Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Inilah Rangkuman Hasil Balapan Seri World Superbike Prancis

Inilah Rangkuman Hasil Balapan Seri World Superbike Prancis

Seri World Superbike Prancis yang berlangsung di Sirkuit Magny-Cours ini menandai paruh kedua musim 2022 setelah libur musim panas selama 1 bulan.

Autos.id – Setelah jeda liburan musim panas selama kurang lebih 1 bulan, gelaran balap World Superbike kembali digelar akhir pekan kemarin. Pada seri Prancis yang berlangsung di Sirkuit Magny-Cours ini berlangsung dalam tingkat persaingan yang tinggi pada 2 balapan utama serta 1 balapan Superpole Race yang berlangsung cukup menegangkan sepanjang akhir pekan.

Alvaro Bautista keluar sebagai pemenang race pertama pada hari Sabtu sedangkan Toprak Razgatliogle memenangi 1 Superpole Race dan 1 balapan utama yang berlangsung di hari Minggu.

Inilah Rangkuman Hasil Balapan Seri World Superbike Prancis

Persaingan Ketat Sepanjang Akhir Pekan

Persaingan ketat khususnya diantara 3 pembalap teratas yaitu Alvaro Bautista (Aruba Ducati), Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha) serta Jonathan Rea (Kawasaki) sudah begitu terasa pada race pertama yang berlangsung hari Sabtu (10/9/2022). Pada race pertama ini 2 pembalap unggulan yaiyu Rea dan Razgatlioglu sama-sama terjatuh ditengah balapan.

Dimulai dari Jonathan Rea, juara dunia 6 kali mengalami indisden di tikungan ke 17 pada awal balapan. Mencoba untuk menyalip, pembalap asal Inggris ini terjatuh dan mengalami kerugian yang sangat besar. Meskipun ia berhasil menlanjutkan balapan, namun pembalap tim Kawasaki ini merosot sangat jauh dan finish di posisi paling belakang.

Lalu nasib sial juga dialami oleh Toprak Razgatlioglu yang terjatuh 2 lap setelah Rea terjatuh. Pembalap asal Turki yang sedang memburu posisi Alvaro Bautista diposisi kedua harus tesungkur keluar lintasan. Meskipun begitu ia masih bisa melanjutkan balapan dan finish di posisi 11 yang artinya masih mendapatkan poin.

Dengan jatuhnya 2 saingan utamanya itu membuat Bautista yang sedang memburu pembalap tim BMW Motorrad, Scott Reading berhasil mengambil alih pimpinan lomba dan bertahan hingga finish. Dibelakang kedua pembalap ini ada Axel Bassani yang membela tim Motocorsa Ducati yang berhasil melengkapi posisi podium pada race pertama ini.

Inilah Rangkuman Hasil Balapan Seri World Superbike Prancis

Keesokan harinya pada hari Minggu (11/9/2022) digelar 2 balapan yaitu Superpole Race dan Race kedua yang juga menghadirkan dramanya tersendiri. Dalam balapan singkat yang berlangsung selama 10 lap ini, Toprak Razgatlioglu memperlihatkan kelasnya. Juara dunia musim lalu asal Turki ini berhasil mengungguli 2 rival utamanya, Alvaro Bautista dan Jonathan Rea dalam duel yang tergolong cukup ketat sepanjang balapan.

Ketiga pembalap ini memperlihatkan aksi salip menyalip yang cukup memberikan hiburan tersendiri bagi penonton. Dengan kemenagnan ini membuat Razgatlioglu akan start dari posisi terdepan pada race kedua yang akan berlangsung di siang harinya dibelakang kedua rival utamanya tersebut.

Dan pada race kedua yang berlangsung di siang harinya juga menyuguhkan drama yang cukup menarik. Pada race kedua ini, 2 rival utama, Alvaro Bautista dan Jonathan Rea terlibat insiden yang membuat Bautista terjatuh keluar lintasan di awal lomba. Karena motornya mengalami kerusakan yang cukup parah, Bautista terpaksa tidak bisa melanjutkan balapan saat itu juga.

Inilah Rangkuman Hasil Balapan Seri World Superbike Prancis

Sedangkan Jonathan Rea sendiri tidak terjatuh dan masih bisa melanjutkan. Namun sayangnya ia tidak bisa memberikan penampilan terbaiknya dan harus puas finish di posisi kelima setelah ia terkena hukuman Long Lap Penalty karena dianggap menjadi biang kerok insiden dengan Bautista. Kembali ke Toprak Razgatlioglu, dengan 2 rival utamanya yang sama-sama mengalami masalah benar-benar dimanfaatkan untuk bisa memenangi race kedua di seri Prancis ini.

Namun pembalap asal Turki ini harus mendapat perlawan ketat dari Michael Ruben Rinaldi (Aruba Ducati) dan Axel Bassani (Motocorsa Ducati) yang sepanjang balapan mengintainya. Hingga akhirnya Toprak keluar sebegai pemenang race kedua ini dibelakang kedua pembalap tersebut yang secara bergantian finish kedua dan ketiga.

Setelah berakhirnya seri World Superbike Prancis ini, Alvaro Bautista masih memipin klasmen pembalap dengan 332 poin. Ia unggul 20 poin atas Toprak Razgatlioglu yang berada diposisi kedua dengan 302 poin. Sedangkan Jonathan Rea ada diposisi ketiga dengan 285. Seri World Superbike selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol pada 23 hingga 25 September mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Ini merupakan kali keempat sepanjang karirnya di World Superbike, Alvaro Bautista berhasil menyapu bersih 3 balapan dalam 1 seri . Autos.id – Ajang balap...

Balap

Selama seri World Superbike Inggris ini, Toprak Razgatlioglu menyapu bersih seluruh balapan dengan 2 balapan utama serta 1 Superpole Race berhasil¬† dimenangkannya. Autos.id –...

Balap

Seri World Superbike Donington Park Inggris ini akan menghadirkan 2 pembalap Wildcard yang juga berkompetisi di British Superbike, Tarran Mackenzie dan Peter Hickman. Autos.id...

Balap

Seri World Superbike Misano ini berlangsung di Misano World Circuit Marco Simoncelli yang terletak di daerah Emilia Romangna, Italia. Autos.id – Pembalap tim Aruba...