Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Max Verstappen Juara Seri F1 GP Belgia, Semakin Mendekati Gelar Juara Dunia

Max Verstappen Menjadi Juara Seri F1 GP Belgia Dan Semakin Mendekatkan Dengan Gelar Juara Dunia

Dengan kemenangan di GP Belgia ini membuat kini Max Verstappen unggul hingga 93 poin atas rekan setimnya di Red Bull, Sergio Perez yang mengambil posisi kedua klasmen dari pembalap Ferrari, Charles Leclerc.

Autos.id – Pembalap tim Red Bull, Max Verstappen tampil luar biasa di balapan GP Belgia pada Minggu (28/8/2022). Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Spa-Franchorschamps, Belgia ini, pembalap tim Red Bull ini yang start dari posisi 14 berhasil keluar sebegai pemenang GP Belgia ini dan memperlihatkan kualitasnya sebagai juara dunia.

Rekan setim Verstappen, Sergio Perez melengkapi posisi 1-2 Red Bull dan mengungguli pembalap tim Ferrari, Carlos Sainz yang harus puas finish di posisi ketiga.

Max Verstappen Menjadi Juara Seri F1 GP Belgia Dan Semakin Mendekatkan Dengan Gelar Juara Dunia

Jalannya Balapan

Balapan GP Belgia sendiri berlangsung selama 44 lap dan berlangsung dikondisi cuaca cerah. Max Verstappen yang meraih waktu tercepat disesi kualifikasi start dari posisi 14 setelah mengambil penalti komponen mesin. Ia merupakan 1 dari beberapa pembalap yang mengambil penalti selain Charles Leclerc yang start diposisi 15.

Carlos Sainz yang mengisi posisi start terdepan berhasil mempertahankan posisinya dari pembalap tim Red Bull, Sergio Perez disusul Fernando Alonso dan Lewis Hamilton. Saat balapan memasuki tikungan kelima, terjadi insiden yang melibatkan Alonso dan Hamilton. Saat ingin menyalip, Alonso menghantam mobil Hamilton dan membuat pembalap tim Mercedes ini sempat melayang dan gagal finish akibat indisen ini.

Ditikungan yang sama pada lap kedua, insiden lainnya terjadi melibatkan Valterri Bottas (Alfa Romeo) yang terkena senggolan dari Nicholas Latifi (Williams). Mobil Bottas terjebak di gravel dan terpaksa gagal melanjutkan balapan. Adanya insiden tersebut membuta Safety Car keluar ke lintasan. Dalam periode Safety Car, Charles Leclerc yang sudah masuk ke 10 besar pada akhir lap kedua masuk ke pit untuk mengganti ban dan turun hingga ke posisi belakang.

Max Verstappen Menjadi Juara Seri F1 GP Belgia Dan Semakin Mendekatkan Dengan Gelar Juara Dunia

Pada lap 5 Safety Car masuk ke pit dan balapan kembali dilanjutkan dengan Carlos Sainz yang masih memimpin balapan. Max Verstappen sendiri melakukan balapan yang gemilang dan sudah berada di posisi 7 pada akhir lap kelima. Disisi lain, Charles Leclerc harus menyalip satu peratu pembalap sebelum akhirnya bisa masuk posisi 10 besar pada lap ke 13.

Pada lap-lap ini, beberapa pembalap mulai memainkan strategi pit stop mereka. Mulai dari Carlos Sainz yang pit stop di lap ke 13 dan beberapa pembalap seperti Duo Red Bull, Sergio Perez dan Max Verstappen juga masuk ke pit stop pada beberapa lap setelahnya. Sergio Perez yang keluar pit stop di lap 14 berhasil keluar didepan Charles Leclerc dan mempertahankan posisi ketiganya.

Bahkan di 1 lap setelahnya, Leclerc justru disalip oleh pembalap tim Mercedes, George Russell di Kemmel Straight. Verstappen yang pit stop belakangan berhasil menyalip Sainz yang sudah pit stop duluan dan mengambil alih pimpinan lomba. Bahkan ia sudah membuat gap hingga 4 detik atas Sainz dan terus memperlebar jaraknya dengan pembalap di belakangnya.

Di lap 21, Sergio Perez memanfaatkan betul mobil Red Bull yang sangat dominan di lurusan untuk menyalip Sainz di lap ke 21 dan mengambil posisi kedua. Lalu setelah itu beberapa pembalap mulai masuk pit stop kedua untuk mengganti ban dan tidak begitu berpengaruh banyak pada posisi balapan. Dimana Verstappen, Perez, Sainz, dan Russell menempati posisi 4 besar.

Max Verstappen Menjadi Juara Seri F1 GP Belgia Dan Semakin Mendekatkan Dengan Gelar Juara Dunia

Charles Leclerc yang berada diposisi kelima menjelang akhir lomba masuk pit stop di lap ke 43 untuk mengganti ban Soft dengan tujuan meraih fastest lap. Namun sayangnya ia gagal meraih fastest lap di lap akhir setelah catatan waktu di lap akhir kalah atas Verstappen yang meraih fastest lap. Bahkan Leclerc dihukum penalti 5 detik karena melewati batas kecepatan saat pit stop dan harus turun ke posisi 6 dibelakang Fernando Alonso.

Hingga akhir balapan, Max Verstappen keluar sebagai pemenang GP Belgia dengan keunggulan hingga 17 detik atas rekan setimnya, Sergio Perez yang finish diposisi kedua. Carlos Sainz yang terus mendapat tekanan dari George Russell pada akhir-akhir balapan berhasil mempertahankan posisi ketiganya dari pembalap tim Mercedes ini.

Berkat kemenangan ini membuat Max Verstappen semakin memantapkan diri di puncak klasmen. Ia unggul hingga 93 poin atas Sergio Perez yang mengambil alih posisi kedua dari Charles Leclerc dipapan klasmen. Balapan selanjutnya akan berlangsung di GP Belanda pada 2 hingga 4 September mendatang di Sirkuit Zandvoort.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Kemenangan di GP Italia ini membuat di musim ini, Max Verstappen sudah meraih kemenangan ke 11-nya musim ini dan sedang memburu rekor jumlah kemengan...

Balap

Berkat kemenangan di GP Belanda ini, Max Verstappen kini unggul hingga 109 poin atas Charles Leclerc dan Sergio Perez yang ada diposisi 2 dan...

Balap

Balapan GP Prancis di Sirkuit Paul Richard akhir pekan ini merupakan balapan kedua terakhir sebelum libur pertengahan musim selama kurang lebih sebulan. Autos.id –...

Balap

Ini merupakan kemenangan ketiga Charles Leclerc dimusim ini serta merupakan kemenangan pertama yang ia dapatkan bukan saat meraih Pole Position. Autos.id – Setelah lama...