Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Menjuarai F1 GP Italia, Max Verstappen Selangkah Lagi Menuju Gelar Juara Dunia

Max Verstappen Menjadi Pemenang F1 GP Italia, Selangkah Lagi Menuju Gelar Juara Dunia

Kemenangan di GP Italia ini membuat di musim ini, Max Verstappen sudah meraih kemenangan ke 11-nya musim ini dan sedang memburu rekor jumlah kemengan terbanyak selama 1 musim yaitu 13 kali yang dipegang oleh Michael Schumacher dan Sebastian Vettel.

Autos.id – Pembalap tim Red Bull Racing, Max Verstappen kembali menjadi yang terbaik pada gelaran F1 GP Italia 2022. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Monza, Italia pada Minggu (11/9/2022) tersebut, juara dunia musim lalu ini berhasil mengungguli 2 rivalnya yaitu Charles Leclerc (Ferrari), dan George Russell (Mercedes) pada balapan yang diakhiri dengan Safety Car ini.

Berkat kemenangan ini membuat Verstappen hanya membutuhkan 22 poin lagi untuk mengunci gelar juara dunia keduanya.

Jalannya Balapan

Balapan GP Italia ini berlansgung selama 53 lap dalam kondisi cuaca cerah. Sebelum dimulainya balapan dilakukan mengheningkan cipta untuk mengenang Ratu Elizabeth II yang meninggal pada hari Kamis (8/9/2022) silam. Saat lampu merah padam dan balapan dimulai, Charles Leclerc yang start dari pole position berhasil menjaga posisi terdepannya dari George Russell yang start dibelakangnya.

Max Verstappen Menjadi Pemenang F1 GP Italia, Selangkah Lagi Menuju Gelar Juara Dunia

Max Verstappen yang start dari posisi ketujuh karena terkena hukuman pergantian part mesin langsung melesat hingga mampu meyodok keposisi kedua pada lap 5. Setelah itu Max mencoba untuk mulai mendekati Leclerc yang tampak cukup nyaman memimpin di posisi terdepan di balapan kandang timnya yaitu Ferrari.

Rekan setim Leclerc di Ferrari, Carlos Sainz yang start dari posisi 18 juga melakukan start yang bagus dan mulai menyusul satu persatu pembalap dibelakangnya. Bahkan ia sudah masuk ke posisi 10 besar saat balapan lap ke 10. Di lap itu, pembalap tim Aston Martin, Sebastian Vettel harus mengakhiri balapannya lebih cepat karena mengalami masalah pada mobilnya.

Karena mobilnya berhenti di pinggir trek membuat Virtual Safety Car dikibarkan dan dimanfaatkan oleh Charles Leclerc untuk melakukan pit stop. Pembalap asal Monako ini masuk pit untuk mengganti ban ke Medium mengingat pace-nya sudah kalah jauh dari Verstappen. Dengan Leclerc yang masuk pit membuat Verstappen kini mengambil alih pimpinan balapan.

Max Verstappen Menjadi Pemenang F1 GP Italia, Selangkah Lagi Menuju Gelar Juara Dunia

Namun hingga lap terakhir atau lap ke 53, Safety Car masih dilintasan dan membuat akhir dari balapan GP Italia ini berakhir di belakang Safety Car.

Pada lap ke 20, George Russell masuk pit stop disusul oleh Max Verstappen yang akhirnya masuk pit stop pada lap ke 26. Dengan begitu Leclerc kembali mengambil alih pimpinan balapan setelah ia melakukan pit stop terlebih dahulu. Namun seiring berjalannya lomba, pace Leclerc sedikit melambat dan mulai didekati oleh Verstappen yang menggunakan ban medium yang lebih segar hingga akhirnya Leclerc kembali masuk pit stop beberapa lap setelahnya.

Pada lap ke 31, pembalap tim Alpine, Fernando Alonos terpaksa harus menyudahi balapannya karena masalah mesin saat masuk pit stop. Begitu juga dengan pembalap Aston Martin lainnya, Lance Stroll yang juga menyudahi balapan pada lap ke 36 karena problem power unit pada mobilnya yang membuat tim Aston Martin pulang dengan tangan hampa.

Memasuki lap 45, pembalap tim Mclaren, Daniel Ricciardo yang tidak lain adalah pemenang GP Italia tahun lalu harus menyudahi balapannya karena masalah pada mobilnya. Karena mobilnya berhenti pada sisi pinggir trek yang masuk racing line membuat Safety Car masuk ke lintasan. Pada masa Safety Car ini mayoritas pembalap melakukan pit stop untuk mengganti ke ban soft.

Namun hingga lap terakhir atau lap ke 53, Safety Car masih dilintasan dan membuat akhir dari balapan GP Italia ini berakhir di belakang Safety Car. Max Verstappen keluar sebagai pemenang GP Italia 2022 dibelakang Charles Leclerc. George Russell finish diposisi ketiga dibelakang Carlos Sainz dan rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton.

Juara F1 GP Italia, Selangkah lagi Max Verstappen rebut gelar juara

Hasil gemilang diraih oleh Nyck de Vries yang melakukan debutnya di F1 bersama tim Williams. Menggantikan posisi Alexander Albon yang sakit, pembalap asal Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia ini berhasil finish di posisi 9 dan meraih poin perdananya di F1 pada balapan debutnya.

Berkat kemenangan di GP Italia ini, Max Verstappen unggul hingga 116 poin atas Charles Leclerc dengan 335 poin berbanding 219 poin. Pada balapan selanjutnya di GP Singapura yang berlangsung pada 30 September hingga 2 Oktober mendatang, Verstappen hanya membutuhkan 22 poin saja untuk mengunci gelar juara dunia keduanya secara beruntun.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Ini merupakan kemenangan kedua Sergio Perez di musim 2022 ini setelah kemenangan pertamanya di GP Monako pada awal musim kemarin. Autos.id – F1 musim...

Balap

Berkat kemenangan di GP Belanda ini, Max Verstappen kini unggul hingga 109 poin atas Charles Leclerc dan Sergio Perez yang ada diposisi 2 dan...

Balap

Dengan kemenangan di GP Belgia ini membuat kini Max Verstappen unggul hingga 93 poin atas rekan setimnya di Red Bull, Sergio Perez yang mengambil...

Balap

Balapan GP Prancis di Sirkuit Paul Richard akhir pekan ini merupakan balapan kedua terakhir sebelum libur pertengahan musim selama kurang lebih sebulan. Autos.id –...