Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Rangkuman Hasil World Superbike Catalunya: Total Dominasi Dari Alvaro Bautista

Rangkuman Hasil World Superbike Catalunya: Total Dominasi Dari Alvaro Bautista

Ini merupakan kali keempat sepanjang karirnya di World Superbike, Alvaro Bautista berhasil menyapu bersih 3 balapan dalam 1 seri .

Autos.id – Ajang balap World Superbike musim 2022 memasuki seri kedelapan. Pada seri yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol ini pembalap tim Aruba Ducati sekaligus jagoan tuan rumah, Alvaro Bautista menyapu bersih 3 balapan yang berlangsung sepanjang akhir pekan kemarin sekaligus menjauhakn dirinya dari 2 rival utamanya, Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha), dan Jonathan Rea (Kawasaki).

Bahkan Bautista unggul hingga 59 poin Razgatlioglu yang membuat gelar juara dunia musim 2022 semakin dekat ke dirinya.

Rangkuman Hasil World Superbike Catalunya: Total Dominasi Dari Alvaro Bautista

Jalannya Balapan Sepanjang Akhir Pekan

Sepanjang akhir pekan ada 3 balapan yang berlangsung yaitu 2 balapan utama serta 1 balapan Superpole Race. Pada balapan pertama yang berlangsung hari Sabtu (24/9/2022), Alvaro Bautista yang start dari posisi 4 berhasil menyodok hingga memimpin balapan selepas tikungan pertama dengan menyalip 3 pembalap sekaligus termasuk peraih pole position, Iker Lecuona (HRC Honda).

Lalu Toprak Razgatlioglu yang start dari posisi 8 berhasil naik hingga posisi keempat hingga lap pertama. Lalu seiring berjalannya balapan, pembalap asal Turki ini mulai naik ke posisi 2 dan mulai mengejar Bautista. Dibelakangnya ada Jonathan Rea yang juga berhasil naik ke posisi 3 setalah menyalip Lecuona pada beberapa lap menjelang finish.

Razgatlioglu yang mulai sulit menyalip Bautista harus turun ke posisi 3 setelah Rea berhasil menyalip dirinya. Lalu dalam beberapa lap setelahnya, posisi Razgatlioglu terus turun hingga harus puas finish diposisi kelima. Hingga akhir balapan, Bautista tidak terkejar dan meraih kemenangan di race pertama dibelakang Rea. Melengkapi barisan podium ada pembalap tim GRT Yamaha, Garett Gerloff yang berhasil memenangi duel melawan pembalap tim Motocorsa Ducati, Axel Bassini untuk spot podium terakhir.

Rangkuman Hasil World Superbike Catalunya: Total Dominasi Dari Alvaro Bautista

Keesokan harinya pada hari Minggi (25/9/2022), digelar 2 balapan yang berlangsung yaitu Superpole Race di pagi hari dan Balapan utama yang kedua di siang harinya. Pada balapan Superpole Race yang berlansgung di pagi hari, Alvaro Bautitsta kembali menunjukan kualitas dengan kembali menjadi pemenang pada balapan singkat selama 10 lap ini.

Bautista berhasil mengalahkan 2 pembalap tim Kawasaki, Jonathan Rea dan Alex Lowes yang harus puas finish diposisi 2 dan 3 dalam duel yang cukup ketat. Sedangkan Toprak Razgatlioglu harus puas finish di posisi 4 didepan pembalap tim Aruba Ducati, Michael Ruben Rinaldi. Hasil pada balapan Superpole Race ini menjadi penanda posisi start pada balapan utama kedua yang berlangsung di siang harinya.

Pada balapan utama kedua tersebut, Alvaro Bautista kembali menunjukan kualitas dengan kembali meraih kemenangan serta menyapu bersih semua kemenangan pada 3 balapan yang berlangsung. Ini menjadi hasil Hat-Trick atau sapu bersih 3 balapan dalam 1 seri yang keempat kalinya setelah di tahun 2019 ia raih di seri Australia, Thailand, dan Aragon.

Pada balapan yang berlangsung selama 20 lap ini, Bautista langsung meninggalkan lawan-lawannya selepas lampu start padam. Beberapa insiden terjadi seperti yang terjadi pada Alex Lowes (Kawasaki) yang kehilangan kontrol pada motornya dan jatuh saat memasuki tikungan ke 10 pada lap pembuka. Begitu juga pembalap tim BMW Motorrad, Scott Reading yang terjatuh di awal balapan.

Duel seru terjadi saat perebutan posisi kedua antara Michael Ruben Rinaldi dan Jonathan Rea dimana kedua pembalap ini saling menyalip. Tidak ketinggalan ada Axel Bassani yang ikut terlibat duel perebutan posisi kedua. Hingga pada akhirnya Rinaldi merebut kembali posisi kedua dari Rea dan berhasil ia pertahankan hingga finish.

Rangkuman Hasil World Superbike Catalunya: Total Dominasi Dari Alvaro Bautista

Jonathan Rea juga harus turun lagi 1 posisi setelah Toprak Razgatlioglu berhasil menyalp dirinya dalam sebuah duel yang cukup menarik. Hingga akhir balapan, Bautista tidak terkejar dan membuat dirinya meraih sapu bersih dari 3 balapan sepanjang akhir pekan kemarin. Rekan setimnya di tim Aruba Ducati, Michael Ruben Rinaldi finish diposisi kedua serta Toprak Razgatlioglu mengunci slot podium terakhir dengan finish diurutan ketiga didepan Jonathan Rea.

Dengan raihan ini membuat jarak poin Bautista atas Razgalioglu melebar menjadi 59 poin, sedangkan dengan Rea, selisih poinnya juga semakin menjauh dengan 67 poin dengan menyisakan 4 seri tersisa dan 12 balapan penentuan hingga akhir musim. Seri World Superbike selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal pada 8 hingga 9 Oktober mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balap

Gelar juara dunia yang diraih oleh Alvaro Bautista ini merupakan gelar juara dunia pertama dalam keikutsertaannya di World Superbike. Autos.id – Seri World Superbike...

Balap

Seri World Superbike di Sirkuit Mandalika ini merupakan seri kedua terakhir dengan seri terakhir akan berlangsung di Sirkuit Philip Island, Australia. Autos.id – Yang...

Balap

Dengan raihan 2 kemenangan dari 3 balapan Seri Argentina serta dengan jarak poinnya saat ini, membuat Alvaro Bautista semakin dekat dengan gelar juara dunia...

Balap

Toprak Razgatlioglu merebut 2 dari 3 balapan World Superbike yang berlangsung sepanjang akhir kemarin. Satu kemenangan lainnya direbut oleh Alvaro Bautista. Autos.id – Ajang...