Balap

Goodyear Kembali Berlaga di Ajang Le Mans 2019

Usai umumkan spesifikasi ban terbaru, tim teratas WEC: Jota Sport, Jackie Chan DC Racing dan High Class Racing memilih dukungan dari Goodyear

Autos.id  –  Menandai kembalinya Goodyear di ajang balap global, Goodyear secara resmi mengumumkan spesifikasi ban terbarunya untuk pembukaan kejuaraan dunia FIA World Endurance Championship (WEC) 2019/2020 di Silverstone, Inggris yang telah dimulai awal bulan September 2019.

Tiga tim WEC teratas yaitu Jota Sport, Jackie Chan DC Racing dan High Class Racing telah memilih untuk balapan dengan menggunakan ban Goodyear di kelas LMP2 yang sangat kompetitif untuk mobil prototipe berkekuatan tinggi.

Ajang di Silverstone kali ini akan menjadi satu-satunya kelas WEC yang menampilkan kompetisi terbuka untuk ban. Kelas ini dinilai sebagai wadah sempurna untuk membandingkan teknologi terbaru milik Goodyear.

Peraturan WEC memungkinkan produsen memasok cakupan hingga tiga spesifikasi ban untuk cuaca kering bagi tim balap pada musim ini. Goodyear telah memilih dua spesifikasi pertamanya setelah melakukan pengujian ekstensif sejauh 12.000 km di tujuh sirkuit.

Pada ajang Silverstone, Goodyear menawarkan ketiga tim dengan ban spesifikasi A (compound terlembut) dan C (compound sedang) menggunakan konstruksi baru yang dirancang untuk meningkatkan driveability dan konsistensi di berbagai musim di sirkuit WEC.

“Dengan balapan yang berlangsung selama 4 dan 24 jam, fokus kami adalah untuk mengembangkan rentang yang memiliki keberagaman dan performa untuk melaju di berbagai temperatur, menjangkau jarak menuju pit-stop dan untuk mengakomodir berbagai gaya dalam mengemudi,” jelas Mike McGregor perwakilan Goodyear Global.

Dengan tiga balapan pertama di Silverstone, Shanghai dan Fuji yang berada di daerah beriklim sedang, Goodyear akan fokus bekerja sama dengan tim untuk mengoptimalkan spesifikasi A dan C dalam fitur mobil mereka, sebelum mereka mempertimbangkan untuk memperkenalkan spesifikasi ketiganya di Bahrain pada tanggal 14 Desember 2019 atau di São Paulo pada 1 Februari 2020.

Sehubungan dengan renovasi permukaan jalan pada sirkuit Silverstone, FIA telah mengubah peraturan dengan memungkinkan tim untuk menggunakan set ban tambahan selama ajang berlangsung. Perubahan ini diharapkan dapat mengubah balapan empat jam menjadi serangkaian sprint flat-out antara pit-stop yang merupakan alasan lain mengapa Goodyear memilih strategi pemilihan ban yang agresif.

Pengujian yang dilakukan oleh Goodyear di tujuh sirkuit bertujuan untuk menguji beberapa kondisi basah yang berbeda sebanyak mungkin. Selain sirkuit di Inggris dari Silverstone, Donington dan Rockingham, Goodyear juga menuju ke Irlandia Utara ke Bishopscourt sebelum menguji di Portimao (Portugal), Motorland (Spanyol) dan Sebring (AS).

“Kami telah menguji dalam kondisi basah yang bervariasi antara 4c hingga 35c, hal ini memberi kami pemahaman mendalam tentang apa yang dibutuhkan untuk menang pada kondisi basah,” pungkas Mike.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top