Berita Otomotif

1000 Hari Eksis di Indonesia, Wuling Luncurkan Aplikasi Voice Command Berbahasa Indonesia

Dalam waktu 1.000 hari, Wuling telah memiliki 3 model unggulan di Indonesia salah satunya dilengkapi voice command berbahasa Indonesia pertama.

Jakarta, Autos.id  –  Tanggal Pada 6 April 2020 lalu, kehadiran Wuling Motors (Wuling) di Indonesia genap berusia 1.000 hari. Artinya, pabrikan asal China ini telah berhasil melewati kurang lebih 3 tahun pertamanya di pasar otomotif Tanah Air.

Pertama kali, Wuling menginjakkan kakinya di Indonesia pada tahun 2017 silam. Tepatnya pada 11 Juli, pabrikan asal China itu meresmikan pabriknya yang berada di Cikarang, Bekasi Jawa Barat.

Pabrik Wuling ini dilengkapi peralatan berstandar global dan teknologi canggih untuk memastikan kualitas produknya.Tak lama setelah mendirikan pabrik di Indonesia, Wuling pun merilis produk pertamanya, yaitu Wuling Confero S. Mobil ini terlahir sebagai MPV 7-seater dan meluncur pada 2 Agustus 2017 atau di hari ke-22.

 

Wuling Confero S

Kala itu, Wuling Confero S banyak diperbincangkan lantaran harganya yang setara mobil LCGC. Hadir dalam 3 varian, mobil ini dibanderol Rp128,8 juta di tipe terendah dan yang tertinggi hanya Rp162,9 juta (OTR Jakarta).

Untuk terus memperkuat kehadirannya di Indonesia, Wuling pun akhirnya merilis produk keduanya, yaitu Wuling Cortez pada 8 Februari 2018. Mobil ini terlahir sebagai medium MPV dan berada di atas Wuling Confero S. Mesin mobil ini sebenarnya identik dengan Wuling Confero S, 1.500 cc bertenaga 107 hp dan torsi 142 Nm. Namun, dapur pacu Wuling Cortez juga tersedia dalam transmisi otomatis. Harganya jelas lebih tinggi, Rp218-264 juta.

Tepat tanggal 11 Juli 2018, Wuling berulang tahun untuk pertama kalinya di Indonesia pada 11 Juli 2018. Meski masih sangat muda, bisa dibilang pabrikan asal China itu telah berhasil menarik perhatian para pecinta otomotif dan masyarakat Tanah Air.

Di tahun kedua, Wuling tampaknya merasa belum puas dengan beragam pencapaiannya. Mereka terus menggenjot penjualan dan berhasil masuk ke peringkat 6 besar pabrikan mobil terlaris di Indonesia.

Mengawalitahun  2019, Wuling akhirnya masuk ke segmen SUV dengan meluncurkan Wuling Almaz pada 27 Februari 2019. Mobil ini sempat digadang-gadang mampu mematahkan dominasi Honda CR-V di kelas medium SUV.

Ekspektasi tersebut memang cenderung tinggi. Wajar saja, harga Wuling Almaz jauh lebih murah, tepatnya Rp318,8 juta (OTR Jakarta). Dengan banderol tersebut, terpasang beragam fitur menarik, salah satunya head-unit super besar berukuran 10,4 inci.

Bahkan untuk pertama kalinya di Indonesia, Wuling Motors melengkapi varian Almaz dengan teknologi WIND (Wuling Command Indonesia) merupakan voice commad berbahasa Indonesi pertama di tanah air.  Acara pengenalan ini sendiri di gelar di Ancol, Jakarta(Kamis, 11 Juli 2019 lalu.

Wuling Almaz WIND

Pada Voice command interaktif yang tersemat pada smart multimedia 10.4” touchscreen memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan atau mengoperasikan berbagai fitur kendaraan seperti pendingin udara, jendela, panoramic, sunfroof, akses fitur hiburan seperti music atau radion, panggilan telepon, menjalankan aplikasi, memperbesar atau mengecilkan volume serta menanyakan tanggal dan waktu saat ini.

Tak sampai disitu saja kesuksesan Wuling diraih, tidak berapa lama setelah meluncurkan teknologi WIND, Wuling Almaz rakitan Indonesia sudah di ekspor ke beberapa Negara tetangga sebagai model lain yaitu Chevrolet Captiva.

Model yang diekspor nantinya terdiri dari varian lima penumpang maupun tujuh penumpang. Almaz berkapasitas tujuh penumpang sendiri akan terlebih dahulu meluncur di pasar Tanah Air pada 18 Juli mendatang dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

“Melihat regulasi di Thailand, mungkin akan ada perubahan (jika dibandingkan dengan Almaz yang ada di Indonesia). Namun dari sisi fitur tidak ada perubahan,” tukas Cindy  Cai, Vice President PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia.

Wuling, menurut Cindy, saat ini sedang memperhitungkan kuota ekspornya ke ‘Negeri Gajah Putih’. Untuk kloter pertama tahun ini, kemungkinan besar jumlahnya ratusan unit. Ekspor yang tahun depan yang kami masih estimasikan.

Lagi-lagi Wuling Almaz dengan teknologi WIND meraih penghargaan dalam acara Apresiasi Inovasi ‘Become Innovative in The Disruptive Era’ yang digelar di Grand Ballroom Hotel Westin, beberapa waktu lalu. Wuling Indonesian Command (WIND), voice command canggih berbahasa Indonesia yang terdapat di Almaz meraih apresiasi untuk kategori teknologi dalam kegiatan ini.

“Kami berterima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada WIND. Apresiasi ini tentunya menjadi semangat bagi kami untuk terus berinovasi dalam menghadirkan beragam produk serta pelayanan untuk mendorong masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik sejalan dengan semangat Drive For A Better Life,” jelas Dian Asmahani selaku mantan Senior Brand Manager Wuling Motors.

Awal kehadiran Wuling Motors di Indonesia cukup mencengangkan, dengan mobil yang berteknologi canggih dengan harga yang terjangkau, cukup memperketat persaingan dengan mobil-mobil Jepang dan Asia lainnya di segmen MPV dan SUV.

Kini dengan kehadiran Wuling yang sudah berusia 1.000, teknologi terbaru apalagi yang akan diciptakan Wuling Motors. Kita tunggu saja kiprah Wuling Motors selanjutnya!

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top