Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Lewis Hamilton Memenangi GP Sao Paolo, Pertipis Poin Dengan Max Verstappen

Lewis Hamilton Memenangi GP Sao Paolo Sekaligus Memperkecil Ketinggalan Dengan Max Verstappen

Pada balapan yang berlangsung Senin diri hari WIB, GP Sao Paolo ini menyuguhkan balapan yang meneganggkan dan sengit. Dimana Lewis Hamilton leuar sebagai pemenang dan mengungguli rival terdekatnya, Max Versappen.

Sao Paolo. Autos.id – Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton berhasil memenangkan balapan GP Sao Paolo yang berlangusng di Sirkuit Autodromo Jose Carlos Pace, Interlagos, Sao Paolo. Pembalap Inggris ini berhasil mengungguli rival terdekatnya, Max Verstappen yang kali ini harus puas finish kedua. Hasil ini membuat selisih poin antara kedua pembalap ini hanya berjarak 14 poin.

Valterri Bottas melengkapi podium dengan finish ketiga. Rekan setim Verstappen di Red Bull, finish dirurutan keempat sekaligus meraih Fastest Lap sehingga meraih bonus 1 poin.

Jalannya Balapan

Valterri Bottas yang start dari posisi terdepan gagal mempertahankan posisinya setelah disalip Max Verstappen ditikungan pertama selepas start. Lewis Hamilton yang start dari urutan 10 setelah mendapat penalty 5 grid karena mengganti komponen mesinnya langsung melesat keurutan 6 selepas start. Dan di lap keenam, Hamilton sudah berada diurutan ketiga dan sekarang tepat dibelakang duo Red Bull.

Lewis Hamilton Memenangi GP Sao Paolo Sekaligus Memperkecil Ketinggalan Dengan Max Verstappen

 

Beberapa lap setelahnya Hamilton masuk pit stop terlebih dahulu dimana 1 lap berselang Verstappen gentian masuk pit stop. Hingga pit stop pertama berakhir, Verstappen masih berada didepan Hamilton. Hamilton sendiri juga berusaha untuk semakin mendekat dengan pembalap Belanda ini. Namun upayanya masih belum membuahkan hasil

Safety Car masuk kelintasan dilap ke 12 setelah pembalap Hass, Mick Schumacher mengalami kerusakan pada sayap depannya. Hal ini membuat Hamilton semakin mendekat dengan Perez yang berada didepannya. Selepas restart pada lap 19, Hamilton berhasil menyalip Perez untuk merebut posisi kedua dan selanjutnya mengincar Verstappen yang sedang memimpin jalannya lomba.

Pada lap ke 30, Verstappen masuk pit stop kedua terlebih dahulu dan beberapa lap setelahnya Hamilton juga masuk pit stop keduanya. Keunggulan yang didapatkan Verstappen sendiri makin lama makin menipis. Bahkan dilap ke 48, Hamilton hampir saja menyalip Verstappen tetapi kedua pembalap ini justru melebar keluar lintasan dan posisi belum berubah.

Dan usaha Hamilton untuk menyalip Verstappen baru berhasil dilap ke 59. Dengan sebuah manuver ditukungan keempat dan memanfaatkan DRS dari trek lurus sebelum tikungan keempat, membuat Hamilton akhirnya memimpin jalannya lomba. Setelah itu Hamilton mulai menjauh dan tidak terkejar lagi hingga finish.

Bahkan Verstappen hampir didekati oleh Valtteri Bottas. Rekan setim Hamilton ini juga mulai memperkecil jaraknya dengan Verstappen dibeberapa lap menjelang finish. Sergio Perez yang berada diurutan keempat masuk pit stop ketiga di 2 lap tersisa untuk merebut fastest lap dari Hamilton sekaligus menambah 1 poin bonus berharga diklasmen konstruktor.

Lewis Hamilton Memenangi GP Sao Paolo Sekaligus Memperkecil Ketinggalan Dengan Max Verstappen

Hamilton sendiri keluar sebagai pemenang GP Sao Paolo, disusul Verstappen dan Bottas yang melengkapi podium GP Sao Paolo. Dengan hasil ini membuat persaingan gelar juara dunia F1 menjadi lebih sengit lagi. Dimana selisih antara Hamilton dan Verstappen hanya tinggal 14 poin. Sedangkan diklasmen konstruktor, Mercedes berhasil menjauh dari Red Bull dimana selisih saat ini melebar menjadi 10 poin.

 

F1 musim ini masih menyisakan 3 balapan terisisa dimana semua balapan akan berlangsung dikawasan Timur Tengah. Balapan selanjutnya akan berlangsung divenue baru yaitu GP Qatar di Sirkuit Losail pada akhir pekan ini. Menarik untuk melihat bagaimana akhir dari persaingan juara dunia F1 musim ini.

Hasil Balapan

  1. Lewis Hamilton – Mercedes (Inggris)
  2. Max Verstappen – Red Bull (Belanda)
  3. Valtteri Bottas – Mercedes (Finlandia)
  4. Sergio Perez – Red Bull (Meksiko)
  5. Charles Leclerc – Ferrari (Monako)
  6. Carlos Sainz – Ferrari (Spanyol)
  7. Pierre Gasly – Alpha Tauri (Prancis)
  8. Esteban Ocon – Alpine (Prancis)
  9. Fernando Alonso – Alpine (Prancis)
  10. Lando Norris – Mclaren (Inggris)
  11. Sebastian Vettel – Aston Martin (Jerman)
  12. Kimi Raikkonen – Alfa Romeo (Finlandia)
  13. George Russell – Williams (Inggris)
  14. Antonio Giovinazzi – Alfa Romeo (Italia)
  15. Yuki Tsunoda – Alpha Tauri (Jepang)
  16. Nicholas Latifi – Williams (Kanada)
  17. Nikita Mazepin – Hass (Rusia)
  18. Mick Schumacher – Hass (Jerman)
  19. Daniel Ricciardo – Mclaren (Australia) – gagal finish
  20. Lance Stroll – Aston Martin (Kanada) – gagal finish

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Autos.id – Civic Type R ini bukan sembarangan. Kebetulan pemiliknya adalah Max Verstappen, sang juara dunia Formula 1. Dengan kilometer mencapai 36 ribu miles...

Mobil

Penyerahan Honda NSX Type S kepada Max Verstappen di gelar pada acara Honda Thanks Day 2022 di Sirkuit Motegi, Jepang. Autos.id – 2022 memang...

Balap

Seri F1 GP Abu Dhabi ini menjadi penutup 22 lomba sepanjang musim 2022 yang termasuk kedalam salah satu musim terpanjang dalam sejarah F1. Autos.id...

Balap

Kemenangan ke 14 Max Verstappen di musim 2022 pada balapan GP Meksiko ini berpotensi akan kembali bertambah meningat F1 masih menyisakan 2 seri tersisa...