Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Binter Merzy : Singkat tapi Bermakna

Last updated on 17 November, 2021

Binter Merzy tak lain adalah Kawasaki KZ200 di Jepang. Nasibnya hanya berumur sekitar 6 tahun saja. Walau singkat tetapi sangat membekas di para pecintanya.

Jakarta, Autos.id – Inilah salah satu merk motor yang menjadi saingan dari Yamaha RX-King. Binter Merzy merupakan sebuah classic naked bike 200 cc silinder tunggal yang pertama kali di rakit pada tahun 1980. Nama Binter Merzy tak lain adalah Kawasaki KZ200 (Z200) yang dipasarkan di Jepang mulai tahun 1976.

Nama Binter sendiri dipakai karena perusahaan distributor tunggal pemegang merk yang mengimpor langsung dari Jepang dengan nama PT Bintang Terang Indonesia. Menurut beberapa sumber yang beredar, perusahaan ini merupakan perusahaan yang dimiliki oleh Eddy Tansil. Pertama kali masuk di Indonesia pada tahun 1980 secara build-up.

“Nama Binter sendiri dipakai karena perusahaan distributor tunggal pemegang merk yang mengimpor langsung dari Jepang dengan nama PT Bintang Terang Indonesia”

Binter Merzy

Baca juga: Kisah Cikal Bakal Lahirnya Yamaha RX-King

Binter atau KZ200 merupakan motor dengan basis cruiser. Kawasaki Binter merupakan pelopor motor laki-laki dengan kubikasi besar dikelasnya. Binter sendiri terbagi menjadi dua generasi, mulai dari desain hingga sistem pengapian. Pada awal tahun pembuatannya antara 1980 hingga 1982. Binter Merzy memakai sistem pengapian platina.

Ciri khasnya model tangki mempunyai lekuk sedikit membulat, lampu depan bulat dan lampu belakang kotak. Pada bagian dasbor speedometer tidak ada indikator fuel meter. Model tahun 1982, tidak mengalami perubahan yang signifikan, masih tetap mengusul desain model yang sama dengan produksi sebelumnya.

Pada tahun 1983, Binter melakukan facelift pada bagian lampu sein depan-belakang dengan mengambil bentuk kotak. Dan pada sistem pengapian sudah mulai menerapkan sistem CDI.

Pada sektor dapur pacu, Kawasaki KZ200 membawa mesin 4-tak, 198cc, silinder tunggal, SOHC 2 Valve yang memang dikhususkan untuk penggunaan harian dan sangat handal untuk diajak touring. Dengan mesin berjenis Overbore, power yang dihasilkan oleh mesin “tradisional” ini bisa dibilang gahar.

Baca juga: Kawasaki Z1 Akan Dibangkitkan Lagi

Binter Merzy

Peredaran Binter Merzy alias Kawasaki KZ200 dijalanan Indonesia ini tergolong singkat, yakni hanya sekitar 6 tahun. Pertama beredar tahun 1980 dan mengakhiri perjalanan di Indonesia tahun 1986-an. Hal tersebut bisa terjadi karena ditengarai adanya masalah internal keuangan yang menjalar di PT. Bintang Terang Indonesia. Sehingga menyebabkan distributor tunggal pemegang semua produksi motor tersebut dihentikan peredaran dan produksinya dari jalanan Indonesia.

Mungkin karena terlalu singkatnya umur dari Binter Merzy atau Kawasaki KZ200 banyak kalangan sekarang yang tidak mengetahui atau bahkan melupakan salah satu merk yang pernah lalu lalang di jalanan Indonesia ini. Tetapi bagi para pecinta KZ200 sejati, Kawasaki KZ200 merupakan sosok motor legenda yang harus terus dijaga dari kepunahan, dikarenakan langkanya suku cadang dan onderdil yang tersedia dipasaran.  Meskipun demikian, para pecinta KZ200 tetap setia, merawat dan mempertahanakn walaupun harus memakai kanibal spare part.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Kolaborasi antara Kawasaki dan Adidas menghasilkan sepatu keren dengan warna dominan abu-abu. Autos.id – Kawasaki dan Adidas menjalin kolaborasi menarik dengan hasilkan sebuah sepatu...

Motor

Sepeda motor jenis sport naked memiliki pelanggan setianya tersendiri di Indonesia, baik di kelas 150 cc maupun 250 cc. Autos.id – Motor sport naked...

Motor

Motor jenis trail dan adventure di Indonesia terbilang laris dan memiliki harga beragam dengan spesifikasi unggulan. Autos.id – Jelang akhir tahun 2022, sepeda motor...

Berita Otomotif

Jelang akhir tahun 2022, Kawasaki memamerkan Stockman edisi 2023 ke publik serta spesifikasinya. Autos.id – Stockman edisi terbaru dari Kawasaki resmi dipamerkan, yang mana...