Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Amazon Robotaxis Akan Hadir di California

Amazon Robotaxis Akan Hadir di California
Amazon Robotaxis Akan Hadir di California

Tanpa roda kemudi, kendaraan yang dikembangkan Zoox sedang memasuki fase pengujian.

Autos.id – Zoox merupakan perusahaan mengemudi otonom milik Amazon kabarnya sedang bersiap untuk meluncurkan bisnis robotaxi-nya. Perusahaan telah menyatakan sendiri bahwa kendaraannya akan memenuhi semua peraturan federal Amerika Serikat, sekarang sedang mengajukan izin di California untuk mengujinya.

“Kami benar-benar menginvestasikan waktu dan sumber daya ekstra untuk membangun kendaraan yang tidak memerlukan pengecualian dan kemudian pada dasarnya memungkinkan kami mengendalikan nasib dan juga menggunakan kendaraan kami dalam skala besar,” kata Jesse Levinson selaku Co-Founder dan CTO Zoox kepada awak media di California.

Amazon Robotaxis Akan Hadir di California

Amazon Robotaxis Akan Hadir di California

Desain taksi itu sendiri, yang Zoox sebut sebagai VH6, tidak banyak berubah sejak tahun 2020. Kendaraan memiliki ruang untuk empat penumpang dan tidak ada roda kemudi.

Kendaraan ini juga sepenuhnya listrik dimana para penumpang duduk seperti di dalam limusin atau di bus, saling berhadapan. Jika membuat perbandingan, kendaraan ini sangat mirip dengan mobil taksi self-driving GM’s Cruise. Tata letak skateboard umum yang khas dari EV akan melakukannya.

VH6 juga berbagi rumah dengan perusahaan kendaraan listrik otonom lainnya. Tesla memproduksi Model 3 dan lainnya di Fremont, California. Sampai sekarang, Levinson mengatakan bahwa perusahaan telah membuat lusinan mobil. Namun, kapasitas produksinya jauh melebihi itu, dengan pabrik Fremont mampu memproduksi puluhan ribu taksi.

Jesse Levinson juga mengatakan kepada awak media bahwa ekonomi tidak mempengaruhi perusahaan. Sebaliknya, Zoox akan terus tumbuh, menambah 600 karyawan lagi tahun ini.

Sang Co-Founder dan CTO Zoox juga berharap tentang ekspansi perusahaan.

Amazon Robotaxis Akan Hadir di California

Amazon Robotaxis Akan Hadir di California

“Kita dapat bersaing dengan, misalnya Uber dan Lyft dan menghasilkan uang dan menjadi sangat kompetitif biaya bahkan di hari-hari awal teknologi ini,” tuturnya lagi.

Mengenai sertifikasi, kendaraan seperti VH6 sering dapat mengajukan pengecualian dengan NHTSA untuk Federal Motor Vehicle Safety Standards (Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Federal) mereka.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Toyota dan Honda ikut membantu pembangunan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen untuk mengukung penjualan mobil berbahan bakar hidrogen. California, Autos.id – Toyota dan Honda...