Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Juara Di F1 GP Meksiko, Max Verstappen Kembali Mencetak Rekor Baru

Memenangi Balapan GP Meksiko, Max Verstappen Mencetak Rekor Baru Lagi Di F1

Kemenangan ke 14 Max Verstappen di musim 2022 pada balapan GP Meksiko ini berpotensi akan kembali bertambah meningat F1 masih menyisakan 2 seri tersisa di musim ini.

Autos.id – Pembalap tim Red Bull Racing, Max Verstappen sekali lagi menunjukan bahwa dirinya sangat layak menjadi juara dunia F1 musim ini. Pada seri ke 20 F1 yang berlangsung dalam gelaran GP Meksiko ini, pembalap asal Belanda ini berhasil meraih kemenangan ke 14-nya di musim 2022 ini sekaligus mencetak rekor baru di F1.

Max Verstappen mematahkan rekor kemenangan terbanyak semusim sebanyak 13 balapan yang sebelumnya diraih oleh Michael Schumacher (2004) dan Sebastian Vettel (2013).

Memenangi Balapan GP Meksiko, Max Verstappen Mencetak Rekor Baru Lagi Di F1

Jalannya Balapan GP Meksiko

Balapan GP Meksiko yang berlangsung di Autodromo Hermanos Rodrigruez, Mexico City ini berlangsung dalam kondisi cuaca cerah. Mayoritas penonton yang datang ke sirkuit untuk mendukung jagoan tuan rumah, Sergio Perez. Balapan GP Meksiko sendiri berlangsung selama 71 lap dengan total dominasi dari Max Verstappen.

Selepas start, Max Verstappen yang start dari pole position melakukan start yang sempurna dan berhasil menahan 2 pembalap Mercedesw, George Russell dan Lewis Hamilton. Lalu jagoan tuan rumah, Sergio Perez naik ke posisi ketiga memanfaatkan kesalahan yang dilakukan George Russell yang sedikit melebar di tikungan 4 lap awal lomba.

Kedua pembalap Ferrari, Carlos Sainz dan Charles Leclerc yang start dari posisi 5 dan 6 sulit untuk mengimbangi performa mobil Red Bull dan Mercedes sepanjang lomba. Bahkan diawal lomba, Charles Leclerc harus bersaing dengan pembalap tim Alfa Romeo, Valtteri Bottas. Kembali ke depan, baik Red Bull dan Mercedes saling lempar strategi saat melakukan pit stop.

Memenangi Balapan GP Meksiko, Max Verstappen Mencetak Rekor Baru Lagi Di F1

Pada pit stop pertama, Max Verstappen melakukan pit stop yang cukup sempurna, sedangkan Sergio Perez sempat tertahan pada periode pit stop sehingga sempat berada dibelakang 2 Ferrari. Sedangkan tim Mercedes memilih melakukan pit stop pertama sebelum Red Bull dengan ban Medium yang lebih tahan lama.

Beberapa insiden terjadi sepanjang balapan GP Meksiko kali ini. Salah satunya yang melibatkan pembalap Mclaren, Daniel Ricciardo dan pembalap tim Alpha Tauri, Yuki Tsunoda. Pada lap ke 21, Ricciardo yang baru keluar pit stop langsung berduel dengan Tsunoda. Namun berusaha untuk menyalip Tsunoda, Ricciardo justru menyenggol bagian depan mobil Tsunoda hingga mobil pembalap asal Jepang ini sempat terbang.

Meskipun sempat bisa berjalan lagi, namun kerusakan mobil yang dialami oleh Tsunoda cukup parah dan membuat pembalap Jepang ini harus mengakhiri balapan saat itu juga. Sedangkan Ricciardo sendiri masih bisa melanjutkan balapan meskipun ia harus dihukum penalti 10 detik. Lalu pembalap tim Alpine, Fernando Alonso mengalami masalah pada mobilnya di lap 63 dan gagal finish.

Kembali ke barisan depan, pit stop kedua dari mayoritas tim papan atas tidak mengubah secara signifikan hasil akhir balapa. Max Verstappen keluar sebagai pemenang disusul oleh Lewis Hamilton dan jagoan tuan rumah, Sergio Perez. Melengkapi posisi 6 besar ada George Russell dan 2 pembalap Ferrari, Carlos Sainz dan Charles Leclerc yang masing-masing finish di posisi 4,5, dan 6.

Memenangi Balapan GP Meksiko, Max Verstappen Mencetak Rekor Baru Lagi Di F1

Bagi Max Verstappen, kemenangan di GP Meksiko ini sekaligus mematahkan rekor 13 kemenangan atau jumlah kemenangan semusim yang sebelumnya diraih oleh Michael Schumcaher di tahun 2004 dan Sebastian Vettel di tahun 2013. Bahkan Verstappen bisa menambah rekor kemenangan terbanyak dalam 1 musim mengingat F1 musim ini masih menyisakan 2 balapan tersisa.

Bagi Sergio Perez, hasil podium ketiga di GP Meksiko ini juga merupakan raihan podium kedua dirinya di balapan kandangnya tersebut. Serta hasil ini juga membuat Sergio Perez kembali menyalip Charles Leclerc di posisi kedua klasmen sementara dengan selisih 5 poin. Balapan sealnjutnya akan berlangsung di GP Sao Paolo, Brazil pada 4 hingga 6 November mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Penyerahan Honda NSX Type S kepada Max Verstappen di gelar pada acara Honda Thanks Day 2022 di Sirkuit Motegi, Jepang. Autos.id – 2022 memang...

Balap

Seri F1 GP Abu Dhabi ini menjadi penutup 22 lomba sepanjang musim 2022 yang termasuk kedalam salah satu musim terpanjang dalam sejarah F1. Autos.id...

Balap

Honda berhasil meraih gelar juara ganda di ajang balap F1 untuk pertama kalinya sejak terakhir kali di tahun 1991 lalu bersama tim McLaren. Austin,...

Balap

Dengan kemenangan Max Verstappen di GP Amerika Serikat, tim Red Bull juga berhasil mengunci gelar juara dunia konstruktor yang kelima di ajang balap F1....