Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Rangkuman Seri World Superbike Argentina: Alvaro Bautista Semakin Dekat Dengan Gelar Juara Dunia

Rangkuman Seri World Superbike Argentina: Alvaro Bautista Semakin Dekat Dengan Gelar Juara Dunia

Dengan raihan 2 kemenangan dari 3 balapan Seri Argentina serta dengan jarak poinnya saat ini, membuat Alvaro Bautista semakin dekat dengan gelar juara dunia World Superbike musim 2022 ini.

Autos.id – Ajang balap motor berngensi World Superbike musim 2022 sudah memasuki seri ke 10 di Sirkuit San Juan Villicum, Argentina. Dalam 3 balapan yang berlangsung sepanjang akhir pekan kemarin, pembalap tim Aruba Ducati sekaligus pemimpin klasmen pembalap, Alvaro Bautista tampil luar biasa dengan memenangi 2 dari 3 balapan yang berlangsung tersebut.

Bahkan di seri sealnjutnya di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada pertengahan November mendatang, Bautista berpeluang meraih gelar juara dunia Superbike musim ini.

Rangkuman Seri World Superbike Argentina: Alvaro Bautista Semakin Dekat Dengan Gelar Juara Dunia

Jalannya Balapan Sepanjang Akhir Pekan

3 balapan dilangsung sepanjang gelaran seri Argentina kali ini dengan 2 balapan utama dan 1 balapan Superpole Race. Dimulai pada balapan pertama yang berlangsung Sabtu (22/10/2022) yang berlangsung selama 21 lap. Pada balapan pertama ini, nasib apes harus dialami Toprak Razgatlioglu. Juara bertahan musim lalu yang sebenarnya start dari posisi terdepan justru terjatuh pada lap pertama lomba.

Alhasil pembalap tim Pata Yamaha asal Turki tersebut gagal melanjutkan balapan saat itu juga. Jonathan Rea yang start diposisi kedua juga harus mengakui keunggulan Alvaro Bautista yang start dari posisi ketiga. Mengambil keuntungan dari tersingkirnya Razgatlioglu serta Jonathan Rea yang tampil kurang impresig, membuat Bautista mengambil alih pimpinan lomba dan berhasil mempertahkan posisinya hingga finish.

Bautista unggul hingga 5 detik atas Jonathan Rea yang finish diposisi kedua. Lalu posisi ketiga diisi oleh pembalap tim Motocorsa Ducati, Axel Bassani yang melengkapi posisi podium ketiga. Dibelakangnya ada pembalap tim HRC Honda, Iker Lecuona dan rekan setim Bautista di tim Aruba Ducati, Michael Ruben Rinaldi yang melengkapi posisi 5 besar.

Rangkuman Seri World Superbike Argentina: Alvaro Bautista Semakin Dekat Dengan Gelar Juara Dunia

Keesokan harinya pada hari Minggu (23/10/2022) ada 2 balapan yang berlangsung yaitu Superpole Race di pagi hari serta race kedua disiang harinya. Pada Superpole Race, Toprak Razgatlioglu membayar lunas kesalahan yang dilakukannya di race pertama sehari sebelumnya yang membuatnya gagal finish. Pada balapan singkat yang berlangsung 10 lap tersebut ia berhasil mengatasi perlawanan 2 rival terkiatnya yaitu Alvaro Bautista dan Jonathan Rea.

Dalam balapan tersebut, ketiga pembalap ini bersaing secara ketat dan saling melancarkan aksi saling salip menyalip yang cukup seru dan menegangkan. Razgatlioglu berhasil memenangi duel melawan Bautista dan Rea yang finish diposisi kedua dan ketiga dengan jarak yang saling berdekatan diantara ketiga pembalap teratas tersebut.

Berlanjut di race kedua yang berlangsung disiang hari juga menghadirkan balapan yang cukup menarik. Selepas start, Jonathan Rea yang start dari posisi ketiga berhasil mengambil alih posisi terdepan dari Toprak Razgatlioglu dan Alvaro Bautista. Bahkan Razgatlioglu dan Bautistsa sempat disalip oleh Michael Ruben Rinaldi yang bahkan sempat mengancam posisi Joantahan Rea diposisi terdepan.

Lalu pada lap keempat, Rinaldi berhasil mengambil alih pimpinan lomba pada lap keempat memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Jonathan Rea yang sempat melebar. Lalu secara perlahan, Bautista juga sudah naik ke posisi kedua dan menempel rekan setimnya tersebut. Dan pada lap kelima, Bautista langsung mengambil alih pimpinan lomba dan mempertahankan posisinya hingga finish.

Rangkuman Seri World Superbike Argentina: Alvaro Bautista Semakin Dekat Dengan Gelar Juara Dunia

Rinaldi sendiri bahkan harus turun hingga posisi kelima setelah disalip oleh Razgatlioglu, Rea, serta Alex Lowes (Kawasaki). Bautista memenangi balapan dengan keunggulan sekitar 3,3 detik atas Razgatlioglu diposisi kedua serta Rea yang finish diposisi ketiga. Pada balapan tersebut sempat diwarnai insiden yang melibatkan Axel Bassani (Motocorsa Ducati) dan Loris Baz 9Bonovo BMW). Bassani sendiri sebenarnya dijatuhi hukuman Double Long Lap Penalty namun diabaikan sehingga hanya finish diposisi 20.

Dengan hasil seri Argentina ini membuat Alvaro Bautista semakin mendekatkan diri dengan gelar juara dunia World Superbike musim ini. Bautista kini mengumpulkan 507 poin atau unggul 82 poin atas Torpak Razgatlioglu. Bahkan Bautista bisa mengunci gelar juara dunianya di seri Indonesia yang akan berlansgung di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 11 hingga 13 November mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Balap

Gelar juara dunia yang diraih oleh Alvaro Bautista ini merupakan gelar juara dunia pertama dalam keikutsertaannya di World Superbike. Autos.id – Seri World Superbike...

Balap

Seri World Superbike di Sirkuit Mandalika ini merupakan seri kedua terakhir dengan seri terakhir akan berlangsung di Sirkuit Philip Island, Australia. Autos.id – Yang...

Balap

Toprak Razgatlioglu merebut 2 dari 3 balapan World Superbike yang berlangsung sepanjang akhir kemarin. Satu kemenangan lainnya direbut oleh Alvaro Bautista. Autos.id – Ajang...

Balap

Ini merupakan kali keempat sepanjang karirnya di World Superbike, Alvaro Bautista berhasil menyapu bersih 3 balapan dalam 1 seri . Autos.id – Ajang balap...