Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

MotoGP Perancis 2022, Bastianini Raih Kemenangan Ketiga

Pembalap Gresini Ducati, Bastianini bersaing ketat dengan rekan satu pabrikan, Bagnaia. Kedua pembalap tersebut memiliki kecapatan tertinggi di akhir pertandingan di Sirkuit Le Man

Autos.id  ,  Namun, naas Bagnaia mengalami kecelakaan di tujuh lap tersisa dan akhrinya memberi Bastianini kemenangan. Hasil kemenangan tersebut telah mendorong Bastianini kembali ke perebutan titel kejuaraan setelah serangkaian balapan yang sulit baru-baru ini.

Jack Miller awalnya keluar jalur pada urutan kedua di grid. Sehingga, Bastianini naik ke urutan kedua di depan Alex Rins yang juga memulai dengan cepat.

Bagnaia yang miliki pole position dengan cepat merebut kembali posisi ketiga dari Rins, sementara sang tuan rumah, Fabio Quartararo malah mundur dari posisi keempat di grid dengan Yamaha-nya. Juara dunia tersebut turun ke urutan kedelapan.

Quartararo juga hampir mengalami kecelakaan di lap pembukaan ketika Ia berusaha menyalip Takaaki Nakagami dari tim LCR Honda pada Tikungan 11.

Nakagami membalas di tikungan berikutnya dan memaksa Quartararo melebar. Menggunakan kesempatan tersebut, Marc Marquez dengan motor Hondanya memanfaatkan kesempatan untuk merebut posisi keenam dari perselisihan antara Nakagami dan Quartararo. Bahkan, Quartararo hampir melakukan kontak dengan pembalap Spanyol itu.

Namun, sebuah kesalahan dilakukan Nakagami di chicane Dunlop beberapa saat kemudian, yang akhirnya memungkinkan Quartararo kembali ke posisi ketujuh dan akhirnya mengungguli Marquez di lap keempat.

Di depan, Bagnaia dan Rins mampu mengungguli Bastianini di lap kedua, meski Rins dari tim Suzuki itu hanya bertahan hingga lap ketiga dimana di tikungan 2, Ia jatuh setelah terkebut.

Miller dan Bagnaia hanya sekitar satu detik pada awal lap keempat, dengan Bagnaia memimpin dari rekan setimnya di Ducati saat memasuki Tikungan 6 dimana pembalap asal Australia itu tiba-tiba melebar.

Kecepatan Miller terus memudar saat Bastianini melaju di lap 12 Tikungan 8, Akhirnyapun, Bastianini dari tim Gresini itu mengejar kemenangan ketiganya musim ini.

Di belakang, Joan Mir yang satu-satunya pembalap Suzuki yang tersisa, naik ke pertarungan podium dan berusaha menghalangi Aleix Espargaro dari tim Aprilia untuk posisi ketiga. Namun, Ia jatuh di lap 15 dan menambah  bencana bagi Suzuki yang sudah memutuskan untuk berhenti dari MotoGP pada akhir balapan tahun 2022.

Bastianini mengejar Bagnaia di tahap akhir balapan dan berusaha memimpin di chicane Dunlop pada lap 21 dari 27.Tapi pebalap Gresini itu berkendara sedikit melebar ke Tikungan 6 dan membiarkan Bagnaia melewatinya.

Lalu, Bagnaia mengebut terlalu lambat ke Tikungan 8 dan membiarkan Bastianini memimpin dengan mudah, sebelum Bagnaia sendiri malah jatuh di sudut terakhir kedua beberapa saat kemudian. Ini membuat Bastianini unggul tiga detik dari Miller saat ia melaju ke garis finis dan mengklaim kemenangan lain menggunakan motor Ducati spesifikasi 2021.

Miller berakhir terpaut 2,7 detik di urutan kedua.

Kecelakaan Bagnaia menawarkan si tuan rumah Quartararo, untuk menyelamatkan podium di Le Mans. Tapi Espargaro dari tim Aprilia memasang pertahanan yang tangguh dan akhirnya memungkinkan dia untuk mengklaim podium ketiga berturut-turut dan mengecilkan selisih poin dengan Quartararo menjadi hanya empat poin sebelum menuju ke Grand Prix Italia dalam waktu dua minggu.

Johann Zarco berada di urutan kelima, 6,8 detik di belakang rekan senegaranya Quartararo, dengan motor pabrikan Pramac Ducati-nya. Ia juga mengalahkan pebalap Honda Marc Marquez sang juara dunia enam kali yang berjuang untuk menempati urutan keenam.

Nakagami berada di urutan ketujuh di akhir dan merupakan satu-satunya pembalap KTM yang mencapai finish, dengan rekan setimnya Miguel Oliveira dan duo Tech3 Raul Fernandez dan Remy Gardner semuanya tersingkir.

 

Luca Marini berada di urutan kesembilan dengan motor VR46 Ducati-nya di depan Maverick Vinales dari Aprilia, dengan Pol Espargaro tidak beruntung untuk finis di urutan ke-11 dengan Honda-nya setelah dia dipaksa untuk menghindari kecelakaan sepeda motor Oliveira.

Poin terakhir jatuh ke tim  VR46 dan prajurit baru dari tim Gresini, Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio, diikuti oleh Alex Marquez dari LCR dan Franco Morbidelli dari Yamaha, yang keluar jalur dalam perjalanannya ke grid sebelum balapan.

Andrea Dovizioso dan Darryn Binder di atas RNF Yamaha adalah yang terakhir melintasi garis dan  terpaut hampir satu menit dari kemenangan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Tim Aprilia Racing kembali memimpin dalam Klasemen Kejuaraan Tim MotoGP Belanda, Autos.id  –  Hari yang cerah bagi Aprilia Racing di Assen selama putaran kesebelas...

Balap

Dengan raihan podium keempat secara berturut-turut, memperkuat posisi Aleix Espargaro dari Tim Aprilia di posisi kedua urutan kejuaraan Autos.id – Hari ujian di Sirkuit...

Balap

Balapan MotoGP italia akhir pekan ini akan berlangsung di Sirkuit Mugello yang terkenal merupakan salah satu balapan kandang dari legenda MotoGP, Valentino Rossi. Autos.id ...

Balap

Sedangkan partnernya di Tim Aprilia, Maverick Vinales harus terhenti saat free practice3 Le Mans, Prancis, Autos.id  – Meskipun lintasan berubah, tetapi laju Aleix Espargaró...