Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Bajaj Masih Perlukah di Jakarta ?

Last updated on 18 September, 2016

Bajaj merupakan angkutan lingkungan yang hingga saat ini masih dibutuhkan. Namun dibutuhkan peraturan khusus untuk menata transportasi ini.

Jakarta, Autos.id – Angkutan roda tiga atau angkutan lingkungan seperti Bajaj merupakan angkutan pengganti becak yang masih dibutuhkan masyarakat kecil.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI Jakarta tahun 2014 Bajaj BBG 2 tak berjumlah 8183 unit, BBG 4 tak 6697 unit dan Kancil 44 unit. Jumlah ini mempertegas eksistensi kendaraan asal India itu.

“Angkutan lingkungan ini masih sangat dibutuhkan khususnya untuk ibu-ibu yang ke pasar atau mengantar anak”

Terkait dengan eksisnya angkutan roda tiga ini di Jakarta, Darmaningtyas, Ketua Institute for Transportaion Studies (Instran) mengungkapkan saat ini Bajaj masih dibutuhkan masyarakat baik untuk angkutan orang maupun barang berjarak dekat.

Bajaj

Polemik Eksistensi Bajaj di Jakarta

“Angkutan lingkungan ini masih sangat dibutuhkan khususnya untuk ibu-ibu yang ke pasar atau mengantar anak. Hanya saja pemerintah harus punya niat baik untuk meningkatkan kualitasnya,” kata Darmaningtyas saat diskusi bersama FORWOT dengan tema “Menata Transportasi Jakarta Menelisik Peran Angkutan Lingkungan” Studi Kasus Angkutan Roda Tiga, Kamis (15/9/2016).

Kendaraan umum beroda tiga itu, lanjut Darmaningtyas seharusnya mendapat perhatian pemerintah baik secara regulasi maupun peremajaannya karena alat transportasi ini secara hukum merupakan bagian dari transportasi umum. “Pemerintah harusnya memiliki regulasi untuk menatanya dari sisi kualitas layanan maupun inovasinya agar lebih nyaman,” jelas dia.

Bajaj

Diskusi “Menata Transportasi Jakarta Menelisik Peran Angkutan Lingkungan”

Agar mengakomodir kapentingan masyarakat, jelasnya, Bajai perlu dimodifikasi agar bisa digunakan untuk angkutan orang dan barang seperti angkutan serbaguna di Surabaya.

Soal kenyamanan, dia merasa Bajai di Indonesia perlu mencontoh Bajai di India yang saat ini sudah dilengkapi dengan argo, wi-fi, dan model yang lebih modern. Dengan ini, safety dan kenyamanan penumpang Bajai akan lebih terjamin.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Motor

Perusahaan Bajaj memperkenalkan sepeda naked bernama Pulsar N160  dengan menghadirkan dua varian. Autos.id  –  Sepeda naked yang berkapasitas kecil menjadi alternatif yang kuat untuk...

Motor

Kabarnya KTM E-Duke ini akan satu basis dengan motor dari Grup Bajaj Motor International yaitu Husqvarna E-Pilen. Autos.id  – Produsen motor asal Austia, KTM...

Reviews

Last updated on 30 Januari, 2022 Bajaj Dominar 400 Tourer ini merupakan motor yang disiapkan untuk digunakan sebagai motor touring jarak jauh dari Bajaj...

Berita Otomotif

Ganjil genap di Tol Tangerang akan diberlakukan mulai Mei 2018, ini setelah melihat kesuksesan peraturan yang sama di Tol Cikampek untuk menurunkan volume kendaraan...