Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Toprak Razgatlioglu Rebut Kemenangan Race Pertama World Superbike Inggris

Toprak Razgatlioglu Rebut Kemenangan Di Race Pertama World Superbike Inggris

Ini merupakan kemenangan kedua Toprak Razgatlioglu di musim ini. Sedangkan disisi lain, ini merupakan kali pertama Alvaro Bautista gagal finish di musim ini.

Autos.id – Juara bertahan World Superbike musim lalu, Toprak Razgatliogly berhasil merebut kemenangan di race pertama seri World Superbike Inggris. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Donington Park pada Sabtu (16/7/2022), pembalap tim Pata Yamaha ini berhasil mengalahkan 2 jagoan tuan rumah, Jonathan Rea dan Alex Lowes.

Sedangkan pemimpin klasmen sementara, Alvaro Bautista mengalami nasib sial dan gagal finish untuk pertama kalinya di musim ini.

 

Jalannya Balapan

Race pertama World Superbike seri Inggris berlangsung selama 23 lap. Selepas lampu start padam, Toprak Razgatlioglu yang start dari posisi ketiga langsung melesat ke urutan terdepan selepas menyalip 2 pembalap Kawasaki sekaligus 2 jagoan tuan rumah, Jonathan Rea dan Alex Lowes selepas tikungan pertama.

Lalu menjelang akhir lap pertama, Alvaro Baustisa berhasil menyalip keposisi kedua sedangkan Jonathan Rea justru melorot keposisi 5 setelah disalip Bautista, Lowes, dan pembalap tim HRC, Iker Lecuona meskipun akhirnya kembali ke posisi 4 besar. Pertarungan seru terjadi saat Bautista, Lowes, dan Rea bertarung untuk memperebutkan posisi kedua.

Di depan, Toprak Razgatlioglu semakin nyaman dan mulai meninggalkan pembalap dibelakangnya. Pada akhir lap ketujuh, pembalap tim Pata Yamaha asal Turki tersebut sudah berjarak 2 detikan dan semakin memperlebar jaraknya di lap-lap setelahnya. Pada lap ke 12, Rea berhasil menyalip Bautista ditikungan terakhir untuk merebut posisi kedua.

Toprak Razgatlioglu Rebut Kemenangan Di Race Pertama World Superbike Inggris

Namu napa yang tidak diinginakn terjadi pada Bautitsa 2 lap setelahnya. Di lap 14, pembalap tim Aruba Ducari ini justru tergelincir dan terjatuh. Hal tersebut membuat Bautista untuk pertama kalinya gagal finish pada musim ini. Setelah itu, Jonathan Rea mulai tidak menemukan lawannya dan tetap bertahan di posisi kedua.

Namun pertarungan seru terjadi untuk memperebutkan posisi podium terakhir antara Alex Lowes dan Scott Reading dari tim BMW Motorrad. Dalam pertarungan sesama pembalap tuan rumah tersebut akhirnya dimenangkan oleh Lowes dan berhasil mengunci podium ketiga. Hingga akhir balapan, Razgatlioglu berhasil mengunci kemenangan di race pertama WSBK seri Inggris tersebut.

Ini merupakan kemenangan kedua Razgatlioglu di musim ini setelah kemenangan pada Superpole Race seri Misano awal Juni silam. Lalu 2 pembalap tim Kawasaki sekaligus jagoan tuan rumah, Jonathan Rea dan Alex Lowes yang mengunci podium kedua dan ketiga dibelakang Scott Reading. Melengkapi posisi 10 besar secara berurutan ada Axel Bassani (Motocorsa Racing), Michael Ruben Rinaldi (Aruba Ducati), Garret Gerloff (GYTR GRT Yamaha), Iker Lecuona (HRC Honda), Loriz Baz (BMW), dan Andrea Locatelli (Pata Yamaha).

Meskipun gagal finish pada race pertama, Alvaro Bautista masih memimpin klasmen sementara dengan 220 poin. Namun kini hanya unggul 16 poin atas Jonathan Rea yang berada diposisi kedua. Sedangkan Toprak Razgatlioglu masih tertahan diposisi ketiga dengan 166 poin. Pada hari Minggu (17/7/2022), akan digelar dua balapan yaitu Superpole Race pada pagi hari disusul race kedua yang akan berlansung disiang harinya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Last updated on 4 Agustus, 2022 Berkat 2 kemenangan yang diraih oleh Toprak Razgatlioglu, membuat juara bertahan World Superbike ini mulai memperkecil jaraknya dengan...