Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Audi Hentikan Produksi Q2 dan A1, Ini Alasannya!

Audi Akan Menghentikan Produksi Q2 dan A1, Ini Alasannya
Audi A3, Mobil Termurah Yang Dijual Audi Di Indonesia

Beberapa faktor yang kurang memberi keuntungan secara finansial membuat Audi memutuskan menghentikam produksi 2 mobil compactnya tersebut.

Autos.id  –  Baru-baru ini, brand asal Jerman Audi akan menghentikan produksi 2 mobil compact mereka yaitu Q2 dan A1. Peraturan emisi yang semakin ketat serta biaya produksi yang semakin mahal serta sulitnya pengembangan mobil dengan internal combustion engine dimasa depan membuat Audi harus menyudahi produksi A1 dan Q2.

Selain itu Audi akan lebih berfokus pada mobil-mobil kelas flagship yang lebih menekankan kesan mobil yang lebih premium.

Ingin Menguatkan Citra Brand Premium

Seperti yang diberitakan Paultan, Chief Executive Officer dari  Audi, Markus Duesmann menyebutkan bahwa Audi ingin lebih menguatkan citra brand mereka dengan produk-produk kelas premium. “Kami ingin menyelaraskan kembali sebagai brand premium dan membatasi rentang model kami di segmen bawah dan memperbanyak produksi untuk segmen kelas atas”, ujar Markus Duesmann.

Audi Akan Menghentikan Produksi Q2 dan A1, Ini Alasannya

Audi A1

Audi Q2 masuk sebagai Subcompact SUV dengan harga terjangkau dari Audi. Mobil ini sudah hadir sejak tahun 2016 silam dan akan memasuki tahun keenam. Versi facelift dari Q2 sudah hadir sejak September 2020. Audi Q2 sendiri berdiri diatas platform MQB untuk mobil subcompact dari Volkswagen Group.

Gengsi Audi Q2 sendiri berada dibawah Q3 yang masuk kekelas compact to medium SUV bersama dengan BMW X1 dan Mercedes-Benz GLA Class. Audi Q2 sendiri memang lebih fokus menyasar pasar Eropa, meskipun ada versi Tiongkok yang memiliki wheelbase lebih Panjang 38 mm dari versi Eropa.

Sedangkan Audi A1  sendiri masuk ke dalam kelas subcompact hatchback dan sudah hadir dalam 2 generasi. Generasi pertama Audi A1 hadir ditahun 2010 dan ditahun 2018 muncul generasi keduanya. Untuk generasi kedua dari Audi A1, hanya tersedia dalam format 5 pintu. Padahal dignerasi pertama Audi A1, mobil ini juga hadir dalam format 3 pintu.

Audi Akan Menghentikan Produksi Q2 dan A1, Ini Alasannya

Audi Q2

Kurang Menguntungkan Secara Finansial

Markus Duesmann juga menyebutkan selain faktor peraturan emisi dan ingin menguatkan citra premium dari  Audi, alasan penghentian produksi A1 dan Q2 karena kedua mobil ini dirasa kurang memberi keuntungan. Terlebih dengan peraturan emisi yang ketat serta penggunaan mesin listrik yang dianggap kurang cocok dengan kedua mobil ini membuat keduanya harus mengakiri kiprahnya.

Yang perlu diketahui, baik Audi A1 maupun Audi Q2 tidak dijual resmi di Indonesia. Mobil termurah yang dijual Audi secara resmi di Indonesia adalah A3 Sportsback. Mobil yang masuk ke kelas premium compact hatchback ini dijual oleh Audi Indonesia dengan harga Rp 678 juta Off The Road Jakarta.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Audi

Last updated on 15 April, 2016 Swiss, Autos.id – Audi Q2 secara resmi rilis di Geneva Motor Show 2016. Dimensinya jauh lebih compact dibanding...

Audi

Last updated on 14 April, 2016 Ingolstadt, Autos.id – Audi AG telah merilis sebuah foto teaser untuk kedatangan Audi Q2. Dalam foto itu ditampilkan...