputusan ini dibuat untuk menggunakan kerangka 488 GT3 sebagai dasar, tidak hanya untuk kemampuan kinerja, akan tetapi juga untuk jarak pada rodanya (+ 50 mm dibandingkan dengan 488 GTB).

Sesuai dengan kerangka Ferrari klasik 488 dimana kokpit cenderung ditempatkan di tengah, kerangka GT juga memungkinkan para desainer untuk menekankan efek maju pada bagian belakang yang memanjang, dalam memberikan karakter yang lebih agresif dan padat. Ini merupakan salah satu landasan gaya P80/C dari awal proses pengerjaan desain.

Dari atas mobil, terlihat jelas bodi mobil lebih besar pada bagian roda depan, kemudian menyempit tajam. Rangka ikonik ini juga ditegaskan oleh pilar-pilar C penopang yang terlepas secara fisik dari kabin.

Selain itu, pilar-pilar C juga membungkus corong udara masuk, sedangkan pada sisi lain pilar-pilar juga menonjolkan penurunan yang tajam di antara atap dan permukaan penutup mesin belakang.

Sesuai dengan permintaan klien, mobil ini dirancang dengan dua jiwa: set-up balap, yang mencakup sayap serat karbon yang cukup mencolok dan roda mur tunggal 18″, dan paket lengkap dengan roda 21″ tetapi tanpa aerodinamis pelengkap, untuk menyoroti kemurnian dari bentuknya.

Desain P80/C dibuat untuk secara mudah terlihat jelas. Meskipun seluruhnya terbuat dari serat karbon, hanya bagian dengan fungsi teknis yang ketat dibiarkan kosong, sementara bodi mobil utama telah dicat karakter cerah Rosso Vero. Namanya dipilih oleh klien, membuktikan kesetiaan klien pada mobil Ferrari sport hingga ke pilihan warna.

Bahkan fascia belakang, yang membuat roda gigi berjalan sepenuhnya, terlihat memiliki arsitektur Catamaran-type. Ini memungkinkan bagian dalam diselesaikan tanpa bodywork. Padahal, satu-satunya adalah grille untuk membantu mengevakuasi panas dari ruang mesin. Ruang kiri ditempati oleh diffuser belakang besar yang tampaknya hampir terpisah dari keseluruhan bagian mobil.

Pengunaan kaca belakang yang cekung dan kisi-kisi aluminium pada penutup mesin, mengacu ke 330 P3/P4, memberikan ekor P80/C dapat langsung dikenali dan tampilan yang unik.

Bagian interior sangat mirip dengan mobil asal dengan penyatuan roll cage ke dalam bodywork. Bagian samping dasbor telah dirancang ulang dari versi 488 GT3, seperti halnya kursi dan panel pintu dan yang paling terbaru adalah bagian serat karbon yang tidak memiliki pengaruh pada berat mobil.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top