Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Mulai Tahun 2027, MotoGP Tak Lagi Menggunakan Bensin Fosil

Mulai Tahun 2027, MotoGP Tidak Lagi Menggunakan Bensin Fosil Lagi

Rencana ini selaras dengan target MotoGP untuk menciptakan balapan yang lebih ramah lingkungan dengan penggunaan bahan bakar bebas fosil mulai 2027 mendatang.

Autos.id – Teknologi kendaraan yang lebih tamah lingkungan tidak hanya berlaku untuk kebutuhan masyarakat umum. Ajang balap motor bergengsi didunia sekelas MotoGP juga turut memperhatikan terhadap motor balap yang bersifat ramah lingkungan. Saat ini, ajang MotoGP masih menggunakan BBM berjenis fosil yang jelas tidak ramah lingkungan. Kabarnya pihak MotoGP sedang menggodok motor yang bebas BBM fosil.

Targetnya mulai tahun 2027, bahan bakar yang digunakan untuk semua kelas MotoGP akan menggunakan 100% berbahan bakar non formal.

Tetapi sebagai langkah awal, pada tahun 2024 mendatang, minimal 40% dari penggunaan bahan bakar yang digunakan berasal dari non fosil.

Seperti yang diungkapkan presiden FIM, Jorge Viegas menyebutkan bahwa selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun bernegosiasi dengan perusahaan dan pabrikan bensin mereka akhirnya memiliki kata kesepakatan untuk bahan bakar non fosil tersebut. “Ini merupakan langkah awal bagi MotoGP sebagai pemimpin revolusi nyata untuk ramah lingkungan yang lebih baik” ungkap Viegas.

Baca juga: Tampil Di MotoGP 2022, Federal Oil™ Gresini Racing Siap Taklukkan Sirkuit Mandalika

Mulai Tahun 2027, MotoGP Tidak Lagi Menggunakan Bensin Fosil Lagi

Mulai Tahun 2027

Jorge Viegas juga berharap bahwa aturan penggunaan bahan bakar bebas fosil ini akan dimulai pada 2027 mendatang.  Viegas juga menyatakan bahwa balapan merupakan bagian kecil dari emisi dimana mereka harus menjadi pemimpin perubahan. Pada akhirnya mereka bersyukur bahwa negosiasi dengan semua pemangku kepentingan berjalan dengan baik sehingga penggunaan bahan bakar bebas fosil di MotoGP bisa terealisasi.

MotoGP sendiri merupakan platform dimana bahan bakar yang ramah lingkungan ini akan terus dikembangkan dan selalu diuji. Dengan penggunaan bahan bakar non fosil ini, setiap pabrikan akan bekerja sama dengan pemasok BBM mereka dalam pengembangan bahan bakar non fosil yang dikembangakan sendiri.

Pengembangan dari bahan bakar non fosil untuk ajang balap MotoGP ini akan dikembangkan di laboratorium. Harapannya pemasok bahan bakar akan memperkenalkan penggunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan serta menciptakan penghematan yang sangat signifikan.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpelata menyebutkan bahwa sepeda motor merupakan aspek penting bagi masyarakat. Sepeda motor roda dua merupakan solusi penting dalam berbagai hal. Terlebih ia menyebutkan bahwa bahan bakar berkelanjutan merupakan kunci dari perubahan dari energi dan teknologi untuk sepeda motor roda dua.

“Hal ini nantinya akan berdampak pada miliaran orang dimana dengan sejumlah produsen bahan bakar yang berbeda akan berkomitemn untuk menjamin perubahan tersebut” tambah Ezpelata.

Baca juga: Pembalap Honda, Mario Aji Bakal Balap Semusim Penuh Di GP Moto3 2022

MotoGP berencana mengurangi pemakaian Bensin Fosil

Selain untuk kelas MotoGP, rencananya kelas dibawahnya seperti Moto2 dan Moto3 Akan mulai mengarah kepemasok bahan bakar bebas fosil. Meskipun begitu pada 2024 nanti Moto2 dan Moto3 belum sepenuhnya untuk berpindah ke bahan bakar non fosil. Hanya MotoGP yang akan melalukan perubahan BBM non fosil 40% pada tahun 2024 mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Beberapa alasan utama Suzuki memutuskan keluar dari MotoGP, salah satunya adalah netralitas karbon yang sedang mereka kejar. Autos.id – Kiprah Suzuki diajang balap MotoGP...

Motor

Yamaha YZF500 yang dilelang ini merupakan motor yang pernah dipakai balap Kenny Roberts Jr balapan debut di kelas GP500 tahun 1996 silam. Autos.id –...

Motor

Tanpa adanya tim satelit membuat Yamaha hanya akan menurunkan 1 tim dengan 2 motor saja untuk MotoGP musim 2023 mendatang. Autos.id – Sejak keikutsertaan...

MV Agusta

Meskipun tertarik kembali ke ajang MotoGP, MV Agusta belum akan kembali ke ajang balap motor bergengsi ini setidaknya dalam beberapa tahun kedepan. Autos.id –...