Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

MotoGP Prancis Digelar Akhir Pekan Ini

MotoGP Prancis Di Sirkuit Legendaris Le Mans Pada Akhir Pekan Ini
Start MotoGP Prancis 2021

Seri MotoGP Prancis di Sirkuit Buggati, Le Mans ini akan menjadi balapan spesial bagi dua unggulan tuan rumah, Fabio Quartararo dan Johann Zarco.

Autos.id – MotoGP musim 2022 akan kembali bergulir akhir pekan ini. Kali ini sirkuit legendaris Le Mans akan menjadi venue selanjutnya dalam gelaran GP Prancis. Balapan GP Prancis ini merupakan salah satu balapan yang penting pemimpin klasmen sementara sekaligus juara dunia bertahan, Fabio Quartararo yang akan balapan di negaranya sendiri.

Selain Quartararo, GP Prancis yang akan memasuki seri ketuju musim 2022 ini juga akan menjadi balapan kandang pembalap unggulan lainnya Johann Zarco.

Persaingan Semakin Ketat

Setelah GP Spanyol 2 pekan lalu, persaingan dipapan atas MotoGP menjadi lebih sengit dan lebih terbuka. Pembalap tim Ducati, Francesco Bagnaia keluar sebagai pemenang GP Spanyol sebelumnya di Sirkuit Jerez. Artinya sejak musim 2022 ini dimulai sudah ada 5 pembalap berbeda yang sudah memenangkan balapan pada musim 2022 ini.

MotoGP Prancis Di Sirkuit Legendaris Le Mans Pada Akhir Pekan Ini

Balapan MotoGP Jerez 2022

Di klasmen sementara, Fabio Quartarao masih berada di puncak klasmen pembalap dengan 89 poin. Pembalap tim Monster Energy Yamaha ini hanya unggul 7 poin atas pembalap Aprilia, Aleix Espargaro. Penampilan Espargaro musim ini juga tergolong sangat impresif dengan raihan kemenangan di GP Argentina serta 2 raihan podium ketiga pada 2 balapan terakhir di GP Portugal dan GP Spanyol.

Enea Bastianini yang sempat menjadi pemimpin klasmen di awal musim saat ini masih tertahan di urutan ketiga. Pembalap tim Gresini Ducati ini bertekad untuk bangkit setelah rangkaian hasil buruk dalam beberapa balapan terakhir. Perlu dicatat, hanya Bastianini yang sejauh ini sudah meraih 2 kemenangan pada musim ini.

Bagaimana dengan tim Suzuki? Kabar akan cabutnya pabrikan asal Jepang ini pada musim ini tentu membuat kondisi tim ini masih sulit untuk di prediksi. Bahkan Dorna sendiri sudah mengultimatum kepada Suzuki andaikan pabrikan Jepang ini memilih cabut mereka akan dikenakan denda karena Suzuki sendiri sudah menekan kontrak jangka panjang dengan Dorna.

Balapan GP Prancis juga ingin dijadikan ajang kebangkitan bagi tim Repsol Honda. Marq Marquez yang saat ini masih tertahan di posisi 9 tentu ingin meraih hasil maksimal terlepas dari masalah cedera yang terus menghantuinya.

Balapan GP Prancis ini akan menjadi balapan kandang bagi 2 pembalap unggulan dari negara tersebut, Fabio Quartararo dan Johann Zarco. Pada balapan GP Prancis tahun lalu, baik Quartararo dan Zarco berhasil naik podium di urutan kedua dan ketiga dibelakang Jack Miller yang keluar sebagai pemenang lomba.

MotoGP Prancis Di Sirkuit Legendaris Le Mans Pada Akhir Pekan Ini

Dua Pembalap Unggulan Tuan Rumah, Johann Zarco (Kiri) dan Fabio Quartararo (Kanan)

Selain menggelar balapan MotoGP, GP Prancis di Sirkuit Le Mans atau yang juga dikenal sebagai Bugatti Circuit ini juga akan menggelar balapan Moto2, Moto3 danajang balap motor listrik MotoE. Untuk kelas Moto2 sendiri, Celestino Vietti masih memimpin puncak klasmen dengan 100 poin, unggul 19 poin atas pemenang Moto2 Spanyol sebelumnya, Ai Ogura.

Untuk kelas Moto3, Sergio Garcia masih memimpin klasmen pembalap dengan 103 poin, unggul 22 poin atas peringkat kedua Dennis Foggia. Pembalap asal Indonesia, Mario Suryo Aji belum meraih poin semenjak GP Indonesia dan masih tertahan di posisi ke 25 klasmen dengan 2 poin. Untuk balapan ini tentu Mario ingin kembali memberikan hasil terbaiknya akhir pekan ini.

Sedangkan untuk kelas MotoE, Eric Granado meraih poin sempurna setelah meraih 2 kemenangan pada seri perdana di GP Spanyol. Ia unggul 17 poin atas Dominique Aergerter yang saat ini berada di urutan kedua klasmen. Untuk MotoE, ada 2 balapan yang akan diselenggarakan yaitu balapan pertama di hari Sabtu dan balapan kedua hari Minggu.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Keberhasilan Aprilia meraih podium ketiga di balapan MotoGP Spanyol, membuat pabrikan asal Italia ini di pastikan kehilangan hak konsesi mereka di ajang MotoGP mulai...

Balap

Kemenangan Francesco Bagnaia di MotoGP Spanyol ini membuat sudah ada lima pembalap berbeda yang memenangkan balapan MotoGP musim 2022 ini. Autos.id – Pembalap tim...

Balap

Seri balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez ini merupakan seri keenam dari rangkaian 21 balapan MotoGP untuk musim 2022 ini. Autos.id – Tidak ada...

Balap

Kemenangan di GP Portugal ini merupakan kemenangan pertama Fabio Quartararo di musim 2022 ini serta menjadi tanda kebangkitannya untuk kembali bersaing mempertahankan gelar juara...