Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Beberapa Mobil Honda Berpotensi Bisa Diretas, Ini Faktanya!

Beberapa Mobil Honda Berpotensi Bisa Diretas, Ini Faktanya!

Adanya kasus peretasan memanfaatkan kunci keyless mobil Honda ini membuat Honda membuka kemungkinan untuk melakukan recall.

Autos.id  –  Sebuah fakta mengejutkan datang dari pabrikan Honda. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Star-V Lab Wesley Lu dan Kevin2600 menemukan sebuah fakta yang mengejutkan bahwa beberapa mobil-mobil dari brand Honda mudah diretas. Bahkan peretasan kepad mobil-mobil Honda ini bisa dilakukan hanya memanfaatkan sinyal radio.

Peretasan yang terjadi pada mobil Honda tersebut berasal dari sistem Keyless Entry yang memiliki sistem yang dianggap kurang baik.

Beberapa Mobil Honda Berpotensi Bisa Diretas, Ini Faktanya!

Honda Civic

Peretasan Memanfaatkan Kunci Keyless

Seperti yang dilansir CarBuzz, Star-V Lab Wesley Li serta Kevin2600 menyebutkan salah satu cara peretasan berasal dari software yang disebut sebagai Rolling Pwn yang akan mengkesploitasi sistem keyless Honda saat mobl dinyalakan. Selain itu dengan mengirimkan kode otentikasi yang tepa tantara mobil dan ket fob melalui sinyal radio memungkin mobil bisa diretas.

Star-V juga mencatat peretasan ini sebenarnya bisa dicegah dengan menggunakan mekanisme rolling-code mobil. Dengan begitu aka nada kode baru pada setiap upata otentikasi key fob dengan metode jarak jauh. Dalam studi ini, beberapa mobil Honda seperti Honda Civic dari tahun 2021, Honda Accord 2020 serta Honda Fit 2022 berhasil diretas.

Beberapa Mobil Honda Berpotensi Bisa Diretas, Ini Faktanya!

Honda Accord

Yang patut diperhatikan, peretasan bisa dilakukan seolah-olah memiliki kunci yang bisa digunkan meskipun orang tersebut tidak membawa kunci mobilnya. Hingga saat ini, pihak Honda sendiri belum memberikan pernyataan resmi mengenai masalah tersebut. Tetapi pihak Honda sendiri membuka kemungkinan untuk melakukan recall pada sistem keyless ini apabila diperlukan.

Kasus peretasan mobil bukanlah hal baru yang terjadi pada pabrikan otomotif. Selain Honda, Tesla juga mengalami masalah yang kurang lebih mirip-mirip. Brand mobil listrik milik Elon Musk ini juga mengalami masalah peretasan yang mirip-mirip dengan penggunaan kunci keyless. Tentunyah al tersebut menjadi kekhawatiran bagi sebagian besar pabrikan otomotif dunia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Bulan Mei ini dibuka dengan libur lebaran yang merupakan kesempatan Anda untuk bertemu dengan sanak keluarga. Jakarta, Autos.id  –  Tentunya, kesempatan libur ini juga...

Mobil

All New Honda Insight dan NSX akan tampil untuk pertama kalinya di kawasan Asia Oceania pada ajang Tokyo Auto Salon 2019 yang berlangsung pada 11 Januari hingga...

Berita Otomotif

PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali memperluas jaringan dealernya di Indonesia melalui pembukaan dealer Honda IBRM Cimahi pada Selasa (18/9) kemarin. Autos.id – Dealer tersebut...

Tips

Last updated on 21 November, 2021 Banyak fitur mobil masa kini yang kehadirannya dapat memberi kemudahan dan kepraktisan buat si pengemudi. Salah satunya adalah...