Balap

Mercedes dan Hamilton Berhasil Raih Sederet Rekor Baru di Jepang

Lewis Hamilton

Kalau boleh jujur, sebenarnya bukanlah satu hal yang mengejutkan kalau Mercedes bisa menjuarai balap di Jepang. Namun kemenangan Mercedes di negeri sakura kali ini lebih istimewa dari musim- musim sebelumnya.

Autos.id – Kemenangan Mercedes di Jepang sebenarnya sudah bisa diprediksi sejak selesainya sesi kualifikasi, yang mana Lewis Hamilton berhasil meraih pole position, dan disusul oleh Valtteri Bottas di urutan kedua.

Ketika bendera finish dikibarkan, keadaan tetap tidak berubah. Lewis Hamilton tetap berada di urutan terdepan, dan Valtteri Bottas di posisi runner-up.

Kesuksesan Lewis Hamilton menjuarai balap di Jepang tidak hanya membuat dirinya berhasil meraih rekor pribadi baru, tapi Mercedes juga mendapat sederet keuntungan dari pembalap bernomor mobil 44 itu.

Dimulai dari Mercedes. Berhasilnya Hamilton naik podium teratas di sirkuit Suzuka membuat Mercedes sukses meraih kemenangan dalam lima musim beruntun di Jepang.

Dua pembalap Mercedes berhasil mendominasi balap di Jepang

Dengan kata lain, sejak dimulainya era hybrid Formula 1 pada 2014, belum ada tim lain yang mampu mengalahkan Mercedes di negeri matahari terbit.

Kendati demikian, Mercedes masih belum bisa dibilang sebagai tim dengan catatan kemenangan terbanyak di Jepang. Pasalnya, Ferrari juga punya catatan kemenangan selama lima musim beruntun di Jepang, yang diraih dari 2000 – 2004.

Selain itu, Mercedes juga sudah resmi menjadi tim ketiga yang paling sering menang di Jepang. Hingga saat ini, Ferrari dan McLaren masih jadi tim tersukses di Jepang, yang mana keduanya sama-sama sudah memenangi balap di sini sebanyak sembilan kali.

Beralih ke Lewis Hamilton. Pasca menjadi kampiun di Jepang, pembalap berpaspor Inggris ini berhasil menciptakan cukup banyak rekor pribadi baru yang layak dibanggakan.

Michael Schumacher masih jadi pembalap yang paling sering menang di Jepang

Sekarang Lewis Hamilton menjadi pembalap Formula 1 kedua yang paling sering menang di Jepang dengan catatan lima kali kemenangan. Rekor kemenangan terbanyak di Jepang masih dipegang oleh Michael Schumacher yang sudah pernah menjuarai balap sebanyak tujuh kali.

Bukan cuma itu, Lewis Hamilton juga menjadi pembalap kedua yang berhasil memenangi 50 balap bersama satu tim. Rekor kemenangan bersama satu tim juga masih dipertahankan oleh Michael Schumacher, yang sudah memenangi 72 balap bersama Ferrari.

Di luar semua pencapaian tersebut, kegemilangan performa Hamilton hari ini praktis membuat dirinya jadi makin kokoh di puncak klasemen sementara pembalap Formula 1 2018 dengan koleksi 331, alias unggul 67 poin dari pesaing terdekatnya, Sebastian Vettel yang berada di posisi runner-up.

Pun demikian dengan Mercedes. Tim berjuluk Silver Arrow ini kian tak tergoyahkan di puncak klasemen sementara konstruktor Formula 1 2018 dengan raihan 538 poin.

Baca juga: Mercedes Bisa Kembali Merajai Balapan di Jepang

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top