Balap

Valentino Rossi Sarankan Yamaha untuk Beralih Menggunakan Mesin V4

Sepanjang musim ini, Yamaha belum pernah sekalipun memenangi balap. Keadaan ini membuat salah satu pembalapnya, Valentino Rossi, jadi merasa frustasi.

Autos.id – Terakhir kali Yamaha meraih kemenangan di pentas MotoGP adalah saat balapan di Belanda pada 25 Juni 2017 silam. Itu artinya, tim yang identik dengan warna biru ini sudah puasa kemenangan selama setahun lebih.

Dalam kurun waktu tersebut, ada 22 seri balap yang tak pernah sekalipun dimenangkan oleh Yamaha. Jika tim asal Jepang ini kembali gagal meraih kemenangan saat balapan di Aragon pada Minggu (23/9) mendatang, maka mereka akan mencetak rekor terburuk dalam sejarah tim, yakni tak pernah memenangi balap selama 23 seri beruntun.

Kondisi seperti ini tentu tak bisa didiamkan oleh Valentino Rossi. Agar Yamaha bisa segera keluar dari masa sulitnya, pembalap berpaspor Italia ini pun menyarankan untuk melakukan penggantian mesin.

Dikutip dari laman motorsport.com, supaya bisa lebih kompetitif dan kembali memetik kemenangan di MotoGP, Rossi menyarankan Yamaha untuk meninggalkan mesin in-line yang saat ini masih dipakai, dan beralih menggunakan V4.

Rossi meminta Yamaha untuk menggunakan mesin V4

Bukan tanpa dasar kenapa Rossi meminta Yamaha untuk mengubah konfigurasi mesinnya. Karena dengan menggunakan mesin V4, maka perfroma mesin bisa jadi lebih kencang dan agresif.

Bukti nyata dari baiknya performa mesin V4 bisa dilihat dari penampilan Ducati dan Honda di musim ini. Kedua tim tersebut sama-sama menggunakan mesin V4.

Sejak seri pertama MotoGP 2018 bergulir di sirkuit Losail, Qatar, hingga ronde ke-13 di sirkuit Misano. Semua balapan berhasil dimenangi oleh motor Ducati dan Honda, dengan catatan minus balap di Inggris yang dibatalkan.

Tujuh kemenangan Honda musim ini dipersembahkan Marc Marquez sebanyak lima kali dan sekali dari Cal Crutclow. Sedangkan Ducati meraih enam kali menang yang merupakan kontribusi Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso yang masing-masing menang sebanyak tiga kali.

Sekarang Valentino Rossi menempati peringkat ketiga klasemen sementara pembalap MotoGP 2018 dengan koleksi 151 poin. Sama seperti Rossi, Yamaha juga berada di urutan ketiga klasemen sementara konsturktor Moto GP 2018 dengan poin sebanyak 194.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top