Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Awas Bahaya Bensin Basi Buat Motor

Bensin Basi

Bensin basi cepat berpengaruh buruk pada motor yang menggunakan karburator sementara untuk motor injeksi biasanya lebih tahan lama.

Jakarta, Autos.id – Istilah bensin basi cukup lumrah bagi para pengguna sepeda motor. Meski demikian banyak yang belum memahami jika bensin basi memiliki pengaruh negatif bagi proses pembakaran dalam mesin.

Mukti Abdul rahman, Technical Training Instructuor PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menjelaskan biasanya kondisi mesin motor terganggu lebih karena faktor eksternal. Seperti bensin yang kotor atau bensin yang basi karena motor terlampau lama tidak digunakan.

“Biasanya kondisi mesin motor terganggu lebih karena faktor eksternal. Seperti bensin yang kotor atau bensin yang basi”

“Bensin atau bahan bakar basi biasanya terjadi karena kontaminasi dengan udara luar seperti penguapan bensin yang menyisahkan butiran air yang akan mengganggu pembakaran atau hilangnya zat aditif akibat bensin rusak,” kata Mukti di Training Center WMS, Jatake, Tangerang, Kamis (18/5/2017).

Tips Kuras Tangki Motor

Copot Tangki dari Bodi Motor untuk Menguras Isi Bensin

Bensin basi, lanjut Mukti cepat berpengaruh buruk pada motor yang menggunakan karburator sementara untuk motor injeksi biasanya lebih tahan lama karena proses kontaminasinya cukup sulit. “Jadi biasanya pada motor karburator proses kontaminasinya lebih cepat biasanya satu bulan bensin sebaiknya dikuras dan diganti dengan yang baru,” tukasnya.

Solusi terbaik mengatasi masalah bensin basi adalah mengurasnya secara keseluruhan mulai dari tangki hingga saluran injeksinya dan paling tepat dilakukan di bengkel. Pengurasan ini sebaiknya dilakukan ketika motor mangkrak dalam jangka waktu sebulan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...